Home >> Properti >> Manfaat dan Tips Membeli Properti Sendiri
Membeli Rumah

Manfaat dan Tips Membeli Properti Sendiri

Properti merupakan sebuah produk yang banyak diminati oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan properti dianggap sebagai kebutuhan pokok bagi masyarakat. Apakah Anda tahu contoh properti tersebut?Adapun contoh properti yang dimaksudkan oleh penulis di atas adalah rumah / apartement.

Memiliki properti atau rumah sendiri merupakan suatu hal yang membanggakan, bukan? Apalagi properti tersebut Anda beli dengan uang Anda sendiri. Namun pada saat ini sangat sulit sekali bagi masyarakat (mungkin termasuk Anda)  yang merupakan hanya seorang karyawan biasa dengan pendapatan yang pas- pasan ingin mempunyai properti sendiri. Hal tersebut dikarenakan selain Anda merasa kesulitan di dalam mengalokasikan anggaran pendapatan Anda tersebut, tetapi juga seperti yang Anda ketahui harga properti dari waktu ke waktu selalu meningkat.

Namun untuk masyarakat atau Anda yang memiliki pendapat yang lumayan besar, Anda tentu dapat membeli properti atau rumah/ apartement yang Anda ingini. Namun di dalam membeli properti Anda harus memperhatikan beberapa hal. Apakah Anda tahu perihal ttersebut? Jika Anda tidak tahu, jangan khawatir karena di artikel ini penulis akan memberikan informasi mengenai tips membeli properti kepada Anda. Dan tips membeli properti tersebut dapat Anda baca di pembahasan berikutnya.

Ayo Mengenali Tips Membeli Properti

Setelah Anda mengetahui definisi dari  properti, manfaat memiliki properti sendiri dan lain sebainya. Di pembahasan ini, penulis akan memberikan tips membeli properti. Dengan begitu , Anda tidak akan menyesal atau bahkan Anda merasa rugi membeli properti tersebut di kemudian hari.

1.  Anda harus melakukan tinjauan langsung terhadap lokasi properti / rumah yang akan Anda beli. Hal tersebut dikarenakan dengan memperhatikan dimana lokasi properti yang Anda beli itu berada akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Oleh karena itu di dalam memilih lokasi properti, Anda sebaiknya memilih lokasi yang strategis,  Contohnya seperti Anda memilih lokasi properti yang memilki akses jalan yang sering dilalui transportasi umum dan lokasi properti Anda tersebut sebaiknya dekat juga dengan fasilitas umum contoh nya di Sekolah , pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lain sebagainya. Dari semua hal di atas, tentu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda yaitu Anda dapat menjangkau tempat- tempat umum tersebut dengan mudah dan cepat.  Kemudian di dalam  memilih lokasi properti Anda , Anda juga harus memperhatikan akses jalan menuju lokasi properti Anda tersebut. Untuk itu, carilah lokasi properti yang mudah di jangkau tempatnya.

2. Ketika membeli properti , baik rumah ataupun apartement . Anda pun sebaiknya memperhatikan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengembang properti. Kemudian selain mengetahui fasilitas apa yang tersedia di dalam properti tersebut, Anda pun harus memastikan mengetahui mengenai bagaimana fasilitas tersebut dipelihara. Dengan begitu, Anda tidak merasa bingung ketika Anda memelihara properti tersebut (ketika Anda memutuskan untuk membeli properti tersebut).

3. Ketika Anda memutuskan untuk membeli properti (rumah/ apartement), Anda harus mempertimbangkan harganya terlebih dahulu. Di dalam membeli properti sebaiknya Anda mencari properti dengan harga yang sesuai dengan budget atau keuangan Anda . Anda jangan memaksakan membeli properti yang harganya di luar batas kemampuan keuangan Anda. Hal tersebut dikarenakan dengan membeli properti di luar batas kemampuan Anda memiliki resiko yang tinggi bagi Anda dan keluarga Anda ke depannya.

4. Anda harus memperhitungkan dan memikirkan sebelumnya mengenai cara pembayaran yang akan Anda lakukan ketika Anda memilih untuk membeli properti yang Anda inginkan tersebut. Untuk itu di dalam membeli propert, Anda harus merencanakan dengan baik khususnya dari segi pembayaran. Apakah Anda ingin membeli properti tersebut dengan cara cash ataupun dengan kredit. Sebagai tambahan informasi, ketika Anda memilih untuk membeli properti, usahakan Anda untuk menghindari pembelian properti tersebut dengan KPR. Hal tersebut dikarenakan bunga KPR  dapat menjadi bencana buat Anda, jika Anda tidak mampu membayar angsurannya secara tepat waktu.  Sekian informasi dari penulis. Semoga bermanfaat buat Anda.

Leave a Reply