Home >> Wisata >> Wisata Reliji Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya
Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Wisata Reliji Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Tidak hanya wisata kuliner dan peninggalan budaya saja yang dapat anda jumpai ketika sedang melancong ke kota pahlawan Surabaya, anda juga bisa mendatangi salah satu tempat ibadah yang merupakan salah satu tempat ibadah termegah di Indonesia, tempat ibadah tersebut adalah Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Masjid terbesar ke dua setelah Istiqlal Jakarta ini memiliki arsitektur dengan teknologi yang cukup canggih. dibuat pada tahun 1995 mesjid ini rampung pengerjaannya pada tahun 2001. Selama masa kontruksi, masjid ini pernah mengalami kendala ketika krisi moneter di Indonesia melanda pada tahun 1998, namun pada akhirnya proses pengerjaanya rampung pada tahun 2001 dan diresmikan oleh mantan presiden Indonesia ke 4 K.H Abdurahman Wahid. Sampai saat ini, masjid yang terletak di pinggiran tol Surabaya-Porong menjadi salah satu magnet wisata yang terletak di Kota Surabaya.

Yang menjadi daya tarik masjid Al-Akbar ini adalah terdapat empat kubah yang berwarna biru serta memiliki menara dengan tinggi hampir 100 meter. Bangunan yang terlihat megah ini sering dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang istirahat ataupun para wisatawan yang sengaja datang untuk melihat keindahan arsitektur Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya yang megah ini. Pada dasarnya, para pelancong datang ke tempat ibadah bukan hanya sekedar menjalankan ibadah rutin sebagai seorang muslim, tapi mereka hanya ingin menikmati pemandangan keindahan bangunan arsitektur yang dibuat oleh para Arsitek Institut Teknik Surabaya yang tergolong cukup indah di Indonesia. Meskipun tidak terlalu memiliki sejarah seperti masjid Agung Demak yang penuh dengan cerita sejarah Islam, bangunan masjid agung Al-Akbar ini menampilkan bangunan modern tempat ibadah umat muslim.

Bagi anda yang sedang melakukan wisata religi, jangan pernah untuk melewatkan kunjungan anda ke Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Disini anda akan dimanjakan dengan beberapa fasilitas yang sangat memadai, dari mulai tempat wudhu, toilet dan halaman masjid yang sangat bersih karena dirawat secara rutin sehingga anda akan mendapat ketenangan disini. Mesjid kubah yang menyerupai telur bisa terus anda pandangi dan tafakur tentang keindahan salah satu rumah ibadah terbaik di Indonesia ini. Bagian atap yang tahan akan panas dan anti karat mampu mempertahankan bentuk asli tanpa adanya karat hampir selama 50 tahun. Bangunan yang didirikan oleh para ahli desainer majid dipastikan dilengkapi dengan beberapa teknologi yang cukup mumpuni serta menyamankan para wisatawan yang sedang berkunjung ke tempat tersebut.

Salah satu yang menjadi daya tarik untuk mengunjungi salah satu mesjid terbaik di Indonesia ini adalah terdapat 45 pintu yang sangat besar sehingga ketika anda memasuki bangunan ini akan terasa seperti berkunjung ke bangunan Romawi pada masa kuno. Sentuhan perpaduan bangsa Romawi dan timur tengah sangat terasa sekali ketika anda memasuki dan melihat lihat desain interior yang terdapat di Masjid Agung Surabaya.

Para pelancong mengaku sangat terkesan ketika melihat interior yang terdapat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya ini karena kemegahannya yang dipadukan dengan nuansa lokal dan timur tengah. Bahkan, bukan hanya warga lokal saja yang datang mengunjungi tempat ibadah tersebut, turis mancanegara juga banyak yang datang hanya untuk mengambil gambar kemegahan masjid tersebut dan melihat bagaimana kebudayaan muslim yang dijalani para umat muslim yang sedang beribadah di tempat tersebut. Apalagi jika menjelang waktu berbuka dan waktu lebaran, masjid agung Surabaya ini selalu dipenuhi oleh para muslim yang sedang menunggu waktu berbuka ataupun hanya untuk berkumpul bersama keluarga dan beribadah bersama.

Leave a Reply