Home >> Wisata >> Info dan Tips >> 24 Tempat Wisata Singapura Yang Sering Di Kunjungi Wisatawan
Tempat Wisata Singapura

24 Tempat Wisata Singapura Yang Sering Di Kunjungi Wisatawan

Singapura merupakan negara tetangga yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan yang berasal dari Indonesia karena lokasinya paling dekat dari negara ini. selain letaknya yang sangat dekat, biaya yang harus dikeluarkan saat mengunjungi negara tetangga tersebut cukup terjangkau walaupun biaya hidup di Singapura memang paling tinggi sedunia. Jika dibandingkan dengan luasnya Indonesia, Singapura memang sangat kecil karena luasnya tidak sampai sebesar Jakarta. Walaupun kecil, Singapura banyak memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan. Apa saja lokasi wisata yang menarik dikunjungi di Singapura?

Berikut ini kami merangkum daftar lokasi wisata yang bisa anda datangi.

  • Merlion Park

Siapa tidak tahu patung berkepala singa dan berbadan ikan yang menjadi ikon negara Singapura? Yak, patung tersebut bernama patung Merlion. Dinamai seperti itu karena ternyata Merlion adalah singkatan dari gabungan kata “mermaid” dan juga “lion”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi ikan duyung dan singa. Taman Merlion Park ini dibuka 24 jam, karena memang berlokasi di tempat yang terbuka. Yang lebih penting lagi, lokasi wisata ini gratis. Jika anda datang kemari anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket sehingga bisa menghemat biaya liburan anda. Biasanya wisatawan yang datang kemari berfoto dengan latar patung Merlion. Kalau ke Singapura tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi dan berfoto dengan patung ini. Selain berfoto foto, wisatawan juga bisa duduk santai sembari menikmati sungai Singapura yang terletak dekat dari patung Merlion.

  • Universal Studio

Universal Studio kalau di Indonesia seperti taman bermain Dufan di Jakarta atau Trans Studio di Bandung. Taman bermain ini adalah salah satu tempat wisata di Singapura yang paling terkenal dan terfavorit apalagi bagi wisatawan yang membawa anak kecil. Namun untuk masuk sini, anda harus merogoh kantong sangat dalam karena sangat mahal. Apalagi di tanggal merah, akhir pekan atau musim liburan. Satu tiket orang dewasa bisa sampai RP 1 juta. Namun jika anda ingin mengunjungi Universal Studio tanpa mengeluarkan uang banyak, anda bisa berfoto di depan bola dunia yang bertuliskan Universal Studio. Bola dunia tersebut merupakan ikon dari Universal Studio.

  • Orchard Road

Orchard Road adalah sebuah jalan di Singapura yang sangat terkenal di telinga para wisatawan karena disana berjejer pusat berbelanjaan. Jika anda ingin wisata belanja maka tempat ini sangat tepat untuk anda. Selain ramai dengan pusat belanja, Orchard Road juga memiliki restoran, spa dan tempat hiburan lainnya yang sangat lengkap. Anda bisa datang dan berkeliling gratis di sepanjang jalan ini untuk sekedar melihat – lihat barang barang yang dijual disini.

  • Sentosa Island

Sentosa Island adalah pulau di Singapura. Pulau ini terpisah dari Singapura. Walau terpisah, anda tidak perlu bingung jika ingin berkunjung kesini. Ada MRT, lorong untuk berjalan kaki, kapal bahkan kereta gantung untuk mencapai ke tempat ini. Jika anda ingin ke Sentosa Island sembari menikmati pemandangan kota Singapura dari ketinggian anda bisa menggunakan sarana transportasi kereta gantung. Namun untuk naik kereta gantung anda harus membayar tiket yang cukup mahal. Sekitar 300 ribu rupiah untuk perorangnya. Jika anda ingin berhemat, maka anda bisa berjalan kaki, naik MRT atau naik bis. Anda bisa melihat banyak hal disini mulai dari pantai, spa, resort, restoran, tempat belanja, tempat main golf, Universal Studio, Kasino, museum laut, museum seni 3 dimensi dan masih banyak lagi.

