Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Cara Merawat Sprei Agar Awet dan Tahan Lama
Cara Merawat Sprei Agar Awet Serta Tahan Lama
Cara Merawat Sprei Agar Awet Serta Tahan Lama

Cara Merawat Sprei Agar Awet dan Tahan Lama

[td_smart_list_end]Cara Merawat Sprei Agar Awet Serta Tahan Lama

Sprei merupakan salah satu barang yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Sebab dengan sprei desain kamar tidur menjadi lebih cantik, selain itu juga sprei merupakan pelengkap untuk kenyamanan istirahat baikmalam maupun siang anda. Sehingga saat ini sprei bukan hanya sebagai kebutuhan saja, namun sudah menjadi salah satu trend masyarakat sekitar.

Banyak sekali motif serta merek sprei yang tersebar di kalangan masyarakat Indonesia. Berbagai harga pun mulai ada yang terbilang sangat murah, sedang dan juga mahal. Namun dari berbagai merek, harga serta motif, satu hal yang harus anda dapatkan dari pemilihan sprei maupun bedcover adalah masalah kenyamanan disaat kita memakainya.

Cara Merawat Sprei Agar Awet Serta Tahan Lama
Cara Merawat Sprei Agar Awet Serta Tahan Lama

Merawat Sprei Agar Tidak Mudah Rusak

Ada banyak sekali orang yang cenderung ingin memiliki sprei lebih dari satu, akan tetapi mereka masih bingung atau bahkan tidak tahu bagaimana cara merawat barang tersebut agar awet, tidak mudah rusak serta tahan terhadap waktu yang semakin dipakai biasanya akan semakin berkurang kualitasnya.

Untuk itulah kami rasa artikel yang akan kami berikan ini bisa memberikan banyak manfaat bagi anda dalam penyimpanan dan pencucian sprei agar kedepannya meskipun sering dicuci dan digunakan kembali bisa tetap halus, lembut dan pewarnaan tidak mudah pudar. Erikut tips tentang bagaimana cara merawat sprei dengan baik agar tahan lama.

  1. Pada saat pencucian, bila anda mencuci deengan mesin cuci, maka alangkah baiknya jika sprei tersebut anda lipat menjadi beberapa bagian, kemdian anda bisa memasukkannya kedalam mesin cuci, kemudian putarlah mesin cuci tersebut dengan putaran yang sedang saja. Sehingga sprei tidak mudah rusak karena tergesek oleh bagian dalam mesin cuci.
  2. Alangkah baiknya jika anda memisahkan antara sprei dengan bahan kain lain seperti baju atau bahkan celana. Karena jika anda mencuci bersamaan dengan baju dan kail lain, maka bulu-bulu halus yang terkandung dalam kain lain bisa tercampur dengan sprei, sehingga menjadikan sprei seperti berbulu saat digunakan. Sehingga dapat menumbulkan iritasi atau bahkan gatal jika kulit anda menyentuh bagian berbulu tersebut.
  3. Untuk sprei dengan noda yang sangat membandel, maka alangkah baiknya jika anda merendam kain tersebut lebih lama dari biasanya, agar noda membandel tersebut bisa dengan mudah terlepas dari kain. Sebelum di jemur atau dikeringkan, maka pastikan bahwa noda benar-benar hilang. Sehingga ketika sprei telah kering sudah benar-benar tidak ada noda yang menempel.
  4. Untuk sprei set, ada baiknya jika anda mencucinya setiap seminggu sekali seteleh dipergunakan. Jika benar-benar memerlukan penggunaan pemutih untuk menghilangkan noda, maka pergunakan secukupnya dan jangan terlalu sering, karna pemutih sifatnya hanya melemaskan serat kain saja. Sebenarnya ada cara yang sangat alami untuk mencerahkan sprei dan menghilangkan noda yang membandel. Hal tersebut dengan menggunakan ¼ cangkir air lemon, camppur dan rendam dengan kain kemudian bilas dan keringkan.
  5. Masalah pengeringan dengan mesin cuci, maka sebaiknya anda menggunakan suhu yang sedang atau cenderung rendah saja. Sebab panas yang berlebih yang tidak alami justru akan sangat merusak bagian kain dari sprei tersebut.
  6. Lebih baik lagi jika pada saat pencucian anda menggunakan detergen yang lembut, dan jangan terlalu banyak menggunakan detergen yang memiliki sifat keras. Sebab hal tersebut justru akan merusak kain sprei dan membuat kain halus menjadi sangat kasar dan berbulu.
  7. Untuk pengeringan secara alami, maka alangkah baiknya jika anda menjemurnya tidak langsung mengenai terik dari sinar matahari tersebut. Semakin lama sprei terkena sinar matahari, kami rasa motif dan pewarnaan akan semakin memudar.
  8. Jika, anda suka sekali untuk menyetrika sprei, maka gunakan panas dengan suhu yang rendah saja. Kemudian jangan menyetrika sprei di bagian depan pas motifnya, akan tetapi setrikalah di bagian belakang sprei. Untuk sprei yang kusut, anda bisa menggunakan penyemprotan dengan sedikit air agar lebih mudah dalam menyetrika.

Demikian sedikit hal yang dapat kami sampaikan terkait bagaimana cara merawat sprei agar lebih awet dan tahan lama. Murah-murahan artikel ini bisa memberikan banyak manfaat bagi anda ya sobat fashion. Untuk anda yang memang mencari sprei berkualitas serta aman untuk keluarga, maka kami rasa sprei kendra terbaru adalah salah satu produk yang bisa kami rekomendasikan untuk anda. Selain lembut, harga yang dibanderol pun sangat murah lo sobat.

Leave a Reply