Home >> Wisata >> Kuliner >> Toko Manisan Sinta, Surganya Manisan
Toko Manisan Sinta

Toko Manisan Sinta, Surganya Manisan

Jika anda sedang berwisata ke suatu daerah pasti agenda paling akhir adalah berbelanja buah tangan untuk diberikan sanak saudara di rumah maupun di berikan kepada tetangga atau rekan kerja. Setiap kota pun pasti memiliki oleh – oleh khasnya masing – masing yang tentu saja berbeda satu dengan yang lainnya. Dan di setiap kota pun biasanya ada spot – spot tertentu yang menjual oleh – oleh khas, seperti pasar tradisional atau deretan kedai pusat perbelanjaan makanan khas.

Sama seperti halnya di kota Cirebon. Jika anda pergi berwisata di kota ini dan mencari toko penjual oleh – oleh, ada beberapa toko yang dapat anda kunjungi. Ada beberapa toko yang kami rekomendasikan sehingga bisa menjadi referensi bagi para pembaca. Ada beberapa pusat oleh – oleh di kota ini, toko yang paling terkenal adalah Toko Sinta Manisan yang berlokasi di jalan Lemahwungkuk sangat dekat dari pasar Kanoman. Biasanya para wisatawan yang datang ke Cirebon datang ke tempat ini sebagai tujuan utama untuk berbelanja buah tangan.

Toko ini juga termasuk toko penjual oleh oleh khas Cirebon yang paling tua dan paling ramai dikunjungi wisatawan dari luar kota Cirebon. Toko manisan Sinta ini sudah ada semenjak puluhan tahun yang lalu. Banyak wisatawan yang sedang berlibur atau berkunjung ke kota Cirebon menjadikan toko manisan Sinta sebagai tempat tujuan utama untuk membeli manisan atau oleh oleh khas Cirebon.

Selain itu, toko manisan Sinta juga menjual ebrbagai macam oleh oleh khas Cirebon buatan sendiri dari mulai makanan ringan, bumbu dapur, sambal makanan, krupuk melarat, krupuk kulit, rengginang, emping, terasi, sampai berbagai olahan ikan asin dan juga sirup tjampolay khas Cirebon. Saat akan membeli anda juga bisa mencicipi oleh oleh yang mau dibeli, walaupun ada beberapa yang tidak boleh dicicipi.

Toko manisan Sinta merupakan salah satu toko oleh oleh khas Cirebon yang terlengkap di kota ini. Jadi, bagi anda yang kebetulan sedang berkunjung ke kota Cirebon dan ingin membeli macam macam manisan atau oleh oleh khas Cirebon lainnya, toko manisan Sinta ini bisa jadi pilihan tempat belanja oleh oleh yang tepat. Sebagai informasi tambahan untuk anda, toko manisan Sinta buka dari jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Selain makanan, disana juga tersedia Batik Trusmi khas Cirebon.

Selain toko Sinta, anda juga bisa membeli oleh – oleh dengan harga yang lebih murah di Pusat Grosir Cirebon yang terletak di jalan Siliwangi. Tempat ini dulunya bernama Pasar Pagi. Di Pasar Pagi juga ada deretan toko penjual ileh – oleh seperti toko Senang, Pangestu, Lezat, Budiman, Sumber Ikan Asin, Daud dan masih banyak lagi. Diantara toko – toko tersebut, toko yang paling besar dan paling tamai dikunjungi pembeli adalah toko Senang. Toko ini tidak kalah lengkap dari Sinta Manisan namun tempatnya memang lebih kecil dari toko Sinta Manisan.

Karena harga barang yang dijual lebih murah, maka tak heran jika Pasar Pagi lebih padat daripada Sinta Manisan. Layaknya seperti pasar, disini memang padat dan banyak pengemis yang akan sering mendatangi anda.

Itu tadi beberapa tempat toko oleh oleh yang menjual makanan khas. Ada pula toko buah tangan yang menjual barang lain selain makanan, misalnya saja toko Batik Trusmi yang menjual aneka kerajinan batik, aksesoris, kerajinan tangan, dan ada pula pusat oleh oleh kuliner. Bahkan di toko ini juga menyediakan permainan anak dan pijat refleksi yang disediakan bagi pengunjung yang kelelahan setelah berbelanja. Toko ini memang lebih mirip seperti swalayan, walau begitu harga di tempat ini tidaklah mahal. Malah terhitung murah. Harga termurah baju batik yang dijual disini hanya belasan ribu saja, dan untuk aksesoris pun Rp 20.000an per itemnya.

Toko Batik Trusmi berada di tempat yang cukup strategis karena juga dekat dari pusat wisata kuliner. Jika anda sedang lapar saat berbelanja disini, anda bisa keluar dari toko Batik Trusmi dan mencari penjual empal gentong yang berada di sekitar toko.

Selamat berbelanja!

Leave a Reply