Home >> Gaya Hidup >> Kulit Kepala Berjerawat

Kulit Kepala Berjerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang bikin resek bagi sebagian orang. Jerawat biasanya muncul pada seseorang saat mereka mulai menginjak usia pubertas. Umumnya jerawat menyerang kulit bagian muka. Namun tak jarang jerawat yang membandel bisa meluas hingga ke beberapa bagian kulit lain seperti leher bahkan kulit kepala.

Kulit kepala berjerawat?

Menurut keterangan para ahli kulit, jerawat memang bisa muncul pada kulit yang tidak pernah dirawat. Kondisi kulit yang kotor dan lembab memungkinkan timbulnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Kulit kepala adalah salah satu bagian kulit yang tidak bisa langsung kita lihat kondisinya karena kulit kepala ini tertutup oleh lebatnya rambut.

Rambut lebat dan sering tertutup bisa menjadi kondisi yang tepat bakteri untuk berkembang hingga menyebabkan jerawat di kulit kepala. Munculnya jerawat di kulit kepala akan sangat menjengkelkan apalagi saat jerawat tersebut tidak sengaja tersentuh saat kita menyisir rambut. Meskipun kecil namun jika jerawat yang tersentuh oleh ujungnya sisir bisa menyebabkan rasa yang sangat sakit.

Menurut Whitney Bowe, Dematologis asal New York, Amerika Serikat, penyebab utama timbulnya jerawat pada kulit kepala adalah karena sel – sel dan minyak yang menyumbat folikel rambut. Sel – sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala dan kondisi yang lembab oleh minyak atau keringat di kepala bisa menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang. Bakteri yang sudah bersemayam di kulit kepala bisa menyebabkan kulit kepala berjerawat.

Solusi terbaik untuk mencegah kulit berjerawat menurut Whitney Bowe adalah dnegan membersihkan rambut secara teratur. Membersihkan rambut tidak cukup mencucinya dengan air saja. Air tidak akan mampu mengangkat sel kulit mati dan minyak dari kulit kepala. Agar sel kulit mati dan minyak bisa terangkat dari kulit kepala maka perlu membersihkan rambut dengan sampo.

Pakailah sampo untuk membersihkan rambut. Saat sedan keramas, pijat – pijat kulit kepala dengan gerakan memutar dan dilakukan dengan lembut agar folikel rambut tidak rusak. Setelah dirasa sudah bersih maka bilas dengan air bersih sampai busa sampo juga hilang dari rambut.

Leave a Reply