Home >> Wisata >> Info dan Tips >> 8 Wisata Kuliner Bogor Yang Perlu Di Coba Kelezatannya
Wisata Kuliner Bogor

8 Wisata Kuliner Bogor Yang Perlu Di Coba Kelezatannya

Bila kita berkunjung atau berwisata ke suatu tempat, tidak hanya wisata alam yang ingin kita rasakan. Termasuk wisata kuliner perlu kita cicipi. Betul tidak ? Termasuk bila anda berwisata ke Kota Bogor. Ada beberapa tempati lainnya lagi yang bisa anda kunjungi untuk menyantap makanan khas Bogor.

Berikut ini beberapa daftar tempat tambahannya:

  1. Pepes Sagu Pisang

Jajanan yang satu ini masih ada di sekitaran jalan Suryakencana. Makanan ini dijajakan di kaki lima saja, bukan disebuah restoran. Pepes pisang ini adalah makanan yang unik, karena biasanya masakan Sunda terkenal dengan pepes yang pedas seperti pepes tahu, pepes peda, pepes jamur, pepes oncom dan masih banyak lagi. Sedangkan pepes pisang terbuat dari pisang yang dicampur dengan keju ataupun nangka sehingga rasanya manis, beda dari pepes lainnya. Pepes ini sangat nikmat jika dihidangkan pas masih hangat. Harga seporsi pepes sagu pisang ini hanya 3 ribu rupiah saja.

  1. Combro Gang Aut Bogor

Combro adalah salah satu jajanan pasar yang sangat enak untuk dimakan sebagai cemilan. Combro terbuat dari bahan utama dari oncom. Bogor memang dikenal sebagai daerah yang sering memakai oncom di beberapa makanannya. Ada penjual combro yang enak di Bogor, salah satunya di gang Aut, masih di sekitar jalan Suryakencana Bogor. Disini anda dapat membeli sebuah combro hanya dengan harga 1500 rupiah saja. Selain ditempat ini, anda juga bisa menemukan penjual combro yang terkenal yaitu Combro Atmaja. Namun di combro Atmaja anda harus mengantri lama karena banyak sekali pembelinya.

  1. Soto Kuning Pak Yusuf

Jika anda berkunjung ke jalan Suryakencana, maka anda akan sering menemukan makanan khas Bogor lainnya seperti Soto Kuning. Salah satu soto kuning terlezat di daerah ini adalah Soto Kuning Pak Yusup. Ia menjual soto kuning disebuah gerobak pinggir jalan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi orang – orang. Satu porsi soto kuning ditambah dengan nasi hanya seharga Rp 30.000 saja. Anda juga bisa memilih tambahannya seperti daging, babat dan paru. Jika anda ingin menambah, maka anda harus membayar tambahannya Rp 7000 per potongnya. Anda juga bisa menambah perkedel dan juga emping untuk disantap bersama soto.

  1. Soto Mie Ciseeng

Soto mie yang satu ini masih berada di kisaran daerah Suryakencana. Soto mi yang satu ini berada tepat diseberang soto mie Agih. Namun jangan khawatir, soto mie yang satu ini tidak menggunakan daging babi melainkan daging sapi. Isi dari soto ini memang sama seperti soto mie yang lain, terdapat mie, lobak dan daging sapi di dalamnya. Harga satu porsi soto mie Ciseeng ini adalah RP 25.000.

  1. Laksa Bogor bu Lily

Laksa adalah salah satu makanan khas Bogor. Laksa Bogor sangat berbeda dari Laksa Singapura. Diantara kedua laksa itu sebenarnya adalagi laksa yang lain, yaitu Laksa Cibinong. Laksa Bogor yang terkenal dijual di laksa Bogor Ibu Lily yang ada di jalan Suryakencana. Dekat sekali dengan combro gang Aut. Laksa Bogor berisi bihun, toge, kemangi, oncom, tahu kuning yang disiram dengan kuah laksa yang kental. Laksa ini memang tidak memakai bahan daging sehingga cocok bagi para vegetarian yang ingin mencoba. Seporsi laksa Bogor hanya RP 10.000 saja.

  1. Es Cincau Hijau

Memang Bogor adalah kota hujan, namun tidak setiap saat kota ini hujan. Jika siang hari, suhunya sama saja panas. Walau tak sepanas Jakarta. Di siang hari para wisatawan bisa membeli es cincau hijau yang bisa ditemukan di sekitar jalan Suryakencana. Cukup membayar 5 ribu rupiah anda bisa menegak es cincau yang lezat dan menyegarkan dahaga. Es cincau yang dijual memiliki khhasiat untuk penghilang panas dalam.

  1. Nasi Uduk Warung Doyong

Tempat makan ini memang agak sulit ditemui karena harus masuk ke dalam gang yang ada di jalan Pahlawan ke arah gang Aut. Disana anda bisa menemukan menu sayut asam sedangkan menu andalannya adalah ayam goreng. Ada juga empal yang sangat empuk, paru sapi yang digoreng juga enak. Sayur asam yang dijual disini sangat unik karena memakai kacang merah dengan sambal yang menambah kenikmatan sayurnya.

  1. Sop buntut Mang Endang

Sop buntut yang satu ini ada di kawasan Air Mancur, Bogor. Lokasi tepatnya berada di sebelah Martabak Air Mancur (kedai martabak paling terkenal dan terenak di Bogor). Disana anda bisa menemukan sop buntut mang Endang. Jika anda ingin menu komplit maka disarankan untuk datang kesini pagi pagi karena jika sudah siang dipastikan sudah tutup. Satu porsi sop buntut ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 30.000 saja. Sebuah porsi sop buntut berisi 3 buntut dengan ukuran yang besar dan dilengkapi sayuran berupa wortel dan brokoli.

Leave a Reply