Home >> Pendidikan >> Teknik Memotret Benda Bergerak
Teknik Memotret Benda Bergerak

Teknik Memotret Benda Bergerak

Bagi seorang fotografer gerak adalah fenomena alam yang patut diabadikan.
memotret sesuatu yang bergerak memperlukan teknik khusu. Karana memotret benda bergerak lebih sulit dari pada memotret benda yang diam. Berikut ini adalah beberapa teknik dasar yang dapat digunakan untuk memotret benda yang bergrak.

  1. Teknik Blurring
    sebuah teknik yang membiarkan gerak objek terekam oleh kamera sehingga menjadi blur. Dengan teknik ini, kesan bergerak dari sebuah objek akan terlihat jelas.
    Pada teknik ini tidak semua pemandangan yang terpotret akan terlihat kabur, akan tetapi hanya objek yang bergerak saja yang akan terlihat kabur. Sementara objek yang diam akan tetap terlihat tajam dan jelas.

Cara memotret dengan teknik blurring
atur rana pada kecepatan yang rendah. Kecepatan gerak objek harus lebih cepat di bandingkan kecepatan rana.
Sudut pandang, arah pemotretan dan jarak yang digunakan untuk mengabadikan objek. Terdapat perbedaan antara objek yang melintas dari arah sambing, dengan objek yang mendekati atau menjauhi kamera. Objek yang melintas dari samping akan lebih cepat terlihat blur dari pada objek yang mendekati ataupun yang menjauhi kamera.

  1. Teknik Zooming
    teknik ini membuat objek utama terlihat jelas, sedangkan background terlihat kabur. Teknik ini berfungsi untuk mempertegaskan objek dan membuatnya makin terfokus.

Cara memotret dengan teknik zooming
mengubah panjang fokus lensa pada saat eksposur dilakukan, dan atur rana pada kecepatan yang rendah.

  1. Teknik Panning
    teknik ini kebalikan dari teknik blurring. Pada teknik ini, objek yang bergerak akan terlihat tajam, sedangkan pada background yang diam malah terlihat kabur.

Cara memoteret dengan teknik panning
mengikuti objek searah dengan garis horizontal selama proses eksposur berlangsung, dan atur rana padakecepatan yang rendah. Agar hasil lebih memuaskan, gunakanlah tripot agar tidak ada getaran pada kamera.

  1. Teknik Freezing
    teknik ini memberikan kesan, seoalah objek yang bergerak terlihat membeku.

Cara memotret menggunakan teknik freezing
atur rana pada kecepatan yang tinggi, kecepatan rana harus lebih tinggi dari pada gerakan objeknya.
diagfragma harus dibuka dengan lebar, agar cahaya yang masuk cukup.

Leave a Reply