Home >> Properti >> Tips Penataan Ruang Makan Dalam Desain Minimalis
Penataan ruang makan dalam desain minimalis

Tips Penataan Ruang Makan Dalam Desain Minimalis

Penataan ruang dengan tepat merupakan unsur yang penting guna kenyamanan penghuni pada rumah minimalis. Apabila penataan rapi dan enak dipandang maka penghuni rumah akan merasa lebih nyaman. Menata ruangan dengan tepat juga akan membuat ruangan dan rumah minimalis terlihat lebih besar serta mengurangi rasa sesak. Kreatifitas adalah hal yang paling pokok dalam menata suatu ruangan di dalam rumah minimalis, termasuk penataan ruang makan dalam desain minimalis. Rumah minimalis harus ditata sedemikian tepat agar tetap terlihat unsur minimalis namun terasa luas, termasuk ruangan-ruangan di dalamnya.

Ruang makan merupakan salah satu ruangan yang penting dalam keluarga, karena ruang makan merupakan tempat kedua untuk kumpul keluarga setelah ruang tengah. Pada saat makan di ruang makan, ruangan merupakan salah satu faktor penambah nafsu makan. Mengapa? Karena apabila kita melihat suasana ruang makan yang tidak rapi dan tidak tertata dengan baik maka secara otomatis akan membuat kita malas untuk makan.  Agar tetap terjaga fungsinya dan penghuni tetap melakukan aktifitas sesuai fungsi awal, maka ada baiknya agar kita mampu mengatur Penataan ruang makan dalam desain minimalis yang menarik dan nyaman untuk dihuni. Beberapa inspirasi yang bisa menjadi pilihan bagi anda yang bingung ketika ingin menata ruang makan dalam rumah minimalis anda:

1.        Mengaplikasikan Kursi Transparan

Ornamen yang terdapat di dalam ruang makan dimana ruangan tidak begitu luas sangat penting untuk diperhatikan. Termasuk pemilihan meja dan kursi makan. Terbatasnya ruang, apabila menggunakan ornamen yang tidak tepat maka akan menghadirkan kesan yang semakin sempit. Maka pilihlah kursi transparan agar memberikan kesan yang lebih luas di dalam ruang makan, terlebih ketika pencahayaan matahari dari luar rumah dapat masuk ke dalam rumah minimalis tersebut.

2.        Beda Bentuk Kursi Tetapi Warna Tetap Sama

Ruang makan merupakan ruangan non-formal yakni ruang untuk keluarga bersantai sambil ngobrol bareng. Maka akan lebih baik jika memilih ornamen kursi dan meja makan yang memberikan kesan menyenangkan dan santai atu tidak resmi. Kare pada umumnya ruang makan merupakan salah satu tempat menghilangkan penat, beban pekerjaan atau masalah lainnya. Pemilihan yang tepat adalah menggunakan kursi yang berbeda bentuk tetapi warna tetap sama, sehingga menghadirkan kesan yang menyenangkan, bebas, dan santai. Kesan tersebut mampu merelaksasikan otak dari beban-beban sebelumnya.

3.        Memilih Kursi yang tidak memiliki tempat bersandar/punggung

Terkadang kursi yang berpunggung mengesankan ruangan yang kaku. Kesan santai selain dengan bentuk kursi yang berbeda juga dapat dihasilkan melalui pemilihan kursi yang tidak memiliki tempat bersandar. Hal ini dimaksudkan agar menghadirkan aksen yang cukup rileks dan tidak terlalu formal seperti aturan makan pada umumnya.

4.        Memilih Ornamen lemari dengan Gaya Klasik

Rumah minimalis seringkali identik dengan ornamen kayu agar menambah kesan yang lebih klasik serta tetap sederhana. Ornamen lemari dari bahan kayu yang memiliki warna coklat yang alami akan membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan segar karena kesan klasik yang ditampilkan.

5.        Memilih Bentuk dan Ukuran Meja dan Kursi Makan yang Sesuai

Mengingat rumah minimalis merupakan rumah yang tidak cukup ruang yang luas, maka pemilihan furniture pada ruang makan juga harus diperhatikan. Pemilihan bentuk dan ukuran meja makan harus disesuaikan dengan luas ruangan tersebut. Hindari pemilihan bentuk serta ukuran meja serta kuri yang memakan ruang.

Sebelum menentukan ornamen atau furniture yang akan diletakkan di ruang makan, agar dapat ditata dengan rapi dan tidak memakan tempat, maka lebih baik memperhatikan serta mengenali setiap sudut ruangan dan memperhitungkan luas ruangan dengan ukuran dari ornamen yang akan diletakkan. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan ornamen yang tidak bermanfaat sebagai fungsi ruang makan pada khususnya. Sehingga penataan ruang makan dalam desain minimalis menjadi tepat dan nyaman.

Leave a Reply