Home >> Tekno >> Internet >> Internet: Definisi dan Fungsinya
Definisi internet

Internet: Definisi dan Fungsinya

Di masa ini, siapa yang tidak mengenal internet? Rasanya, hampir semua orang mengenalnya, dari anak- anak hingga orang tua. Internet sendiri seolah telah menjadi bagian dari hidup kita, karena fungsinya yang bermacam- macam dan kegunaannya sebagai penunjang hidup banyak orang.

Membicarakan internet sendiri seolah tidak ada habisnya, mulai dari kegunaannya, kelebihan, hingga kekurangannya. Definisi internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Jaringan ini menghubungkan milyaran komputer di seluruh dunia menjadi satu.

Internet sendiri merupakan kependekan dari interconnection network. Jaringan ini awalnya dikembangkan oleh Departemen Pertahanan AS pada tahun 1960- an guna melakukan riset untuk menghubungkan beberapa komputer, setelah berhasil, pada tahun 1980 internet mulai dikomersilkan dan hingga kini dapat digunakan oleh berbagai kalangan di seluruh dunia.

Fungsi- fungsi yang bisa dijalankan oleh internet antara lain:

  1. Menjadi Gudang Informasi

Internet menghubungkan banyak orang di berbagai wilayah di seluruh dunia. Sebuah info yang diunggah ke dalam internet akan dengan cepat menyebar ke seluruh komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. Karena itulah, penyebaran informasi menjadi sangat cepat. Selain untuk menyebar informasi, internet juga berguna untuk menyimpan berbagai macam hal seperti video, musik, dokumen, dan lain- lain, yang juga bisa diunduh dan dinikmati semua orang dari berbagai belahan dunia.

  1. Sarana Meng- update Berita

Dengan adanya internet, orang dapat dengan mudah memperoleh berita dari negara lain dalam waktu yang singkat. Beritanya pun selalu diperbaharui dari waktu ke waktu sehingga para pengguna internet tidak akan ketinggalan berita dan dapat selalu update dengan perkembangan yang ada.

  1. Komunikasi

Internet menyediakan berbagai layanan bagi penggunanya untuk dapat berkomunikasi dalam jarah dekat maupun jauh. Kita dapat menggunakan fasilitas e- mail ataupun chatting untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Selain itu, adanya social media juga mempermudah orang untuk mencari teman baru dan berinteraksi dengan berbagai macam orang.

  1. Pendidikan

Satu hal yang tidak dapat dilupakan adalah fungsi internet sebagai sarana yang membantu pendidikan. Internet menyediakan sumber data yang beragam yang berkaitan dengan pendidikan, misalnya artikel, makalah, penelitian ilmiah, dan lain- lain. Beberapa situs bahkan menyediakan buku online secara gratis. Selain itu, mencari beasiswa pun menjadi lebih mudah. Banyak universitas yang mengunggah formulir dan ketentuan beasiswa di internet, sehingga orang- orang dari dalam negeri maupun luar negeri yang berminat dapat dengan mudah mendapatkannya.

  1. Sarana Belanja Online

Salah satu fungsi internet yang sedang booming saat ini adalah belanja online. Banyak sekali situs yang bisa dijadikan media untuk berjualan. Jual- beli lewat internet ini sangat praktis dan menguntungkan. Selain itu juga menghemat waktu dan biaya. Cara pembayarannya beragam, bisa lewat transfer, kredit, maupun cash on delivery (membayar danmengambil barang dengan cara bertemu di suatu tempat). Selain cash on delivery, barang biasanya diantar ke pembeli lewat jasa kiriman kilat.

Leave a Reply