Home >> Wisata >> Kuliner >> 3 Kuliner Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara
Rendang

3 Kuliner Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara

Sebagai orang Indonesia, tentu makanan yang menurut kita paling enak untuk disantap adalah kuliner kuliner nusantara. Ada begitu banyak macam macam kuliner nusantara yang berasal dari seluruh derah di Indonesia. Kekayaan alam yang melimpah membuat kita memiliki berbagai jenis rempah rempah rempah. Dengan rempah yang begitu bermacam macam, masakan Indonesia pun menjadi unik karena memiliki cita rasa yang begitu tinggi dan menjadikannya sebagai ciri tersendiri bagi orang yang memakannya. Rempah rempah yang tumbuh di negara kita ini berbeda dari negara lain, bahkan ada pula yang hanya tumbuh di Indonesia saja. Jika ada masakan Indonesia yang dijual di luar negeri pun terkadang rasanya sangatlah berbeda dari yang dibuat di negara sendiri karena keterbatasan rempah – rempah yang ada disana. Sehingga beberapa pengusaha rumah makan yang menjual makanan khas Indonesia pun harus mengimpor bahan bahan untuk membuat makanan khas Indonesia langsung dari negeri asalnya.

Rasa yang kaya akan rempah rempah tersebut ternyata membuat kuliner nusantara Indonesia juga sangat populer di luar negeri. Menariknya lagi, banyak orang asing yang begitu menyukai kuliner kuliner asli Indonesia. Sehingga terkadang menjadi tidak mengherankan jika ada restoran di luar negeri yang dibangun khusus untuk menjual beberapa kuliner Indonesia. Berikut ini adalah beberapa kuliner Indonesia yang sudah mendunia dan sangat populer di kalangan warga asing, atau bahkan bisa anda temui restoran yang khusus menjual makanan ini di luar negeri:

  1. Sate

Siapa yang tak tahu sate? sate adalah hidangan asli Indonesia yang sangat unik. Terbuat dari daging ayam, sapi atau kambing yang dipotong potong menjadi kecil dan ditusuk mengggunakan tusuk sate kemudian dibakar di atas bara api. Tusuk sate yang digunakan bisa berupa bambu yang dipotong memanjang lalu diruncingkan pada salah satu ujung tusuknya atau juga bisa berasal dari lidi tulang daun kelapa. Hidangan yang satu ini akan lebih nikmat jika disantap dengan ketupat atau pun lontong. Rasa sate terasa begitu nikmat dengan taburan saus kacang asli Indonesia atau saus kecap. Namun bagi anda yang tidak suka bumbu kacang, anda bisa menggantinya dengan saus kecap.

Sate
Sate
  1. Nasi Goreng

Nasi goreng juga disebut sebut sebagai makanan rakyat karena anda dapat menjumpai kios kios nasi goreng di mana saja, bahkan di pinggir jalan saat sore hari. Harga seporsi nasi goreng pun relatif murah, kecuali anda membeli nasi goreng di resto resto yang mewah. Di tahun 2011, nasi goreng mendapatkan peringkat kedua sebagai makanan terlezat di dunia setelah masakan rendang padang. Kita harus bangga dengan makanan buatan sendiri, karena peringkat teratas pertama dan kedua diduduki oleh kuliner asli Indonesia.

Sebenarnya nasi goreng adalah makanan yang cukup simple untuk dibuat. Bumbunya pun tidak sebanyak masakan rendang. Bahan utamanya berupa nasi yang digoreng di atas sedikit minyak atau margarin yang sudah dipanaskan. Nasi kemudian diberi bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kecap manis, saus, merica dan cabe halus bagi pecinta pedas. Suwir ayam menjadi bahan pelengkap nasi goreng. Nasi goreng juga bisa ditambahkan dengan udang goreng, telur mata sapi, suwiran telor dadar dan sebagai pelengkap yang harus ada adalah kerupuk udang. Dan jangan lupa untuk menampahkan pula irisan tomat dan mentimun serta sedikit sayuran hijau di atasnya sebagai garnish.

Nasi Goreng
Nasi Goreng
  1. Rendang

Masakan Indonesia yang terkenal di luar negeri berikutnya adalah Rendang. Masakan ini merupakan makanan khas Padang. Rendang pernah mendapat julukan sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Yang membuat rendang menjadi sangat enak adalah bumbu yang sangat banyak dan kental melekat pada daging sapi. Lidah pasti akan dimanjakan saat menyantap kuliner khas dari Padang ini. Bahan utamanya berupa dagung sapi yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah rempah. Proses memasaknya sangatlah lama bahkan hingga berjam jam. Rendang juga dikenal sebagai masakan yang paling tahan lama. hal itu dikarenakan proses untuk memasaknya pun juga sangat lama. Yang pasti rendang tidak akan basi hingga 2 sampai 3 minggu lamanya walaupun tidak menggunakan bahan pengawet makanan sama sekali.

Rendang
Rendang

Leave a Reply