Home >> Properti >> Pentingnya Mengetahui Tips Memilih KPR Rumah
Memilih KPR

Pentingnya Mengetahui Tips Memilih KPR Rumah

Apakah Anda sedang risau atau bahkan galau ingin memiliki rumah, tapi uangnya  tidak mencukupi? Anda tidak perlu risau atau  galau, karena di artikel ini penulis akan memberikan informasi mengenai solusi dari masalah Anda tersebut.

Rumah. Yah, rumah adalah salah satu kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Contohnya yaitu untuk melindungi diri dari cuaca yang tidak menentu seperti hujan, panas, dan lain sebagainya. Namun memiliki rumah yang layak bukanlah perkara mudah. Hal tersebut dikarenakan harga rumah yang dari waktu ke waktu selalu meningkat nilainya. Karena hal tersebutlah banyak masyarakat khususnya masyarakat  indonesia merasa kesulitan untuk memperoleh rumah yang layak huni. Hal tersebut sering terjadi khususnya bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Kemudian di dalam menghadapi problematika tersebut, maka pemerintah melalui badan- badan yang ada di bawahnya berupaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat tersebut yaitu melalui badan keuangan , Bank. Di dalam membantu masalah tersebut, bank telah menawarkan  sistem KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) , yang mana sistem tersebut masyarakat dapat membeli rumah yang masyarakat (termasuk Anda)  inginkan  yaitu dengan berhutang dengan bank.

Dengan adanya sistem KPR tersebut atau sisitem kredit perumahaan ternyata cukup efektif  untuk membantu masyarakat (Anda) di dalam mendapatkan rumah yang mereka idam- idamkan sebelumnya. Bahkan KPR ini lebih diminati jika  dbandingkan dengan pembelian rumah secara tunai atau tunai tahap. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya hasil survey dari Bank Indonesia (BI) yang menyatakan bahwa sepanjag kuartal II pada tahun 2012 sebanyak 82,09 persen masyarakat memilih KPR sebagai salah satu sarana utnuk membeli rumah mereka.  Hal tersebut dapat diketahui melalui perbandingannya dengan penggunaan KPR pada kuartal I pada tahun 2012 , yaitu hanya sebesar 78,33  persen. Sungguh sangatt meningkat bukan???

Namun meskipun Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) sangatlah diminati oleh banyak orang (masyarakat), Anda pun  sebagai maasyarakat harus masih memperhatikan beberapa hal ketika memutuskan untuk membeli rumah dengan menggunakan sistem KPR. Adapun tips memilih KPR Rumah dapat Anda baca di pembahasan selanjutnya.

Tips Memilih KPR Rumah

Berdasarkan uraian penjelasan di atas dapat diketahui bahwa masyarakat sangat meminati pengunaan  KPR rumah , khususnya bagi masyarakat kelas menegah ke bawah . Namun meskipun banyak masyarakat (termasuk Anda) yang ingin membeli KPR rumah. Mereka (masyarakat ) pun harus memperhatikan beberapa hal. Hal tersebut dapat Anda baca atau lihat dari tips memilih KPR rumah di bawah ini.

1. Anda jangan terpancing dengan bunga rendah. Hal tersebut dikarenakan biasanya bunga rendah hanyalah promosi  untuk satu sampai dua tahun pertama  dan sisanya adalah bunga pasar. Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya menghitung ulang agar nantinya harga yang ditentukan tidak lebih dari simulasi awal atau pertama.

2. Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu mengenai lamanya waktu proses pengajuan KPR rumah yang Anda inginkan tersebut. Untuk itu, Anda harus mencermati da memastikan proses penajuan KPR rumah dengan cepat dan mudah.

3. Anda harus membandingkan terlebih dahulu tentang KPR rumah yang Anda pilih yaitu mengenai sistem bunga KPR yang dipakai , apakah memakai bunga tetap (flat) atau bunga mengambang (floating).

4. Jika Anda ingin mendapatkan kemudahana dalam hal ini mendapatkan persetujuan KPR , Anda bisa menggunakan bank  yang tentunya sudah bekerja sama dengan pengembang. Hal tersebut dikarenakan nantinya Anda pun akan mendapatkan  keuntungan dari promosi bank tersebut.

Itulah tips dalam memilih KPR rumah, semoga bermanfaat ya. Dan sebagai tambahan informasi, penulis akan memberikan informasi kepada Anda mengenai pilihan KPR rumah yang berlaku pada saat ini yaitu KPR konvensional dan KPR syariah. Apakah Anda tahu perbedaan dari KPR Konvensional dan KPR Syariah? KPR konvensional adalah KPR yang besarnya  bunga mengikuti perbankan, sedangkan KPR syariah adalah besarnya bunganya fix (tetap) dari awal hingga akhir.

Leave a Reply