Home >> Wisata >> Memilih Kamera untuk Teman Perjalanan
Memilih Kamera

Memilih Kamera untuk Teman Perjalanan

Mendokumentasikan dengan merekam atau memotrer kegiatan selama perjalan adalah hal utama yang harus dilakukan selain menikmati secara langsung. Kenangan yang didapat dari memori bisa hilang terganti dengan memori selanjutnya atau bisa jadi lupa. Tetapi dengan bantuan alat perekam seperti kamera atau tulisan, perjalanan anda menjadi momen yang lebih lengkap. Anda dapat melihatnya berkali-kali di masa yang akan datang atau bahkan bisa memperlihatkannya kepada generasi anak cucu kita.

Kamera apakah yang anda butuhkan dalam perjalanan? Berikut kami akan membahas tentang dua jenis kamera yaitu kamera fotografi (photography camera ) atau kamer video (handycam).

Sekarang ini banyak orang sudah memiliki kamera untuk merekam kegiatan sehari-hari, tidak hanya mendokumentasikan perjalanan saja. Ada juga yang masih mencari kamera yang cocok, atau baru merencanakan untuk membeli. Fleksibilitas dan kemudahan adalah yang dicari oleh konsumen kamera. Seberapa bagus kualitas kameranya, secara teknis, tetap ada manusia di belakang alat yang menentukan apakah hasil foto itu bagus atau tidak. Kamera yang lebih canggih, mahal dan memiliki fitur terkini bukan berarti dapat secara otomatis menghasilkan foto yang lebih baik. kemajuan teknologi hanya membuat segala yang rumut berubah menjadi lebih fleksibel dan mudah. Misalnya saja jika dulu setiap pengguna kamera harus merasakan kerepotan dengan membeli dan memasang film ke dalam kamera, kini tidak perlu lagi. Kamera digital keluaran terbaru saat ini juga memiliki layar elektronik yang cukup besar sehingga kita tidak perlu memicingkan mata lewat viewfinder lagi seperti dulu.

Sebelum membeli kamera baru, ada hal yang perlu diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan seperti berikut ini:

  • Tujuan Dokumentasi

Apa yang ingin anda dokumentasikan dalam perjalanan? Hanya sebatas album atau sarana belajar fotografi dan menangkap momentum? Atau proyek kreatif pribadi misalnya film pendek ala dokumenter?

  • Portabilitas

Setelah menentukan tujuan, kita bisa menentukan seberapa banyak atau seberapa besar yang dapat kita bawa. Jika berada di tengah keluarga, pantasnya menggunakan kamera yang kecil bukannya yang besar. Jika hanya untuk sekedar berjalan-jalan saja bawalah satu kamera saja dengan lensa yang bagus atau bawa kamera saku saja. Tidak perlu membawa dua kamera sekaligus karena kita adalah pelancong bukan fotografer yang memang mendedikasikan waktunya untuk memotret.

Dokumentasi merupakan suatu seni juga, tujuannya bukanlah merekam sebanyak mungkin tetapi bagaimana semua bisa direncanakan dengan matang sehingga tidak kita lebih selektif lagi dalam merekam.

  • Pengetahuan dan Pengalaman

Banyak yang bisa membeli kamera mahal tapi ternyata hasilnya tidak nyata atau biasa saja. Namun jika memang memiliki hobi dalam memotret tidak ada salahnya pula membeli yang mahal sekalian. Jika memang siap menginvestasikan uang dalam bentuk kamera yang mahal, ada baiknya diimbangi dengan dedikasi yang mahal juga. Maka kembali lagi kepada tujuan awal penggunaan kamera tadi. Jangan sampai kita kehilangan atau tidak merasakan momentum yang sebenarnya karena terlalu sibuk dengan hal hal teknis pada kamera.

  • Anggaran

Faktor ini paling bisa diukur. Seberapa banyak uang yang bisa keluarkan untuk sebuah perangkat dokumentasi, baik itu kamera fotografi atau video. Adapula yang berpendapat bahwa pembelian sebuah kamera merupakan bagian dari sebuah investasi, dalam arti uang yang benar-benar dihabiskan adalah setara jumlah penyusutan nilai barang yang dijual lagi. Misalnya kita membeli kamera yang kemungkinan besar masih dicari orang yang akan datang, sehingga ketika dijual lagi, nilai jualnya tidak turun terlalu jauh. Selisih antara nilai waktu dibeli dan waktu dijual inilah yang sebenarnya kita bayar. Jangan ragu untuk berinvestasi di kamera yang kualitas dan reputasinya sangat baik karena bisa jadi peminatnya juga sangat tinggi.

Kesimpulannya, jangan sampai besar pasak daripada tiang. Tujuan utama dari perjalanan adalah menangkap pengalaman yang tidak bisa ditangkap oleh alat buatan manusia. Kecuali jika kita memang seorang yang profesional yang dibayar atau ditugaskan untuk meliput, maka ada baiknya kita mempertimbangkan kepraktisan kamera itu sendiri.

Leave a Reply