Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Tips Menjaga Kesehatan Mata
Tips menjaga mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu indera yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari – hari, mulai dari bekerja, makan, mandi, jalan – jalan dsb, bicara soal mata, saya punya tips menjaga kesehatan.

Karna menjaga kesehatan mata penting dilakukan untuk penglihatan yang selalu prima. Lebih baik lagi menjaga kesehatan mata dilakukan selagi usia muda ketika mata masih sehat untuk terus menjaga kesehatannya hingga usia lanjut. Disini saya akan menjelaskan tips menjaga mata kita dengan cara mengkonsumsi makanan – makanan yang mengandung zat – zat yang bagus untuk kesehatan mata.

  • Salmon, Tuna Dan Sarden

Tidak di pungkiri dan sudah terbukti bahwa minyak ikan yang berada dalam ikan sarden, ikan tuna dan ikan salmon memiliki kandungan asam omega 3 yang sangat bagus untuk tubuh. Selain itu minyak ikan tersebut bisa menjadi alternatif untuk mengurangi gejala pedih di mata. Ikan tuna, salmon dan sarden jika di konsumsi sangat kaya akan protein dan beberapa vitamin yang lain untuk kecerdasan otak. Gejala mata seperti mata kering, gatal ataupun mata memerah yang biasanya menggunakan tetes mata, bisa memanfaatkan minyak ikan tersebut untuk pengobatannya. Selain itu minyak ikan juga di percaya bisa membantu mengurasi resiko terserang penyakit katarak.

  • Sayuran Bewarna Merah, Hijau, dan Kuning

Dengan kita menyediakan 5 porsi sampai dengan 9 porsi sayuran setiap hari yang berwarna cerah, anda mendapat asupan antioksidan dengan jumlah yang sangat optimal bagi tubuh.Berarti ini baik dan bermanfaat untuk melindungi tubuh serta menambah daya tahan tubuh dari penyakakit kanker dan membuat mata jadi kuat serta sehat dengan mengurangi kerusakan yang di akibatkan oleh radikal bebas. Di usia lanjut sangat rentan terkena radikal bebas jika selama masih muda tidak menjaga pola makan. Bayam, kangkung, kacang kacangan, jagung , brokoli merupakan beberapa macam sayuran yang mengandung antioksidan yang cukup banyak karena di dalamnya terkantung lutein. Sehingga dengan menambah porsi sayuran kedalam menu makanan anda setiap hari membantu untuk menjaga mata untuk lebih sehat.

  • Wortel dan Bebagai Jenis Ubi

Kalau hidup di desa berbagai macam ubi mudah di cari bahkan tidak perlu beli. Wortel dan berbagai jenis ubi banyak mengandung vitamin A karotenoid yang cukup tinggi , betakaroten dan beberapa vitamin yang lain yang bisa membantu dan efektif untuk kesehatan mata. Mata kering , gatal gatal ataupun macam macam iritasi mata bisa di bantu dengan di obati vitamin A.Jenis sayuran ini juga dapat membantu melindungi kornea di mata yang penting untuk penglihatan. Selain itu sayuran ini juga dapat menjaga tulang untuk kuat dan sehat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A dalam wortel membuat membran pada permukaan mata dan kulit lebih kuat, sehingga mencegah infeksi bakteri dan virus.

  • Daging Sapi, Ayam, Hati, Keju dan Susu

Tidak hanya berasal dari sayur dan buah – buahan, vitamin A dan lutein juga bisa kita dapatkan dari hewan, antara lain daging sapi, ayam, hati, keju dan susu. Dengan mengombinasikan vitamin A dan lutein maka kesehatan penglihatan mata akan terjaga lebih lama.

Semoga bermanfaat untuk Sobat semua

Leave a Reply