Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah (bagian 1)
Tiket Pesawat Murah

Tips Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah (bagian 1)

Akhir akhir ini berwisata sudah menjadi salah satu bentuk gaya hidup dari orang Indonesia, bahkan bisa dibilang sedang ngetrennya jalan jalan. Entah itu berlibur dengan tujuan di dalam negeri maupun luar negeri. Baik itu beriwsata ala backpackeran atau ala koper. Bisa jadi berwisata bukan lagi sekedar refreshing semata, namun sudah menjadi hobi seseorang.

Intensitas untuk berlibur dari seseorang pun lain dengan yang lain. Ada orang yang berlibur setahun sekali atau bahkan jika orang itu memiliki uang lebih, maka ia bisa berlibur paling tidak sebulan sekali. Namun ada pula orang dengan uang pas – pasan nekat pergi berlibur. Malah terkadang eksis sekali pergi kemana – mana atau bahkan sampai keluar negeri.

Pernahkah ada pertanyaan dalam benak anda bagaimana seseorang dapat berplesiran terus menerus? Padahal biaya yang dibutuhkan untuk jalan jalan, apalagi liburan ke luar negeri sangatlah tinggi. Rahasia dari semua itu adalah mereka tahu tentang caranya mendapatkan tiket pesawat yang murah.

Tiket pesawat adalah salah satu hal yang sangat penting bagi orang yang ingin pergi liburan. Tiket juga menjadi salah satu kendala terbesar apalagi kalau pergi menggunakan moda transportasi pesawat, karena biaya perjalanan menggunakan pesawat terbang sangatlah tinggi. Tiket pesawat bisa mencapai sekitar 50 persen dari total seluruh biaya perjalanan anda. Tak banyak orang yang percaya bahwa ongkos perjalanan liburan lebih besar, tapi jika sudah dihitung maka akan terbukti jika biaya transportasi bisa mencapai sampai 50 persen dari total pengeluaran.

Contohnya saja, misalkan anda bertempat tinggal di Jakarta dan ingin pergi berlibur ke Jogja selama 6 hari 5 malam bersama pasangan anda saja. Rata rata harga tiket pesawat dari Jakarta ke Jogja hampir mencapai Rp 500.000 per orang, maka dengan harga sekitar itu anda peru menyiapkan uang Rp 1.000.000 untuk pergi ke Jogja saja. Lalu jangan lupa juga untuk menghitung tiket pulangnya. Jika harga tiket balik ke Jakarta sama dengan harga berangkat ke Jogja. Maka anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp. 2.000.000 untuk membeli dua buah tiket pulang pergi Jakarta – Jogja. Harga tersebut masih belum termasuk pajak bandara yang biasanya sebesar Rp. 40.000 per orang untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk penerbangan internasional Rp 150.000 per orang.

Lalu biaya kedua yang harus dikeluarkan adalah biaya hotel. Jika anda hanya pergi berdua danhanya mengambil sebuah kamar dengan harga per kamar adalah Rp 250.000 per malam. Dengan begitu, anda akan menghabiskan Rp 1.250.000 untuk 5 malam. Biasanya biaya ini sudah termasuk makan pagi. Untuk makan siang, makan malam dan keperluan lainnya bisa anda anggarkan sekitar Rp 2.000.000. Maka jika dibuat daftar rincian biaya perjalanan anda kurang lebih akan menjadi :

  • Tiket pesawat Rp. 2.000.000
  • Hotel Rp 1.250.000
  • Lain lain Rp 2.000.000
  • Sehingga, totalnya adalah Rp 5.250.000

Dari contoh perhitungan tersebut, maka bisa dilihat bahwa tiket pesawat memakan biaya hampir 50 persen dari total biaya perjalanan. Padahal biaya tersebut hanya untuk liburan di dalam negeri, belum lagi diluar negeri. Untuk mengurangi biaya akomodasi yang besar, anda perlu mengetahui tips dan cara agar bisa mendapatkan tiket pesawat yang murah.

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah, cara paling umumnya adalah memesan tiket dari jauh jauh hari sebelum hari keberangkatan. Jika anda memesan tiket pesawat sehari sebelum tanggal keberangkatan, maka tentu saja kemungkinan besar tiket yang murah sudah habis terjual dan biasanya yang tersisa itu hanya tiket tiket yang mahal saja. Jangankan untuk sehari sebelum tanggal keberangkatan, biasanya tiket yang dipesan semminggu sebelum hari keberangkatan pun harganya sudah cukup mahal. Semua maskapai penerbangan pasti akan menaikan harga tiket apabila sudah hampir mendekati tanggal keberangkatannya.

Saat mencari tiket, jangan lupa untuk melihat harga tiketnya. Harga tiket pesawat terus berubah dalam waktu yang sangat singkat. Oleh karena itu anda harus bersabar dan sering seringlah mengecek harga tiket yang anda inginkan.Hal tersebut dikarenakan harga tiket pesawat berubah tidak dalam hitungan hari melainkan dalam hitungan jam. Dan untuk mendapatkan tiket pesawat murah tidaklah cepat dan sangat membutuhkan kesabaran.

Ceklah tiket anda, apakah ada keharusan untuk transit dalam perjalanan atau tidak. Apabila anda berpergian dengan santai, mungkin tidak ada salahnya jika mendapat waktu transit yang lama. penerbangan yang murah biasanya punya waktu transit yang cukup lama. Biasanya jika anda memilii tujuan liburan yang jauh, maka anda akan mendapatkan pesawat yang mengharuskan anda untuk transit.

Anda bisa mencari dua buah rute penerbangan untuk mencapai tempat tujuan anda. Misalkan anda ingin pergi ke Denmark dari Jakarta. Selain mencari rute penerbangan Jakarta – Denmark, anda juga bisa mencoba rute transit, misalnya Jakarta – Thailand, baru kemudian Thailand – Abu Dhabi, lanjut ke Manchester lalu ke Demnark. Siapa tahu anda menemukan kombinasi tiket pesawat yang lebih murah. Selain itu anda juga bisa melihat lihat negara lain selama perjalanan.

Pilihan keberangkatan dari bandara pun bisa dipertimbangkan. Anda bisa mencoba menggunakan bandara lain yang tentu saja harganya akan berbeda. Bisa lebih mahal atau bisa jadi lebih murah. Misalnya anda berada di Bogor, anda bisa mencari penerbangan yang berangkat dari Tangerang, Jakarta atau Bandung.

Bila anda ingin mendapatkan tiket pesawat murah, anda bisa mencoba memilih hari dan waktu yang bukan waktu untuk berlibur. Harga tiket akan lebih mahal pada hari Jumat dan Minggu. Sedangkan di hari yang normal harga tiket lebih murah.

Nah itulah beberapa yang bisa kami sampaikan saat ini. Kami akan segera mengupdate tentang tips terbaru untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang murah di artikel berikutnya. Semoga hari anda menyenangkan!

Leave a Reply