Home >> Tekno >> Internet >> Dampak Positif Penggunaan Internet
Dampak Positif Penggunaan Internet

Dampak Positif Penggunaan Internet

Awal mula ditemukannya internet, ditujukan untuk membuat dunia lebih mudah dalam bertukar informasi dan waktu yang dibutuhkan cukup singkat. Secara sederhana, internet diciptakan untuk membuat umat manusia lebih mudah dalam mendapatkan informasi dan membantu kehidupan manusia agar semakin mudah dan praktis. Perkembangan teknologi pun membuat internet menjadi tak terbatas aksesnya dan sistem gadget masa kini telah dikembangkan untuk mendukung akses internet dan orang dapat menemukan informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja. Intinya, dampak positif internet diharapkan membantu umat manusia di seluruh dunia. Pada kenyataannya, internet memang sangat berguna dan bermanfaat dalam kehidupan manusia dan hal ini meliputi hampir seluruh lapisan masyarakat dan tak terbatas pada usia, karena anak TK pun sudah bisa mengakses internet dengan gadget yang mereka miliki. Fenomena ini mencengangkan dan sekaligus memprihatinkan. Meski begitu, manusia sekarang tak bisa hidup tanpa internet.

Manfaat Internet

Banyak dampak positif internet yang kita rasakan, antara lain sebagai media komunikasi dan hal ini paling banyak digunakan. Orang lebih mudah berinteraksi dengan orang lain di seluruh dunia, tak terbatas jarak dan bisa bertatap muka meski tak langsung. Komunikasi juga menjadi tak terbatas karena penukaran data juga bisa dilakukan dengan internet. Adanya surat elektronik, situr berbagi media dan lain – lain sangat berguna dan bisa dilakukan dengan cepat, praktis dan mudah. Internet pun juga digunakan sebagai media mencari informasi atau data yang dibutuhkan tentang apapun dari yang sepele hingga yang akurat. Ini memungkinkan manusia memiliki akses tak terbatas terhadap informasi. Semua hal terkait seluruh aspek kehidupan manusia bisa diketahui dari internet dengan cara mengaksesnya dan tanpa perlu repot meninggalkan tempat kita duduk. Manfaat lainnya adalah, internet menjadi sumber pendapatan dengan adanya toko online dan bisnis online yang marak dilakukan.

Pengaruh Internet pada Masa Kini

Saat ini, kita dapat menemui banyak dampak positif internet dalam kehidupan sehari – hari dalam seluruh aspek kehidupan. Dalam dunia pendidikan misalnya, pelajar yang ingin mengerjakan tugas sekolah tak perlu datang ke perpustakaan dan meminjam buku, namun cukup duduk didepan laptop atau komputer dan mengakses informasi yang dibutuhkan dari sana. Hemat waktu, tenaga dan biaya serta informasi yang diperoleh pun akan lengkap dan banyak. Dalam dunia ekonomi, internet juga memiliki dampak positif terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat dengan maraknya bisnis online baik yang berupa afiliasi maupun toko online. Keuntungan bisnis online dengan internet bahkan sangat menjanjikan dan tak jarang orang menjadikannya profesi. Transaksi perbankan dan perdagangan bahkan bisa dilakukan lebih mudah karena kita bisa menjelajah ke banyak toko tanpa buang energi dan waktu bahkan pembayaran pun bisa dilakukan sambil duduk di depan laptop. Meski begitu, sangat penting untuk bijak dalam menggunakan internet supaya tidak terkena dampak negatifnya.

Leave a Reply