Home >> Berita Jatim >> LDII Jatim Siap Kembangkan Ekonomi Syariah dalam Hadapi MEA
LDII Jatim Siap Kembangkan Ekonomi Syariah

LDII Jatim Siap Kembangkan Ekonomi Syariah dalam Hadapi MEA

Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jatim siap dalam menghadapi masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).Dalam hal ini, mereka mengajak dunia usaha atau pengusaha di Jatim untuk mengembangkan ekonomi syariah diberbagai bidang.

“Kami tidak hanya ikut ikutan mengangkat isu ekonomi syariah. Kami ingin merangkul masyarakat untuk memahami ekonomi syariah. Selama ini berkecimpung dengan ekonomi konvensional dalam ini riba, itu harus dihindari,” kata Ketua DPW LDII Provinsi Jatim Amien Adhy, di Surabaya, Senin (11/1/2016)
Menurut Amien, Indonesia khususnya Jatim harus sejak dini mempersiapkan diri menjadi kiblat ekonomi syariah di pasar bebas ASEAN atau MEA ini, sebab di dalam dunia usaha hanya memprioritaskan persaingan tanpa diimbangi dengan pemberdayaan masyarakat.” Indonesia itu mayoritas Islam, harusnya dalam MEA ini lebih mengedepankan syariah,” tuturnya.

Dia menjelaskan, LDII Jatim sudah mulai memfokuskan pengembangan usaha di berbagai bidang diantaranya bidang properti, bidang fashion, bidang kuliner, bidang teknik, bidang garmen dan bidang syariah.

“Kami sudah lama menerapkan dan mengedepankan ekonomi syariah. Kami ada koperasi syariah serta memberdayakan sektor usaha berbasis syariah yang tujuannya untuk memberdayakan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua LDII DPW Jatim, Samiyono menambahkan, koperasi syariah memiliki konsep yang mendepankan azas kebersamaan. Setiap masyarakat yang butuh modal usaha tidak hanya sebatas diberi, namun juga di bina dan didampingi.

“Kami sudah memiliki koperasi syariah di 38 kabupaten/kota. Kami tanpa bungan, bahkan agunannya cukup mudah bisa menggunakan surat nikah atau ijazah. Tidauk itu saja, setelah modal usaha diberikan, perkembangan usahanya terus kami pantau,” pungkasnya. (ali)

Leave a Reply