Home >> Wisata >> Kuliner >> Cara Membuat Steak Daging Sapi yang Lazis

Cara Membuat Steak Daging Sapi yang Lazis

Daging sapi panggang atau biasa disebut dengan Steak merupakan salah satu makanan favorit paling banyak diburu para pecinta kuliner. Irisan daging yang tebal dengan tekstur yang lembut dan bumbu – bumbu yang meresap di tiap uratnya memberikan kelezatan tak tertandingi. Namun tidak semua orang bisa membuat steak yang perfect seperti ini. Ada tips yang perlu diketahui agar bisa membuat steak daging sapi yang lazis (kata “lezat” yang sering dikatakan oleh benu bulo).

Berikut ini cara membuat steak daging sapi yang Lazis.

  1. Supaya daging sapi teksturnya sempurna untuk dijadikan steak, maka yang pertama perlu diperhatikan adalah penyimpanan daging. Daing sebaiknya disimpan pada suhu ruangan agar tekstur luarnya tidak rusak.
  2. Jika ingin membuat steak daging sapi yang tebal, berikan guratan – guratan pada garis lemak di sisi daging sapi tersebut
  3. Oleskan sedikit minyak di atas daging steak tersebut.
  4. Taburi daging steak sapi dengan bumbu – bumbu seperti garam dan merica. Kemudian ratakan ke seluruh permukanaan steak daging sapi.
  5. Panaskan terlebih dahulu panci atau wajan yang digunakan untuk memasak daging steak sapi kurang lebih lima menit.
  6. Setelah wajan atau panci tersebut panas barulah daging steak sapi taruh di atasnya.
  7. Diamkan steak daging sapi selama 10 – 20 detik di wajan atau panci sampai lemak yang ada pada daging tersebut sedikit matang.
  8. Balik steak daging sapi dan sesuai dengan tingkat kematangan yang ingin dibuat:
  • Jika ingin membuat steak daging sapi dengan tingkat kematangan rare maka tiga diamkan daging tersebut selama dua menit.
  • Jika ingin membuat steak daging sapi dengan tingkat medium biarkan selama tiga menit.
  • Dan jika ingin membuat steak daging sapi dengan tingkat kematangan well-done maka masak daging sapi tersebut hingga empat menit.
  1. Tekan steak daging sapi untuk menghasilkan warna guratan dan tampilan yang cantik
  2. Setelah steak daging sapi matang dan tingkat kematanganya sesuai dengan yang anda inginkan, diamkan daging sapi tersebut kurang lebih selama lima menit di atas piring supaya bumbu – bumbunya menyebar rata ke seluruh permukaan daging steak. Biarkan panas dari dalam steak membuat tekstur steak menjadi empuk dengan sendirinya. Manfaat lain adalah agar steak daging sapi ini tidak terlalu panas saat digigit.

Demikian cara membuat steak daging sapi yang lazis. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para pecinta kuliner semua.

Leave a Reply