Home >> Nasional >> Harga Pertamax Akan Naik Lagi

Harga Pertamax Akan Naik Lagi

Setelah beberapa bulan yang lalu harga minyak dunia turun, Pertamina juga ikut menurunkan harga minyak dalam negeri. Hal itu kemudian menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi semua orang di negeri ini. harga bahan bakar seperti solar, premium dan pertamax juga ikut turun.

Pertamax merupakan jenis bahan bakar bensin yang memiliki kualitas yang lebih bagus dari pada premium. Pertamax bisa membuat proses pembakaran di dalam mesin lebih sempurna karena nilai oktanya lebih tinggi dari pada premium. Pembakaran yang sempurna akan menurunkan tingkat polusi udara dari asap knalpot kendaraan. Pemerintah sekarang juga lebih menganjurkan agar pengguna kendaraan bermotor supaya menggunakan pertamax.

Harga pertamax saat ini adalah Rp 8.6oo sedikit lebih mahal dari pada harga premium yang hingga saat ini masih dijual Rp 7.600. selisih yang tidak terlalu besar dan kualitas yang lebih baik, kini membuat banyak pengguna kendaraan bermotor memilih bahan bakar ini.

Lalu apa jadinya jika harga pertamax naik?

Dari bulan januari hingga april, harga minyak dunia kembali naik lagi. Shell, perusahaan minyak asing, saat ini juga sudah menaikan harga minyak yang mereka jual. Harga bahan bakar Super Shell yang awalnya dijual Rp 8.700 per liter kini dijual dengan harga Rp 8.950 per liter.

Pertamina sendiri juga sudah melaporkan kenaikan harga minyak ini kepada pemerintah. Namu pemerintah seperti juga masih mempertimbangkan untuk menaikan harga pertamax. Pemerintah yang sudah terlanjur menganjurkan untuk beralih ke pertamax seperti juga mempertimbangkan betul jika harga pertamax naik maka para pengguna kendaraan bermotor yang sudah beralih ke pertamax bisa kembali lagi ke premium.

Hal inilah yang masih menjadi dilema bagi pemerintah untuk menaikan harga pertamax. Kalaupun harga pertamax akan dinaikan kemungkinan harganya kenaikanya juga tidak akan terlalu tinggi. Jika harga bahan bakar Super-nya Shell mengalami kenaikan Rp 250 per liter kemungkinan harga pertamax juga akan mengalami kenaikan sedikit.

Hingga saat ini belum ada pemberitahuan secara resmi dari pemerintahan untuk menaikan harga pertamax. Tetapi jika dilihat dari perekmbanganya, jika harga minyak dunia terus naik tidak menutup kemungkinan harga pertamax akan naik lagi.

Leave a Reply