Home >> Wisata >> Kuliner >> Wisata Kuliner Bali
Nasi Ayam ibu Oki

Wisata Kuliner Bali

Siapa yang tak tahu Bali? Sebuah pulau yang telah mendunia dan sering dijuluki surganya wisata ataupun pulaunya para Dewa karena keindahan alamnya yang begitu mempesona. Terdapat banyak objek wisata yang sangat menarik dan patut dikunjungi disana. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata belanja, bahkan wisata kuliner. Spot – spot wisata pun sudah tersebar di seluruh pulau dewata ini. Kali ini kami akan membahas beberapa makanan khas dari pulau Bali yang mungkin bisa anda coba saat berwisata kuliner disini. Beberapa makanan khas Bali ini juga turut mendunia, sehingga banyak wisatawan yang berkomentar belum ke Bali jika belum makan kuliner khas Bali. Berikut ini ada lima kuliner Bali yang sudah terkenal dan wajib anda cicipi:

  1. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah salah satu makanan Bali yang sudah mendunia. Beberapa hotel internasional memasukkan makanan khas Bali ini kedalam menunya. Ayam Betutu terbuat dari ayam yang diolah dengan bumbu rempah Bali yang khas. Bumbu tersebut terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, jahe, lada hitam dan minyak kelapa. Dilihat dari bumbu yang dipakai memang rasanya tidak diragukan lagi kalau ayam betutu merupakan makanan yang kaya akan rasa rempah – rempah. Ayam betutu dibungkus dengan daun pisang dan diungkep dalam waktu yang lama. Yang unik dari ayam ini adalah masih dimasak di dalam tungku tradisional. Hal ini dilakukan agar bisa menghasilkan cita rasa dan aroma yang sangat gurih. Salah satu rumah makan ayam betutu di Bali adalah Rumah Makan Ayam Betutu Men Tempeh yang sudah ada sejak tahun 1976. Tempat makan ini berlokasi di terminal lama pelabuhan Gilimanuk.

Ayam Betutu
Ayam Betutu
  1. Rujak Bali

Cemilan paling pas untuk disantap pada siang hari yang panas adalah rujak. Bali juga memiliki rujak khas sendiri yaitu rujak bali. Di Bali terdapat warung rujak yang bisa anda kunjungi yaitu Warung Rujak Singaraja yang berada di seberang pertokoan Udayana Denpasar. Warung ini berada di sebelah Siobak Singaraja. Disini berbagai macam rujak dijual, mulai dari rujak rumput laut atau lebih terkenal dengan sebutan rujak bulung, rujak cukam rujak gula sampai rujak kuah pindang yang memiliki aroma kuah yang sangat menyengat di hidung.

Rujak Bali
Rujak Bali
  1. Sate Lilit Ikan Tenggiri di Pasar Sukawati

Salah satu makanan asli khas Bali yang sudah mendunia adalah sate lilit. Sate ini berbahan utama sama seperti sate pada umumnya. Ada yang terbuat dari sate ayam, sapi, ikan tuna atau babi, namun dililit dan dibuat menjadi sate lilit. Yang membedakan sate ini dengan yang lainnya selain dililit, sate ini pun ditusuk di pelepah batang kelapa dan bukan memakai bambu seperti sate pada umumnya. Jika anda sedang berkunjung atau berbelanja di Pasar Sukawatai Gianyar Bali untuk memborong oleh – oleh, baiknya sekalian mencicipi sate ikan tenggiri kedai Pak Komang yang letaknya sangat dekat di perempatan sebelum Pasar Seni Sukawati. Di daerah itu anda akan mendapati sebuah kedai dengan spanduk bernama “Sate Ikan Pak Nyoman”. Sate lilit disini dibuat dari ikan tenggiri. Berbeda dengan ikan tuna, sate lilit yang terbuat dari ikan tenggiri lebih gurih dan tidak amis. Di kedai ini juga terdapat sambal kuah kunyit yang sangat istimewa untuk melengkapi sate lilit ikan tenggiri. Biasanya sate lilit dimakan bersama ketupat ataupun nasi tela (nasi yang terbuat dari singkong)

Sate Lilit Ikan Tenggiri di Pasar Sukawati Dan Kangkung
Sate Lilit Ikan Tenggiri di Pasar Sukawati Dan Kangkung
  1. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo awal mulanya dijual di jalan Gajah Mada, Denpasar, Bali. Di daerah tersebut terdapat Pasar Kumbasari, tadinya nasi ini sering dimakan sebagai pengganjal perut para pedagang di pasar Kumbasari. Nasi Jinggo bisa dibilang adalah nasi kucing ala Bali. Isi di dalam nasi Jinggo terdiri dari ayam yang disuwir – suwir, kacang menthik, tempe manis atau tempe bacem, telur dadar, sedikit mi goreng, serundeng atau di Bali disebut dengan saur dan sambal pedasnya. Harga seporsi nasi Jinggo sangatlah murah. Hanya sekitar 3000 sampai 6000 rupiah saja. Jika anda sedang berwisata ke Bali dan kebetulan berada di sekitar daerah Nusa Dua, janganlah lupa untuk mencoba Nasi Jinggo Wikowi yang berada di dekat lampu merah atau gerbang kawasan BTDC.

Nasi Jinggo
Nasi Jinggo
  1. Nasi Ayam ibu Oki

Nasi ini sebenarnya adalah nasi campur Bali yang juga merupakan salah satu makanan khas dari pulau dewata. Nasi Ayam ibu Oki berada di Jalan Uluwatu dekat dari Nirmala Supermarket yang ada di Jimbaran. Nasi ini sangatlah gurih dan tidaklah sepedas nasi campur Bali di tempat lainnya. Sangat cocok untuk anda yang tidak bisa makan makanan yang pedas – pedas. Cara penyajian nasi campur ini pun masih tradisional. Selain nasi ayam ibu Oki, anda juga bisa mencari nasi ayam Kedewatan, nasi ayam Wardani di Denpasar, nasi campur Satria atau Babi Guling ibu Oka di daerah Ubud.

Nasi Ayam ibu Oki
Nasi Ayam ibu Oki

Leave a Reply