Home >> Wisata >> Belajar Sambil Wisata di Museum Tekstil Jakarta

Belajar Sambil Wisata di Museum Tekstil Jakarta

Hari libur baik libur sekolah atau libur hari besar lainnya memang paling asyik untuk pergi bersama keluarga wisata ke tempat – tempat yang menarik. Salah satu tempat menarik yang bisa anda kunjungi bersama keluarga anda adalah museum tekstil Jakarta. Di museum tersebut, anda tidak hanya melihat – lihat keindahan yang dipampang semata tetapi anda juga bisa mengajak anak anda untuk belajar tentang batik sebagai warisan leluhur yang harus dipertahankan kelestarianya.

Museum tekstil Jakarta terletak di jalan Aipda KS Tubun No.2 – 4 Jakarta Pusat. Lokasinya sangat strategis dan mudah ditemukan karena lokasinya dekat dengan pasar atau terminal tanah abang.

Museum batik bisa menjadi spot yang bagus untuk belajar sambil wisata. Di dalam museum ini terdapat tempat – tempat menarik yang bisa anda kunjungi seperti :

  1. Galeri batik

Di tempat ini, anda dapat melihat batik – batik kuno yang masih utuh dan terawat dengan baik. tidak hanya batik – batik kuno saja yang ada di sini, perkembangan batik dari masa ke masa juga ditampilkan di galeri batik.

  1. Toko museum

Jika anda sudah berada di dalam museum tekstil Jakarta, tak lengkap rasanya jika anda pulang tidak membawa buah tangan. Di dalam museum tekstil Jakarta, anda bisa mendapatkan berbagai cinderamata khas museum tekstil Jakarta seperti kain, busana, aksesoris, peralatan untuk membatik dan buku – buku sastra.

  1. Perpustakaan

Perpustakaan yang ada di museum tekstil Jakarta menyediakan banyak koleksi buku tekstil yang lengkap yang bisa anda baca.

Museum tekstil Jakarta selalu menghadirkan tema yang berganti – ganti sesuai dengan hari – hari besar nasional atau momen penting lainya. Misal jika anda datang pada bulan juni, bertepatan dengan ulang tahunya DKI Jakarta, akan ada pameran batik khas betawi.

Di museum tekstil ini anda juga bisa mengajak anak anda untuk belajar membuat batik. Disana akan diajarkan membuat batik mulai dari menggambar pola atau motif batik, menggunakan canting dan mewarnai batik.

Warna yang digunakan untuk mewarnai batik merupakan bahan alami yang berasal dari berbagai jenis tanaman yang ditanam dibelakang gedung utama museum. Terdapat lahan seluas 2 hektar yang tumbuh berbagai tanaman sebagai bahan baku pewarna batik.

Biaya untuk belajar membuat batik ini juga tidak terlalu mahal hanya Rp 40 ribu per anak. Bahkan bila dibandingkan dengan tempat wisata yang lain, tiket masuk ke museum Jakarta juga jauh lebih murah. Harga tiket masuk Rp 600 untuk anak – anak, Rp 1000 untuk pelajar atau mahasiswa dan Rp 2000 untuk pengunjung dewasa.

Museum tekstil Jakarta buka dari pukul 9 pagi hingga 3 sore. Anda juga bisa datang kapanpun karena museum ini buka setiap hari kecuali hari senin dan hari libur nasional. Museum tekstil Jakarta bisa menjadi destinasi yang tepat mengajak keluarga untuk belajar sambil wisata.

Leave a Reply