Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> 7 Cara Cegah Sembelit
Ilustrasi Sembelit – Gambar flexmedia.co.id

7 Cara Cegah Sembelit

Sembelit atau dalam bahasa orang pintar konstipasi, adalah penyakit yang menyebabkan feses kita mengeras secara berlebihan sehingga sulit untuk melakukan defekasi. Intinya, dalam bahasa yang sederhana, kita mengalami susah buang ari besar. Tentunya penyakit ini memiliki sebab-sebab tertentu yang bisa kita hindari.

Ada beberapa cara untuk mencegah penyakit sembelit. Mau tahu apa saja? Simak ulasan berikut!

  1. Pola makan seimbang

Makanlah makanan yang kaya serat dan cairan. Dengan mencukupi kebutuhan buah dan sayur, terutama buah yang dikonsumsi beserta kulitnya dan sayuran berkuah, percernaan kita bekerja semakin lancar. Contohnya adalah makanan seperti agar-agar atau rumput laut, serealia (havermut, biji jagung, gandum). Semakin banyak kita mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, maka buang air besar pun akan semakin lancar. Terlalu banyak makan buah dan sayur, terlalu banyak juga kita buang air. Ini disebut mencret.

  1. Kurangi makanan yang kandungan lemak dan gulanya tinggi

Makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi seperti junk food dan soft drink akan mendorong terjadinya sembelit. Terlebih jika kita mengurangi konsumsi makanan yang berserat. Makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi menyebabkan penyerapan air yang lebih tinggi saat mencerna makanan.

  1. Buang air teratur

Dengan membiasakan buang air secara teratur, kita akan terhindar dari sembelit. Namun kita tidak perlu memaksakan diri untuk buang air besar apabila memang tidak ingin. Sesuatu yang dipaksakan tidak akan indah hasilnya. Setiap orang berbeda-beda, kita tidak perlu berusaha mengikuti siklus pencernaan orang lain. Jika siklus kita memang 1 hari sekali, kita tidak perlu memaksakan mengikuti siklus teman kita yang BAB 10 kali sehari. Karena itu artinya dia mencret.

  1. Jangan ditahan

Jangan suka menahan buang air besar. Meskipun kita sedang di rumah teman, di kampus, di kantor, ataupun di taman bermain dan sedang antri wahana, segeralah menuju kamar mandi jika perut mulai terasa mulas. Oleh karena itu, bawalah sabun ke mana pun kita pergi. Sedia payung sebelum hujan. Sedia sabun sebelum mengejan.

  1. Olahraga teratur

Berolahraga dengan teratur membuat tubuh kita secara keseluruhan menjadi lebih sehat. Semua sistem akan bekerja dengan baik. Tak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti jalan kaki (jogging) juga bisa dilakukan. Lakukanlah olahraga ringan selama minimal 10-15 menit.

  1. Minum cukup

Kekurangan konsumsi air atau dalam bahasa yang keren disebut dehidrasi, juga bisa menyebabkan sembelit. Oleh karena itu, minum air yang cukup juga amat penting untuk mencegah sembelit. Tak perlu berlebihan, cukup minum 8 gelas dalam satu hari. Hindari minum air terlalu banyak pula. Jika sampai 20 gelas sehari, kita bisa kembung.

  1. Hidup senang dan bahagia

Gangguan emosional seperti stress dapat menyebabkan sembelit. Maka, nikmatilah setiap detik dalam hidup kita. Berjuanglah dengan sungguh-sungguh dan syukuri setiap momen yang dapat kita lalui. Cegah sembelit dengan senyuman!

Mudah-mudahan kita semua dapat terhindar dari sembelit. Walaupun terdengar lucu dan sederhana, sebenarnya risiko penyakit ini tidak kecil. Terlalu keras mengejan akibat sembelit bisa menyebabkan ambien. Terkadang sembelit memang berujung pada BAB berdarah. Bayangkan jika ini terjadi pada ibu hamil! Sungguh menakutkan. Jika sembelit terlanjur terjadi, tidak ada salahnya kita mengonsumsi laksatif atau obat pencahar. Semoga kita semua bisa hidup tentram dan aman dari sembelit. Amin.

Leave a Reply