  • Bugis Street

Bugis Street merupakan sebuah jalan yang berada di Singapura. Tempat ini sangat terkenal karena memiliki banyak toko untuk wisata belanja. Walau sama sama dipenuhi tempat perbelanjaan, namun Bugis Street berbeda dengan Orchard Road. Jika Orchard Road menyajikan wisata belanja yang mewah, Bugis Street tempatnya wisata belanja dengan harga yang miring. Jika anda ingin mencari oleh oleh khas Singapura maka anda bisa berburu buah tangan disini. Sangat mudah untuk mencapai lokasi ini karena anda hanya perlu naik MRT dan turun di stasiun Bugis. Letak dari Bugis Street pun cukup dekat, hanya 50 meter saja dari stasiun Bugis. Bugis street adalah tempat wisata belanja jalanan yang paling besar di Singapura. Jika anda ingin berburu oleh – oleh seperti cokelat khas Singapura, maka kami sarankan mampirlah ke toko ABC yang ada di Singapura disana menjual berbagai macam cokelat, makanan, peralatan rumah tangga sampai mie instan Indomie pun dijual disini dengan harga yang murah tentunya. Anda pun bisa mencicipi berbagai makanan lokal di tempat makan yang berada di belakang Bugis Street. Jangan lupa untuk mencoba es potong Singapura yang dijual di belakang Bugis Street. Es potong itu sangat murah, hanya 1 dolar Singapura saja.

  • Chinatown

Sama seperti namanya, Chinatown adalah sebuah daerah yang bernuansa Pecinan. Mayoritas penduduk yang ada di daerah Chinatown adalah peranakan Tionghoa, walaupun memang anda akan menemukan banyak orang Tionghoa di Singapura. Disini budaya dan nuansa dari Cina sangat terasa. Mulai dari bentuk bangunan, arsitektur, hiasan, barang yang dijual dan benda lain yang ada disini pun bernuansa Tionghoa. Di tempat ini anda bisa berwisata kuliner, belanja, mengenal budaya, dan juga sejarahnya. Kami sarankan jika anda ingin membeli barang disekitar sini tawarlah terlebih dahulu. Jika ingin berwisata kuliner, maka perlu berhati – hati karena tidak semua makanan disini halal. Anda juga bisa datang ke sebuah klenteng besar yang terletak di sekitar Chinatown. Untuk datang ke daerah ini anda hanya perlu menaiki MRT dan turun di Stasiun Chinatown.

  • Little India

Sama seperti Chinatown, Little India merupakan sebuah daerah pusat tempat orang India berkumpul di Singapura. Tempat ini dipenuhi dengan nuansa khas India dan tentunittle India merupakan sebuah daerah pusat tempat orang India berkumpul di Singapura. Tempat ini dipenuhi dengan nuansa khas India dan tentuna penuh dengan orang keturunan India juga. Jika anda ingin mencari berbagai barang kerajinan khas India maka tempat ini adalah tempat yang tepat. Berbagai makanan khas India dijual disini. Ada juga yang menjual emas, dupa, minyak pijat, minyak wangi, kain sampai jasa meramal ada disini. Jika anda mencari rempah – rempah maka anda bisa mencari disini. Namun kami sarankan kepada anda yang tidak tahan dengan bau dupa atau parfum India untuk tidak datang kesini karena anda akan merasa pusing dengan aroma yang ada di Little India. Walaupun begitu Little India tetap menjadi tempat wisata yang menarik dikunjungi saat berada di Singapura.

  • Arab Street

Arab Street merupakan sebuah tempat yang kental dengan nuansa juga budaya Timur Tengah. Tempat ini merupakan pusatnya pemeluk agama Islam di Singapura. Disini anda bisa menemukan berbagai toko yang menjual berbagai jenis pakaian muslim, kelengkapan ibadah, parfum, karpet dan kain khas Timur Tengah yang memiliki banyak warna. Biasanya tempat ini ramai pada waktu siang hari, jika malam hari jalan ini dipenuhi oleh penjual makanan khas Arab.

  • Haw Par Villa

Haw Par Villa merupakan tempat rekreasi yang mengandung sejarah budaya Tiongkok. Ttempat ini sangatlah unik karena memiliki 1000 patung lebih yang menceritakan tentang kisah rakyat Cina dan legenda Cina. Walaupun bercerita tentang keseraman neraka, namun anda tidak perlu takut. Tempat ini sangat berguna untuk mengajarkan kepada pengunjung agar selalu berbuat baik. Untuk masuk ke tempat ini anda tidak perlu membayar apapun karena sama sekali tidak dipungut biaya apapun.

