Home >> Properti >> Investasi Bisnis Properti Siapa Takut
Bisnis Properti

Investasi Bisnis Properti Siapa Takut

Beberapa orang mungkin akan merasa inder atau takut ketika di hadapkan pada bisnis investasi properti. Tapi hal ini tidak akan menjadi persoalan jika kita mengetahui trik dalam berinvestasi pada bisnis properti. Seperti kita tahu bahwa investasi dalam bisnis properti memerlukan biaya yang cukup besar, tapi dengan biaya yang besar maka hasil yang di tawarkan juga besar.

Beberapa hal yang mungkin bisa merubah mindset anda mengenai investasi bisnis properti, antara lain :

  1. Dengan keadaan bumi yang semakin sempit, terhitung luas bumi di Indonesia seluas 148.940.540 kilometer persegi, tetapi di sisi lain pertumbuhan dan perkembangan manusia semakin pesar. Sehingga kebutuhan property akan semakin naik di setiap tahunnya. Di mulai dari kota kota besar di jawa. Kemudian merambah pada daerah lain di luar kota besar , di lanjutkan di Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Kesemua pulau yang di sebutkan tadi sekaran gsudah mengalami pertumbuhan eknomi yang bagus dan nilai peroperti di sana juga sudah menunjukan tren kenaikan harga yang signifikan.
  2. Investasi tanah memiliki keuntungan dalam hal penjualan property yang di miliki. dengan mengetahui harga minimal penjualan pada derah yang bersangkutan, maka kita bisa bebas menaikkan harga jual property pada tingkat yang kita inginkan, tapi jika kita ingin menjual dengan rendah, maka tetap ada nilai jual dasar yang berlaku di derah tersebut atau bisa juga anda menmbahkan dampak keuntungan jika memilik properti ini sebagai bahan pertimbangan pembeli.
  3. Investasi pada bisnis property aman dari inflasi, berkaca dari sejarah di tahun 2008, di mana nilai inflasi naik sebesar 12% tapi karena kenaikan harga property lebih tinggi dari pada nilai inflasi sehingga keuntungan bisa di dapatkan. Jika anda membangdingkan invesatsi dengan system deposito, maka uang anda akan berkurang karena tingginya angka inflasi dari pada bunga dari deposito itu sendiri.
  4. Bisa menggunakan cara negosiasi dalam pembelian harga, missal anda ingin membeli rumah seharga 300juta. Anda bisa membayar sejumlah uang DP sebesar 50 juta, selebihnay anda bisa menawarkan rumah tersebut sebagai kos atau rumah kontrakan. Denga biaya yang di dapatkan dari kos atau rumah kontarakan maka anda bisa meluansi sisa cicilan rumah yang di bayarkan. Dalam hal ini, negosiasi adalah harga mutlak yang harus di miliki oleh si pembeli. Karena sangat sulit untuk melakukan cicilan pada rumah di jual. Kebanayakan mereka menganut system cash.
  5.  Investasi langsung berbuah untung, contoh ketika ingin membeli sebauh rumah di sebauh kota besar semisla Surabaya, harga pasaran saat itu sekita 200 juta dengan asumsi bahwa NJOP sekitar 180 juta, namun ketika membeli anda bernegosiasi sehingga mendapat harga 170 juta. Tapi anda ingin menjual secara langsung seharga 200 juta. Maka keuntungan anda bisa langsung di tangan dengan niali sebesar 30 juta. Dan ini adalah langkah nyata yang beberap orang melakukannya.
  6.  Membuat rumah yang sederhana menjadi luar biasa, hal ini bisa di lakukan dengan merenovasi rumah yang di jual. Renovasi yang membutuhkan biaya yang cukup kecil. Tapi akan berpengaruh besar pada saat menjual rumah. penambahan renovasi berupa pemberian warna cat baru, pemugaran pada beberapa desain rumah, perbaikan pagar dan interior pada ruangan akan membuat si pembeli suka pada rumah yang akan anda jual.

Leave a Reply