Home >> Tekno >> Memilih Kamera yang cocok untuk menemani Liburan
Memilih Kamera

Memilih Kamera yang cocok untuk menemani Liburan

Selain menikmati keadaan sekitar selama perjalanan liburan, mendokumentasikan kegiatan selama liburan pun penting. Selain untuk kenang – kenangan, dokumentasi sebuah perjalanan pun menjadi bukti kalau kita pernah mendatangi suatu tempat. Kamera, handycam maupun catatan selama perjalanan merupakan pelengkap untuk menyimpan memori selama liburan. Selesai berlibur anda bisa mengingatnya terus menerus dengan melihat berkali kali foto atau video yang diambil saat liburan. Anda pun bisa memperlihatkan dan menceritakannya kepada anak cucu anda kelak. Nah, untuk mendokumentasikan perjalanan anda, kamera apa yang anda gunakan? Berikut ini kami akan membahas tentang kamera apa saja yang bisa anda gunakan selama berplesiran dan cocok untuk dibawa.

Anda bisa menggunakan kamera ponsel anda untuk digunakan sebagai alat dokumentasi. Pada mulanya kamera ponsel memang tidak terlalu berguna untuk memotret sesuatu yang lebih penting dan hanya digunakan untuk potret diri saja. Namun saat ini, dengan perkembangan teknologi yang makin mutakhir, kamera ponsel disulap menjadi kamera yang canggih. Bahkan kamera ponsel saat ini bisa dibilang sudah menggeser fungsi kamera saku. Kelebihan dari kamera ponsel sangatlah jelas, kamera sekaligus ponsel ini sudah pasti sangat portable dibawa kemana mana karena ukurannya yang kecil dan muat disaku. Berbagai fitur tersedia di kamera ponsel. Anda pun bisa langsung mengunggah foto ke sosial media. Namun kualitas kamera ponsel tidak sebaik kamera saku atau bahkan SLR, kamera ponsel papan atas sekalipun tidak bisa memiliki kualitas yang baik.

Selain kamera ponsel, anda juga bisa menggunakan kamera saku. Lensa pada kamera saku tidak bisa dicopot dan diganti seperti kamera SLR. Walau memiliki nama kamera saku, tidak semua kamera saku bisa dimasuki ke dalam kantong karena ada beberapa kamera yang memiliki ukuran besar seperti SLR. Kelebihan kamera saku adalah bentuknya dan penggunaannya yang sederhana karena tidak perlu ganti – ganti lensa. Selain itu harga kamera saku lebih murah. Namun kualitas dari kamera saku masih kalah dari SLR atau kamera mirrorless. Walau begitu, sekarang ini banyak kamera saku yang baru dan memiliki fitur hampir mirip SLR atau bahkan ada yang melebihi SLR dengan harga yang fantastis tentunya. Harga kamera saku mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Kamera saku ini sangat cocok bagi anda yang tidak mau ribet untuk mengganti ganti lensa dan ingin membawa yang ringan ringan saja. Jika ingin memiliki hasil yang bagus, pakailah kamera saku dengan harga kisaran 8-9 juta rupiah.

Selanjutnya ada kamera yang sedang populer akhir akhir ini, kamera SLR atau Single Lens Reflex. Sebelum sepopuler sekarang ini dan banyak digunakan oleh orang awam, kamera SLR hanya digunakan oleh fotografer. Kelebihan kamera ini adalah lensanya yang bisa ditukar dan setting manual yang lengkap. Sensor kamera ini lebih besar dari kamera saku. Kualitas gambar yang dihasilkan pun lebih bagus. Namun kamera SLR memiliki kekurangan. Salah satunya sangat terlihat dari mata kita yaitu bodinya yang besar dan lebih berat. Kamera ini berharga lebih mahal dari kamera lainnya, apalagi jika dibeli sepaket dengan lensa yang berkelas pula. Untuk mengoperasikan SLR, diperlukan juga keahlian tertentu walaupun saat ini kamera SLR bisa dipakai otomatis. Kamera SLR memiliki harga sekitar 4 juta sampai 60 juta, biasanya sudah sepaket dengan lensanya. Jika anda ingin memakai lensa yang lain, lensa kamera SLR bisa dibeli secara terpisah dengan kisaran harga ratuusan ribu hingga ratusan juta rupiah. Kamera ini cocok untuk orang yang benar benar hobi fotografi.

Ada pula kamera yang baru baru ini muncul, kamera mirorrless. Lensa dari kamera ini bisa diganti – ganti mirip seperti SLR namun ukurannya lebih kecil dan tentu saja lebih ringan. Kekurangan dari kamera ini adalah pilihan lensa bawaan dari kamera masih sedikit daripada kamera SLR. Lensa pada kamera ini tidak bisa diganti dan ditukar oleh lensa pada kamera SLR. Harga kamera ini lebih murah daripada kamera SLR, anda bisa membeli kamera mirorrless dengan harga kisaran 4 juta sampai 20 juta lebih. Kamera ini lebih terlihat seperti perpaduan kamera saku dan kamera SLR.

Nah, bagaimana dengan pilihan anda? Sudahkah anda menentukan kamera mana yang akan anda bawa?

Leave a Reply