Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Menghemat Biaya Makan dan Minum di Perjalanan
Dokumentasi Jalan Jalan Ke Wisata Agro Wonosari Malang

Tips Menghemat Biaya Makan dan Minum di Perjalanan

Hanya sedikit orang yang bisa disiplin untuk berhemat. Menghemat uang adalah hal yang tidak mudah, apalagi jika berhemat sembari berjalan jalan. Jika anda sedang berpergian ke negara orang, maka berhemat merupakan hal yang sangat penting. Kalau tidak pintar mengatur uang maka bisa bisa kita kehabisan uang di negara orang. Sebagai wisatawan, kita bisa menghemat biaya selama berplesiran dengan cara apa saja. Mulai dari menghemat hal yang paling kecil sekalipun seperti membeli tiket yang promo saja, memesan penginapan yang murah sampai menghemat anggaran untuk makan dan minum.

Hemat biaya makan dan minum selama berjalan jalan memang terdengar agak ekstrim dan terkesan pelit, namun tak banyak orang yang tahu bahwa menghemat biaya makan dan minum bisa menghasilkan sisa anggaran yang lumayan besar. Berikut ini kami akan berikan beberapa cara untuk menghemat biaya makan dan minum selama sedang berjalan jalan.

  • Makanlah dengan cangkupan gizi yang cukup bagi tubuh. Makanan yang bergizi tidak selalu mahal. Sesuaikanlah harga makanan dengan uang yang ada di dompet anda. Usahakanlah memilih makanan yang mengandung gizi yang baik. Jangan asal memilih makanan yan penting enak dan mengenyangkan saja.
  • Walau sudah menyiapkan anggaran untuk makan selama di perjalanan, anda harus tetap berdisiplin agar pengeluaran tidak melebihi uang yang sudah dianggarkan. Jangan sampai anda boros.
  • Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya anda mengisi perut dulu dengan makan. lebih baik lagi jika membawa bekal untuk dibawa saat perjalanan ke bandara.
  • Jika menaikki pesawat yang murah, tidak perlu membeli makanan atau minuman yang dijual di dalam pesawat karena harganya bisa mencapai dua kali lipat dengan yang dijual di luar. Malah bisa dipakai untuk membeli makanan berat saat sudah sampai di tempat tujuan. Namun jika disediakan makanan dalam kabin pesawat secara gratis maka habiskanlah dan jangan menyisakan makanan sedikit pun.
  • Usahakanlah untuk menginap di tempat penginapan yang menyediakan sarapan pagi gratis. Walau menyediakan jasa penginapan dengan harga miring, beberapa dari tempat penginapan juga menyediakan roti dan selai juga kopi dan teh secara gratis. Biasanya sarapan bisa dipersiapkan sendiri atau self service. Jika masih ada sisa, tak ada salahnya untuk membawa roti atau air untuk dibawa selama perjalanan sebagai bekal untuk makan siang atau cemilan di jalan.
  • Jika anda berada di negara dengan biaya hidup yang tinggi, makanan cepat saji atau junk food adalah salah satu pilihan tempat makan yang tepat karena harganya paling ekonomis. Belilah makanan yang memang sedang promo dan jangan menambah apapun karena bisa jadi itu akan dimasukkan ke struk anda. Jika memang cukup dengan isi perut, belilah paket untuk anak anak.
  • Jika memang kuat, lewatkanlah makan siang dan makan makanan yang disiapkan dari penginapan saja saat sudah pulang ke penginapan nantinya. Sebagai pengganjal perut, bawalah cemilan dari dalam ransel atau makanlah di rumah makan lokal dengan harga yang murah.
  • Jangan lupa untuk selalu membawa botol minum yang bisa diisi ulang. Di beberapa negara air keran cukup aman untuk bisa langsung di minum. Salah satunya, jika anda pergi ke Singapura. Disana anda bisa langsung mengisi ulang dari air keran. Hindari minuman ringan bersoda atau minuman beralkohol yang tidak diperlukan.
  • Jangan pernah lapar mata jika melihat jajanan yang berjejer diluar. Anda boleh saja jajan makanan yang jenisnya tidak ada di negara sendiri, untuk sekedar mencoba saja. Jika anda memang sedang dalam perjalanan wisata kuliner maka silahkan jajan sepuasnya. Jika anda pergi bersama teman, tak ada salahnya untuk kongsi, hanya beli satu untuk berdua agar lebih hemat. Makanlah jika anda memang sudah merasa lapar, jangan sampai kelaparan dan jatuh sakit.
  • Selektiflah dalam memilih menu makanan. Jangan memesan daging, ikan dan ayam karena sudah pasti harganya lebih mahal dibandingkan sayuran. Jadi hindarilah makanan dengan bahan utama daging. Jadilah vegetarian selama berplesiran agar bisa menghemat biaya makan. dengan lebih selektif memilih makanan maka anda akan bisa menghemat biaya makan lebih banyak lagi.
  • Belilah makanan segar pada malam hari menjelang toko ditutup, karena beberapa toko swalayan biasanya memberikan diskon. Pergunakanlah kesempatan ini untuk membeli makanan yang bisa bertahan hingga jam makan siang keesokan harinya seperti roti dan kue.

Jika anda berhasil menghemat pengeluaran anggaran makan dan minum maka uang yang sudah anda berhasil kumpulkan selama liburan bisa dibelikan sesuatu yang anda mau atau bahkan bisa ditabung lagi sebagai modal tabungan untuk liburan berikutnya.

Leave a Reply