Home >> Wisata >> Info dan Tips >> 6 Lokasi Wisata Sekitar Jakarta yang Wajib anda Nikmati
Kebun Raya Bogor Terbaru

6 Lokasi Wisata Sekitar Jakarta yang Wajib anda Nikmati

Kota Bogor adalah sebuah kota yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Jarak antar kedua kota ini hanya 50 km saja dan bisa ditempuh dalam waktu satu jam saja. Karena dekatnya jarak ini, tidak sedikit penduduk Jakarta yang menghabiskan akhir pekan atau hari liburnya di Bogor. Kota yang terkenal dengan julukan kota Hujan ini memiliki suhu udara yang berbeda dari Jakarta dan bisa dibilang sangat sejuk karena selalu lembab. Hal itulah yang dicari oleh warga Jakarta. Berikut ini kami berikan daftar tempat wisata di kota hujan yang mungkin bisa anda coba kunjungi di hari libur:

  1. Kebun Raya Bogor

Siapa yang tak tahu Kebun Raya Bogor, tempat rekreasi keluarga yang satu ini adalah ikon kota Bogor. Kebun ini merupakan kebun botani dengan luas lebih dari 85 hektar dan memiliki lebih dari 15.000 jenis tumbuhan. Tempat ini sangatlah teduh karena dipenuhi dengan pepohonan besar yang menjulang tinggi keatas dan memiliki daun yang rindang, sehingga banyak orang datang kesini untuk berpiknik bersama keluarga pada hari libur. Selain tanaman, pengunjung juga bisa melihat koleksi museum Zoologi, Rusa yang berkeliaran bebas dan juga Istana Bogor yang terdapat di dalam Kebun Raya Bogor. Saran dari kami, janganlah berkunjung ke tempat ini di musim hujan. Bogor memang terkenal sebagai kota hujan, namun pada musim hujan Bogor bisa mengalami hujan setiap hari dan intensitasnya pun lebih deras dari kota lain yang ada di Indonesia. Lebih baik datanglah di bulan Juli sampai Agustus, dimana intensitas hujan di kota Bogor sangat rendah. Jika anda ingin masuk ke dalam Istana Bogor, lebih baik datang saat ulang tahun kota Bogor karena Istana Bogor pasti mengadakan open house dan dibuka untuk umum. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor adalah Rp 14000 per orang.

Kebun Raya Bogor Terbaru
Kebun Raya Bogor Terbaru
  1. The Jungle Water Park.

Taman bermain air yang sudah terkenal ini berada di dalam perumahan elit yang bernama Bogor Nirwana Residence. Wahana wisata air ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Selain kolam renang dan wahana bermain air lainnya, Jungle Water Park juga memiliki fasilitas sinema 4D, taman burung, wahana rumah hantu dan akuarium raksasa. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga. Anda tidak akan bosan bermain sampai lupa waktu. Harga tiket masuk Jungle Water Park ini adalah Rp 80.000 per orangnya.

The Jungle Water Park
The Jungle Water Park
  1. Danau Situ Gede.

Ini adalah sebuah danau besar yang terletak di Kota Bogor dengan luas 6 hektar dan dikelilingi oleh sebuah hutan lindung. Di tempat ini, anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan danau dan hutan saja, namun juga bisa mencoba wahana bermain air seperti perahu yang disewakan untuk mengelilingi danau. Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat memancing sekaligus berpiknik. Jika bosan, anda bisa berjalan jalan di hutan lindung yang ada di sekeliling danau. Di dalam hutan itu juga terdapat penangkaran rusa rusa yang juga dilindungi. Untuk bisa menikmati keindahan alam di tempat ini anda tidak perlu membayar biaya apapun dan hanya membayar biaya parkir kendaraan saja.

Danau Situ Gede
Danau Situ Gede
  1. Marcopolo Water Adventure

Selain The Jungle Waterpark, Bogor juga memiliki lokasi wahana bermain air yang lain yaitu Marcopolo Water Adventure. Taman bermain ini masih terletak di Bogor, tepatnya di Perumahan Bukit Cimanggu City. Marcopolo Water Adventure memiliki kolam renang yang lengkap seperti water boom, kolam renang anak, kolam renang bayi, kolam renang dewasa, kolam arus dan masih banyak lagi. Selain berendang, anda juga dapat bermain flying fox, sepeda air, memancing, makan di foodcourt, bermain futsal, biilliard atau bahkan ngegym. Harga tiket masuk Marcopolo Water Adventure sekitar Rp 55.000.

Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari
  1. Taman Wisata Mekarsari

Tempat wisata yang satu ini memang sedang naik daun. Berlokasi di Bogor, Taman Wisata Mekarsari ini juga sering disebut sebagai Taman Buah Mekarsari. Setelah sempat ditutup untuk direnovasi, kini Taman Mekarsari sudah dibuka lagi dengan fasilitas yang makin lengkap. Di tempat ini anda bisa melihat hamparan kebun buah di atas lahan seluas 264 hektar. Anda juga bisa memanen buah buahan yang ada disini dan membawanya pulang. Selain taman buah, disini juga terdapat wahana water kingdom yang merupakan wahana wisata air terbesar di Asia.

Taman Wisata Mekarsari
Taman Wisata Mekarsari
  1. Taman Matahari

Taman Matahari adalah sebuah tempat wisata untuk keluarga yang berada di Puncak, Bogor. Letaknya tidak jauh dari taman Safari. Malah Taman Matahari berlokasi lebih dekat dari Jakarta maupun Bogor karena letaknya berada sebelum taman Safari. Taman Matahari ini memiliki banyak wahana permainan yang bisa dimainkan oleh anak segala umur maupun oleh seluruh anggota keluarga. Walau taman bermain ini outdoor, anda tidak akan merasa kepanasan karena tempat ini berlokasi di daerah pegunungan yang bersuhu sejuk. Untuk mengelilingi taman Matahari yang lumayan luas, anda tidak usah takut kelelahan karena ada bis keliling yang berbentuk binatang atau tokoh kartun yang bisa mengantar anda berkeliling. Selain taman bermain, di dalam sini anda juga dapat menemukan taman burung, beberapa restoran dan juga outbond.

Taman Matahari
Taman Matahari

Itulah beberapa lokasi wisata yang ada di kota Bogor. Semoga dapat memberikan anda referensi lokasi liburan bagi anda. Kami akan segera mengupdate lokasi terbaru di kota hujan ini. Selamat berlibur!

Leave a Reply