Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Menyisihkan Uang Untuk Liburan
Tabungan untuk Liburan

Menyisihkan Uang Untuk Liburan

Tabungan untuk Liburan

Banyak orang yang tidak memiliki anggaran untuk liburan. Jangankan untuk berlibur, mungkin ada juga untuk memenuhi kebutuhan bulanan saja sudah sangat pas. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah itu. Salah satunya dengan rajin menabung dan disiplin. Menabung memang bukan perkara mudah. Banyak orang yang tidak bisa menabung, bahkan mengeluh karena kesulitan menyimpan uang yang bahkan hanya dalam jumlah yang kecil. Banyak hal yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk menabung. Mungkin saja pendapatan orang tersebut memang minim dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari atau memang tidak memiliki tujuan finansial yang jelas.

Berikut ini kami akan membagikan beberapa tips cara menabung untuk liburan:

  1. Disiplinlah untuk mencatat segala pemasukan dan pengeluaran anda semua sebulan.

Percayalah bahwa menabung itu mudah. Selama pengeluaran anda lebih kecil daripada pendapatan yang anda terima, semua bisa ditangani. Biasakanlah mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan anda agar anda bisa menghemat anggaran yang sekiranya bisa dihemat. Cobalah catat pengeluaran dari mulai yang harian, mingguan dan bulanan. Catatlah dibuku kecil yang bisa dibawa kemana-mana sehingga anda dengan mudah bisa langsung menulis setelah mengeluarkan uang. Seperti contohnya pengeluaran untuk membeli minum, entah itu kopi atau minum lainnya. Mungkin jumlah untuk membeli minum atau ngopi cukup kecil, tapi jika diakumulasikan selama setahun maka hasilnya akan besar. Anda bisa menghemat pengeluaran seperti itu.

  1. Sisihkan uang penghasilan untuk diri sendiri.

Salah satu kunci sukses dalam menabung adalah menyisihkan uang penghasilan anda terlebih dahulu sebelum membayar pengeluaran bulanan seperti pajak, tagihan listrik, air, dan cicilan lainnya. Tentukan dulu tujuan menabung jangka panjang anda, kemudian tabunglah uang anda atau berinvestasilah. Jangan pernah memberi kesempatan bagi diri anda sendiri untuk boros.

  1. Tentukan tanggal untuk menabung.

Jika anda sudah mendapat gaji maka tidak akan ada masalah dalam menentukan tanggal untuk menyisihkan uang tabungan. Namun jika anda belum memiliki gaji maka anda harus memiliki target untuk bisa mengumpulkan sejumlah uang yang sudah anda tentukan sendiri dalam jangka waktu tertentu.

  1. Bayarlah utang yang anda punya

Melunasi utang yang anda punya juga merupakan salah satu cara untuk mempercepat kesempatan anda dalam menabung. Apalagi jika pinjaman yang anda punya memiliki bunga.

  1. Berdisiplianlah terus

Setelah utang dan semua pengeluaran wajib terbayar, sisihkan dana tiap bulannya ke tabungan, atau akan lebih baik lagi jika ada investasi yang anda lakukan.

  1. Motivasi diri sendiri

Nah, ini adalah hal yang penting. Anda harus bisa memotivasi diri anda untuk menabung. Anda harus ingat untuk menabung agar bisa pergi liburan sendiri atau bersama keluarga ke tempat wisata lain atau bahkan keluar negeri. Jika anda sudah menentukan akan pergi kemana, maka anda juga harus tahu jumlah dana yang dibutuhkan saat pergi dan berada disana. Kemudian tentukan berapa lama anda akan bisa mengumpulkan uang yang dibutuhkan itu. Pasanglah gambar tempat yang anda impikan untuk anda datangi di meja belajar, meja kerja, kamar atau bahkan dompet agar anda selalu ingat tujuan menabung dan tetap semangat mengumpulkan uang.

  1. Bukalah rekening yang tidak akan anda sentuh

Buatlah rekening yang hanya akan anda gunakan untuk menabung dan bukan untuk diambil jika digunakan bukan untuk memenuhi tujuan anda liburan. Pisahkan tabungan untuk berlibur dan tabungan yang memang digunakan untuk kebutuhan hidup.

  1. Biasakanlah untuk hidup dengan hemat

Banyak cara yang bisa anda lakukan tanpa harus merasa menderita atau seperti orang pelit. Mulailah dari hal hal kecil seperti membawa bekal makanan dan minuman dari rumah setiap pergi keluar, menggunakan transportasi umum, berhenti merokok, berlibur di saat yang tidak padat atau bukan waktu liburan, membeli sesuatu barang disaat ada diskon agar bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga yang lebih murah dan masih banyak hal lainnya lagi.

  1. Mencari pekerjaan tambahan atau sampingan

Saran ini kami sarankan untuk para pelajar yang memang belum memiliki pekerjaan tetap agar bisa mendapat pemasukan lebih selain dari uang jajan yang belum seberapa untuk ditabung. Carilah pekerjaan untuk penghasilan tambahan seperti part time atau freelance, atau bahkan berwirausaha. Siapa tahu anda memiliki bakat terpendam menjadi enterpreneur. Jika anda mahasiswa anda bisa membukua jasa katering dan berjualan makan siang ke teman lain dikampus.

Leave a Reply