Home >> Wisata >> Datang Yuk Ke Museum Surabaya Gratis untuk Semuanya

Datang Yuk Ke Museum Surabaya Gratis untuk Semuanya

Surabaya merupakan kota yang paling kental dengan cerita kemerdekaan Indonesia. banyak para pejuang bangsa yang berperang bahkan mengorbankan nyawanya di kota ini. Monumen pahlawan adalah bukti bahwa kota ini memiliki begitu banyak pahlawan. Namun ada satu hal yang kurang dari kota Surabaya yakni museum.

Museum pada umumnya adalah tempat yang menyimpan begitu banyak kenangan dari sejarah masa lalu. Surbaya adalah salah satu kota yang seharusnya memiliki museum ini, mengingat di Surabaya banyak kisah sejarah yang terukir di kota pahlawan ini. cerita sejarah bangsa Indonesia di Surabaya mengundang decak kagum banyak orang sehingga membuat mereka ingin mengunjungi kota ini. Tidak hanya pengunjung lokal, bahkan para pengunjung dari luar negeri juga sering berkunjugn ke Surabaya. Satu hal yang paling sering mereka tanyakan, dimana museumnya?

Walikota Surabaya, Risma, kemudian berinisiatif untuk membangun museum Surbaya agar kota pahlawan ini memiliki tempat untuk mengenang sejarah masa lalunya. Risma sendiri ikut turun tangan dalam membangun museum Surbaya ini.

Atas aksinya ini, Risma bahkan pernah menjadi bulan – bulanan para jurnalis lantaran saat dia turun tangan membantu memperbaiki museum Surbaya saat itu banyak buruh yang sedang berdemo karena bertepatan dengan hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 mei.

Risma yang begitu getol ingin memberikan tempat yang layak untuk menyimpan sejarah bangsa menerjunkan seluruh SKPD nya untuk segera menyelesaikan museum Surbaya. Museum Surabaya menempati gdung SIOLA. Gedung ini terletak di Jl. Tunjungan, Surbaya.

Di museum Surbaya nantinya tidak hanya barang – barang bersejarah saja yang bisa pengunjung jumpai di sana. Walikota Surbaya sudah mempersiapkan berbagai hal menarik yang bisa pengunjung nikmati di dalam museum Surabaya seperti kuliner khas Surbaya, pertunjukan seni, pameran lukisan, sentra PKL dan tempat layanan Pemkot Surabaya dari jam 11 pagi hingga 11 malam. Jadi nantinya museum ini akan tetap hidup dari pagi hingga malam.

Risma juga telah berkoordinasi dengan para pekerja seni seperti seniman tari, drama dan juga kelompok music jazz. Sedangkan untuk pameran barang – barang bersejarah Risma mengaku jumlahnya masih belum pasti karena ternyata banyak yang menawarkan kepadanya untuk memajang barang bersejarahnya di museum Surabaya ini.

Menurut penuturan walikota perempuan ini, bagi masyarakat yang ingin mengunjungi Museum Surbaya tidak akan dipungut biaya masuk alias gratis karena museum ini memang dipersembahkan untuk masyarakat supaya mereka bisa mengetahui sejarah dari masa ke masa. Rencananya di museum Surabaya juga akan dipasang foto – foto walikota mulai dari yang pertama hingga walikota saat ini.

Seperti kata Presiden RI yang pertama “jasmerah” atau “ jangan sekali – kali melupakan sejarah. Oleh karena itu datang yuk ke Museum Surabaya gratis untuk semuanya.

Leave a Reply