Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Penyebab Umum Sembelit
Penyebab-Umum-Sembelit

Penyebab Umum Sembelit

Sembelit atau konstipasi dalam bahasa kesehatan adalah kelainan pada sistem pencernaan dimana seseorang mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya apabila sudah akut.

Gejala sembelit biasanya diawali dengan sakit perut dan susah buang air besar (BAB). Bila tidak diatasi dengan benar, orang yang mengalami sembelit bisa mengeluarkan darah saat buang air besar (BAB). Sembelit menjadi lebih berisiko apabila dialami oleh wanita yang sedang mengandung. Refelks untuk mengejan saat buang air besar dapat membahayakan kandungan sehingga sembelit pada ibu hamil terhitung berbahaya.

Normalnya tinja di dalam usus didorong dengan kontraksi otot usus. Pada usus besar air dan garam diserap kembali karena penting bagi tubuh. Tetapi ketika usus besar menyerap terlalu banyak air, atau kontraksi otot usus besar lambat maka tinja akan menjadi keras dan kering sehingga pergerakan pada usus besar menjadi terlalu lambat.

Agar terhindar dari sembelit, ada baiknya kita memelajari sebab-sebab sembelit yang umum terjadi di kehidupan sehari-hari. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan sembelit dan biasanya dipengaruhi oleh pola hidup masing-masing orang.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Kurang bergerak dan olahraga bisa menyebabkan timbulnya konstipasi. Oleh karena itu, lakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari. Diabetes yang tidak dikendalikan juga bisa menyebab kerusakan saraf yang berpengaruh pada kemampuan tubuh mencerna makanan.

Makanan dan Minuman

Kurangnya cairan merupakan salah satu hal yang paling sering menyebabkan konstipasi karena cairan yang sedikit tersebut terserap oleh usus besar sehingga tinja menjadi keras. Minumlah air putih 8 gelas sehari untuk mengatasinya.

Kurangnya pola makan yang mengandung serat dan sering mengkonsumsi makanan berlemak seperti daging, telur, keju bisa membuat proses pencernaan menjadi lebih lambat. Karena itu perbanyaklah mengkonsumsi serat seperti sayuran dan buah-buahan.

Vitamin secara umum tidak akan menyebabkan konstipasi, tetapi hanya beberapa jenis komponen seperti kalsium dan zat besi bisa jadi pemicu.

Penyakit pada Saluran Pencernaan

            Sembelit bisa juga menjadi dampak dari gangguan di saluran pencernaan. Sindrom iritasi usus besar, diverticulosis (penyumbatan usus), anismus (otot yang digunakan untuk menggerakkan usus tidak berfungsi secara benar), ambien/wasir, dan lain-lain

Gangguan Hormonal

            Tidak aktifnya kelenjar tiroid (hipotiroidisme) akan memperlambat proses metabolik tubuh dan usus. Tidak semua penderita hipotiroid akan mengalami konstipasi namun biasanya dokter akan meminta pasien konstipasi kronik untuk mengecek kadar tiroidnya. Kehamilan juga dapat memenyebabkan konstipasi akibat perubahan hormon yang drastis.

Obat-obatan

            Terkadang sembelit juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat diare yang berlebihan. Selain itu, menurut penelitian banyak orang mengalami sembelit adalah orang yang menggunakan obat pereda nyeri dalam jangka panjang. Konstipasi juga terkait dengan antidepresan golongan serotonin reuptake inhibitir (SSRI), antikolinergik, antasid, psikotropika, kodein, dan obat tekanan darah tinggi.

Dengan mengetahui penyebab umum sembelit, semoga kita bisa mencegah diri sendiri dan orang-orang di sekeliling dari kesulitan buang air besar ini.

Leave a Reply