Home >> Bisnis >> Plus Minus Membeli Asuransi Untuk Perumahan
Asuransi Perumahan

Plus Minus Membeli Asuransi Untuk Perumahan

Asuransi perumahan ???

Pentingkah untuk dimiliki??? Sebuah pertanyaan klasik yang perlu di luruskan untuk dijawab. Idenya sih sederhana, seberapa penting membeli polis asuransi untuk rumah Anda? Seberapa daruratkah membeli polis asuransi untuk rumah? Pertanyaan yang klasik yang selalu mengusik sebagian orang untuk membeli yang terbaik asuransi perumahan.

Sebelum saya bercerita jauh tentang pentingnya asuransi untuk perumahan, perlu di kaji ulang bahwa konsep dasar untuk membeli asuransi adalah untuk saling tolong menolong orang yang menderita kerugian dengan orang yang tidak menderita kerugian (si penanggung kerugian dengan perusahaan asuransi). Jadi sebenarnya filososfi awal berdirinya asuransi rumah adalah saling kerjasama membantu sesama anggota untuk menolong mereka yang lagi terkena musibah. Jadi sebuah pekerjaan yang mulia untuk tolong menolong antara orang yang sedang jatuh dengan orang yang sedang lagi posisi kuat.

Seiring dengan berkembangnya waktu, filososi mediator orang yang mengambil atau penengah resiko tersebut di ambil alih oleh perusahaan asuransi, terutama perusahaan asuransi rumah dan properti. Jika mengacu kepada filossfi ini, tentu orang yang mengasuransikan rumahnya ingin mengalihkan resiko yang siap menimpa rumah tersebut, baik itu kebakaran, kecurian, bencana seperti banjir, kejatuhan pesawat dan sebagainya yang merupakan bagian resiko dari memiliki rumah yang siap menghadang Anda kapanpun saja. Jadi semua rumah memiliki potensi untuk mendapatkan resiko tersebut. Untuk itulah peran dari perusahaan asuransi perumahan di butuhkan, sebagai perusahaan yang siap untuk mengalihkan resiko-resiko rumah dan bangunan Anda.

Lalu Apa Resikonya Jika Saya Bersikukuh Untuk Tidak Membeli Polis Asuransi Rumah atau Perumahan?

Pertanyaan yang cukup sederhana, namun bukan sederhana untuk menjawabnya. Sebenarnya jika ngomong perlu dan tidak perlu untuk mengasuransikan rumah dan bangunan Anda tergantung dari kebutuhan Anda sendiri. Sama seperti ketika saya bertanya kepada Anda rumah Anda ingin Anda beri warna cat merah atau putih? Sebuah pertanyaan yang bisa menjawabnya, tentu Anda sendiri bukan saya.

Namun sebagai illustrasi petingnya mengasuransikan rumah Anda, adalah perusahaan asuransi bergerak sebagai mediator untuk mengalihkan resiko-resiko yang dimiliki rumah Anda. Apa sih resiko-resiko tersebut? Resiko yang paling rentan untuk rumah adalah resiko kebakaran, resiko kecurian, resiko banjir dan seterusnya. Jika Anda membeli asuransi berarti Anda mengalihkan sebagian resiko tersebut kepada perusahaan asuransi. Misalnya terjadi kebakaran berarti Anda tidak menaggung sendiri dari kerugian akibat kebakaran tersebut, namun perusahaan asuransilah yang siap membayarnya.

Apakah Semudah dan Sesederhana itu Perusahaan Asuransi Membayarnya?

Urusan mudah dan tidak mudah, semua ada prosesnya. Jika prosedur kita sesuai dengan kontrak yang kita bayarkan kepada perusahaan asuransi pastinya kewajiban perusahaan asuransilah yang bertanggung jawab untuk membayarnya. Saya yakin banyak kok perusahaan asuransi yang siap untuk membayar kerugian Anda, ketika prosedur yang Anda jalankan sesuai dengan klausul kontrak yang di tanda tangani waktu membeli polis. Jadi ketika perusahaan asuransi mangkir pasti juga ada sangsinya.

Jika secara prosedural betul, saya yakin perusahaan asuransi tidak akan berbelit untuk membayar klaim asuransi rumah Anda.

Itulah sedikit ulasan tentang pentingnya membeli asuransi untuk rumah dan bangunan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan tentang pentingnya informasi asuransi rumah dan bangunan.

Leave a Reply