Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Sembelit? Yuk kita lawan
Sembelit

Sembelit? Yuk kita lawan

Mau buang air besar tapi susah? Kayanya ‘hajat’ susah banget keluar? Wah hati-hati nih, bisa jadi kita terserang sembelit. Sembelit atau konstipasi merupakan penyakit dimana seseorang mengalami susah buang air besar. Wanita diperkirakan lebih rentan terkena sembelit, terutama bagi ibu hamil. Biasanya nih gejalanya muncul seperti sakit kepala, insomnia, sampai kehilangan nafsu makan. Gejala ini bisa berkelanjutan, ditandai dengan BAB (feses) yang berdarah saat kita mengejan. Apabila feses ini terus tertahan dan susah dikeluarkan, bisa timbul masalah ambeien.

Nah, bagaimana cara mengatasi sembelit? Cukup ikuti metode praktis ini ya

Air, air dan air!

Ayo perbanyak minum air. Sembelit bisa muncul karena dehidrasi atau tubuh kekurangan air. Dengan minum air secara teratur, cairan dalam tubuh akan seimbang dan sembelit pun hilang.

Santap buah dan serat alami

Buah dan sayur jelas memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk penderita sembelit. Serat diperlukan untuk melancarkan pengeluaran feses dari usus kita. Pepaya, pir, alpukat, dan kismis mengandung serat dalam jumlah tinggi. Ngga suka makan buah? Tenang saja, jus buah dan sayur pun berkhasiat melawan sembelit asal dibuat tanpa banyak bahan tambahan.

Jangan makan ini!

Ada pantangan nih buat penderita sembelit, makanan tertentu ternyata disinyalir dapat menjadi penyebab penyakit satu ini. Makanan bersifat kering seperti kacang dan keripik, serta makanan instan perlu dihindari. Satu lagi nih, ngemil! Kebiasaan satu ini perlu dikurangi agar tidak terjadi penumpukan dalam saluran pencernaan yang selanjutnya menimbulkan sakit perut berlanjut konstipasi.

Yuk bergerak!

Sehabis makan enaknya ngapain ya? Tidur? Wah jangan sampai ini jadi kebiasaan ya. Sebisa mungkin, 10 menit setelah makan tubuh kita kembali bergerak. Semakin tubuh aktif bergerak, gerakan dalam usus semakin sehat sehingga pencernaan tidak terhambat dan BAB pun lancar.

Dalam beberapa kasus, sembelit susah hilang dengan metode di atas. Solusinya ada pada obat laksatif. Laksatif, atau biasa disebut pencahar, adalah obat-obatan yang diminum untuk mengatasi sembelit dan memperlancar buang air besar. Untuk sembelit pada ibu hamil, laksatif dapat menjadi pilihan terakhir, dengan mengutamakan buah dan sayur sebagai media pengobatan.

Masih khawatir soal sembelit? Ayo kita jaga asupan makanan yang masuk ke tubuh kita setiap harinya. 4 sehat 5 sempurna sebenarnya memang penting lho, karena telah mengandung semua hal yang dibutuhkan tubuh termasuk serat. Konsumsi sayur dan buah setiap harinya bisa menjadi tindakan preventif agar penyakit sembelit jauh-jauh dari kita. So, tunggu apalagi, perhatikan serat dalam makananmu, jangan nunggu sampai sembelit datang ya

Leave a Reply