Home >> Wisata >> Tempat Wisata House Of Sampoerna Surabaya
House Of Sampoerna Surabaya

Tempat Wisata House Of Sampoerna Surabaya

Siapa yang tidak tahu perusahaan rokok terbesar di Indonesia Sampoerna? Semua orang pasti mengenal jenis rokok yang dikeluarkan oleh Sampoerna. Namun sebagian orang mungkin tidak tahu jika perusahaan rokok tersebut memiliki sebuah meseum bersejarah bernama House Of Sampoerna. Bagi anda yang belum mengetahui museum tersebut, artikel ini akan menjelaskan bagaimana tentang museum tersebut dan informasi tentang destinasi wisata di kawasan Surabaya. Museum yang dimiliki oleh sempurna ini bisa dijadikan sebagai tujuan wisata anda untuk menghabiskan masa liburan hari raya. Bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi ini menceritakan tentang bagaimana Sampoerna memulai membuat perusahaan rokok dari mulai awal sampai titik puncak pada saat ini. Bangunan yang memiliki arsitektur kolonial ini memang tidak dirubah, hanya saja ditambah ornamen-ornamen yang berbau rokok untuk menegaskan eksistensi museum rokok.

Bangunan yang berlokasi di jalan taman sampoerna no 6 ini syarat akan sejarah dan anda bisa melihat dari bentuk bangunan bersejarah tersebut dengan nuansa kolonial yang sangat kental. House Of Sampoerna pada awalnya adalah sebuah bangunan Kolonial yang didirikan pada tahun 1862. Bangunan tersebut memiliki 4 pilar megah yang bertengger di depan rumah, namun saat ini pilar tersebut telah dimodifikasi menjadi sebuah batang rokok. Gaya arsitektur jaman penjajahan sangat kental sekali dalam bangunan tersebut. Bangunan tersebut pada awalnya merupakan bangunan yang didirikan oleh Belanda sebagai tempat panti asuhan, namun pada tahun 1932, bangunan ini dibeli oleh Liem Seeng Tee sebagai pendiri Sampoerna dan dijadikan sebagai tempat produksi rokok untuk pertama kali.

Untuk menuju kawasan House Of Sampoerna tidaklah sulit, bangunan tersebut terletak tepat di tengah kota Surabaya sehingga sangat mudah diakses dengan kendaraan umum. Meskipun harus memasuki gang-gang terlebih dahulu, namun banyak penunjuk arah yang mengarahkan ke bangunan bersejarah di kota Surabaya itu. Pada saat kita sampai di gedung tersebut, aroma tembakau sangat terasa dimulai dari halaman rumah. Mueseum yang berisi tentang perjalanan Sampoerna memulai usaha rokoknya dari mulai nol diceritakan dalam bentuk poto yang terpampang di dinding bangunan historical tersebut. Berbagai alat pembuat rokok pada jaman dahulu terpampang dalam sebuah etalse lengkap dengan keterangan alat tersebut. Pengunjung juga bisa meminta salah satu guide untuk menjelaskan bagaimana sejarah bangunan tersebut dan sejarah tentang pembuatan rokok yang dilakukan oleh keluarga Sampoerna.

Tepat disebelah kanan auditrorium, ada sebuah mobil mewah milik keluarga Sampoerna yaitu mobil Roll Roice produksi Inggris yang digunakan oleh keluarga Sampoerna.bangunan bersejarah tersebut dilengkapi dengan beberapa cafe yang dapat menyambut para wisatawan setelah lelah berkeliling melihat bentuk dan isi bangunan mewah bersejarah milik keluarga Sampoerna. Perjalanan untuk mencapai kesuksesan yang diraih oleh keluarga Sampoerna terpampang dalam tulisan teks manual ataupun digital karena di dalam bangunan tersebut telah tersedia sebuah ruangan yang menceritakan tentang sejarah rokok Sampoerna dalam bentuk visual digital.

Pada dasarnya, berwisata di House Of Sampoerna bukan melihat tentang bagaimana sejarah rokok, akan tetapi ada nilai lebih yang dapat diambil ketika kita mengunjungi tempat bersejarah tersebut, yaitu perjuangan untuk mencapai kesuksesan. Sejarah yang diceritakan di dalam tempat wisata tersebut menceritakan bagaimana seorang pendiri Sampoerna terus mengembangkan usaha rokoknya dan terus menciptakan inovasi yang disesuaikan dengan perkembangan jaman khususnya dalam sebuah rokok. Meskipun saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya untuk membatasi rokok, akan tetapi mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Indonesia dalam bentuk museum rokok adalah hal yang terbaik yang dapat dilakukan untuk menambah pengetahuan sejarah.

Leave a Reply