Home >> Berita Jatim >> Insan PU dan PR Perkuat Solidaritas
Peringatan Hari Bakti PU dan PR Tahun 2014 Jatim
Peringatan Hari Bakti PU dan PR Tahun 2014 Jatim

Insan PU dan PR Perkuat Solidaritas

Semua Insan Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (PR)  utamanya di lingkup Pemprov Jatim harus memperkuat solidaritas sekaligus meningkatkan kompetensi, profesional dalam mengabdi pada instansi, bangsa dan negara.

“Profesionalisme insan PU dan PR harus diperkuat, kompetensi harus ditambah dengan cara peningkatan semangat pengetahuan demi menyejahterakan rakyat,” pinta Wakil Gubernur Jatim H. Saifullah Yusuf mengajak dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Bakti PU dan PR ke-69 serta HUT-ke 43 Korpri di Kantor PU, Waru, Sidoarjo, Rabu (3/12).

Ia mengatakan, solidaritas dan profesionalisme dibangun secara positif untuk menciptakan kesetiakawanan dan etos kerja, bertanggung jawab, kuat, bersih, selalu berinovasi dan berimprovisasi guna memberikan nilai tambah dari setiap tugas yang dibebankan oleh bangsa dan negara.

Memasuki tahun terakhir dari program pembangunan jangka menengah tahun 2010-2014, serta menghadapi tantangan pembangunan PU dan PR tahun 2015-2019 untuk terus bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat guna mewujudkan program yang lebih berkualitas serta memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Gus Ipul menjelaskan, momentum hari bakti harus dimaknai untuk kembali kepada garis perjuangan Kementrian PU dan PR untuk ikut mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sumber daya air yang mendukung kedaulatan pangan, ketahanan air serta pengendalian daya rusak air.

Diatambahkannya, pada Hari Bhakti PU dan PR, pemerintah berusaha mewujudkan pembangunan sistem konektivitas serta aksesibilitas jalan antar wilayah dan pusat pertumbuhan daerah terisolir. “Pemernitah pusat juga akan berusaha menyediakan rumah layak huni dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat dengan sarana dan prasarana dasar (Basic Infrastruktur) seperti air minum dan sanitasi sehat,” ungkapnya.

Saat membacakan sambutan Menteri PU dan PR RI M. Basuki Hadimuljono terkait HUT Korpri ke 43, Gus Ipul berharap, Korpri akan bertransformasi menjadi Kops Pegawai Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (Korp ASN RI).

Sesuai dengan Nawacita dan semangat pengabdian Sapta Taruna yang dicanangkan oleh Presiden RI dijelaskan, bahwa Mindset ASN adalah teladan bagi perubahan yang diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selain itu, Korpri harus memahami dan melanjutkan penataan birokrasi yang menjadikannya lebih bersih, kompeten dan mampu melayani masyarakat dengan lebih cepat dan lebih baik lagi. “Penataan birokrasi harus dapat menjamin manajemen pembangunan pegawai PU/PR yang lebih efisien dan mampu menghasilkan pelayanan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan,” imbuhnya.

Gus Ipul berharap, agar seluruh jajaran PU/PR untuk terus mengembangkan kemampuan dan peningkatan pengetahuannya. Tujuannya, dalam menghadapi tahun 2015-2019 sesuai dengan Sapta Taruna insan PU/PR dan kode etik Korpri harus memiliki semangat, pengabdian dan perjuangan yang gigih, tulus dan tanpa pamrih

Leave a Reply