Home >> Berita Jatim >> Gubernur Jatim Minta Pertamina Amankan Stok BBM
antisipasi kenaikan bbm
antisipasi kenaikan bbm

Gubernur Jatim Minta Pertamina Amankan Stok BBM

Antisipasi rencana adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo meminta Pertamina untuk mengamankan stok BBM baik premium, solar, maupun pertamax. Pertamina harus mengupayakan terlebih dahulu stok BBM tetap tersedia.

“Stok BBM jangan sampai kehabisan sebab kertersediaan stok menjadi hal yang penting bagi masyarakat. Dengan terjaganya stok BBM ini, masyarakat diharapkan tidak mengalami kepanikan mengenai BBM,” ujar Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim saat menerima GM Marketing Operation Region V Pertamina Giri Santoso beserta jajaranya di Ruang Kerja Gubernur Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya, Jumat (31/10).

Ia mengatakan, Pertamina juga harus melakukan sosialisasi melalui media elektronik dan cetak mengenai adanya ketersediaan dan terjaminnya stok BBM. Pertamina diharapkan bisa menghimbau masyarakat untuk tidak panik karena stok cukup. Pemprov melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Prov. Jatim juga ikut membantu menyosialisasikan ke media mengenai ketersediaan stok BBM yang aman.

Selain itu, Pakde Karwo meminta Pertamina bekerja sama dengan Polda dan Pangdam V/Brawijaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban terutama pada antrean SPBU-SPBU di Jatim.

Sementara itu, GM Marketing Operation Region V Pertamina Giri Santoso melaporkan, hingga saat ini  stok BBM dilebihkan 20 persen. Berdasarkan mekanisme yang ada, begitu stok turun, kapal penyedia stok BBM datang.  “Kami menjaga agar tidak sampai stoknya habis, kemudian kapal baru datang. Ini sudah mekanisme. Yang dijaga stok BBM di Pertamina dan SPBU,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ketika masyarakat mengalami panik dengan adanya rencana kenaikan BBM, permintaan BBM bisa naik sampai 50 persen. Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan stok BBM agar tidak habis. Sehingga kebutuhan masyarakat terhadap BBM dapat terpenuhi. “Kelebihan rutin BBM dilebihi. Premium, Solar maupun Pertamax juga dipersiapkan stoknya,” katanya.

Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Polda dan Pangdam V/Brawijaya mengenai ketertiban dan antrean yang bisa terjadi di SPBU. Ini tujuannya agar antrean di SPBU tertib dan lancar.

Leave a Reply