  • Raffless Landing Site

Raffless Landing Site memang sebuah tempat wisata yang tidak terlalu dikenal oleh wisatawan dari Indonesia. Ini adalah tempat memorial untuk mengenang jasa Raffless yang merupakan pendiri sekaligus gubernur dari Singapura. Di tempat ini anda bisa mengetahui sejarah dan budaya dari Singapura. Jika anda tertarik untuk berkunjung kesini maka naiklah MRT dan turun di stasiun Raffless Place.

  • Esplanade

Esplanade adalah sebuah tempat pusat seni paling aktif di dunia. Terletak di dekat patung Merlion. Esplanade memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti ruang konser, teater dalam dan luar ruangan, perpustakaan, ruang pameran lukisan, restoran dan masih banyak lagi. Untuk masuk ke tempat ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun kecuali jika ada konser. Tempat ini sangat menarik bagi wisatawan asing. Jika anda datang Merlion maka tak ada salahnya mampir kesini juga.

  • Gardeng By The Bay

Tempat ini adalah sebuah taman yang sangat unik dan terletak di sekitar Marina Bay. Taman ini memiliki banyak pohon dan tumbuhan yang hijau. Keunikan dari taman ini adalah beberapa pohon raksasa buatan bisa anda temukan di tempat ini. Pohon buatan yang berukuran besar ini terbuat dari baja dan memiliki fungsi untuk menampung air hujan sekaligus menampung energi matahari. Pohon yang ada disini setara dengan gedung bertingkat 16. Jika sudah malam maka lampu yang dipasang di pohon buatan akan dinyalakan sehingga membuat taman ini sangat indah untuk dipandang. Terdapat jembatan besar yang menghubungkan satu pohon dengan pohon buatan yang lain. Jika anda ingin berkeliling ke tempat ini maka anda tidak akan dikenakan biaya apapun. Tapi jika anda ingin menaiki jembatan dan berjalan jalan disana anda harus membeli tiket dengan harga sekitar 50 ribu rupiah. Selain itu di tempat ini juga terdapat Cloud Forest dan Flower Dome, tempat untuk konservasi tanaman dan bunga. Jika anda ingin masuk ke tempat konservasi anda dikenakan biaya untuk membeli tiket seharga 350.000 rupiah.

  • Singapore Flyer

Singapore Flyer adalah Bianglala raksasa dan merupakan bianglala yang paling besar di dunia. Tinggi bianglala ini adalah 165 meter atau setara dengan gedung berlantai 42. Flyer yang satu ini punya 28 kabin. Setiap kabinnya bisa menampung 10 sampai 15 orang. Satu putaran bianglala ini bisa memakan waktu sampai setengah jam. Dalam waktu itulah anda bisa menikmati pemandangan kota Singapura dari ketinggian. Anda bahkan bisa melihat pulau Batam dari sini. Jika anda ingin naik Singapore Flyer maka anda bisa naik MRT dan turun di stasiun Promenade. Harga tiket untuk naik Singapore Flyer ini cukup mahal, sekitar 350 ribu Rupiah.

  • Henderson Waves Bridge

Tempat ini sebenarnya adalah sebuah jembatan yang terbuat dari kayu. Desain dari jembatan sangatlah unik karena menyerupai gelombang ombak di laut. Lampu yang ada di jembatan ini akan mulai menyala dari jam 7 malam sehingga membuat tampilan jembatan menjadi sangat indah. Tempat ini cocok untuk menikmati indahnya Singapura dari ketinggian yang merupakan ketinggian tertinggi di negara itu. Belum banyak wisatawan dari Indonesia yang tahu tentang keberadaan lokasi wisata yang satu ini. Jika anda berminat untuk berkunjung ke jembatan ini maka anda bisa naik MRT dan turun di stasiun Harbour Front.

  • Marina Bay Sands

Baru baru ini Marina Bay Sands menjadi tempat wisata populer sekaligus menjadi ikon wisata di Singapura. Hampir setiap wisatawan yang mengunjungi Singapura pasti berfoto dengan latar Marina Bay. Rasanya tak lengkap jika ke Singapura tapi tidak berfoto disini. Marina Bays Sands adalah sebuah pusat kota dengan hiburan yang sangat lengkap dan juga resort terpadu yang sudah dibuka semenjak tahun 2010 lalu. Gedung terunik di dunia ada disini. Ada tiga buah gedung dan bangunan berbentuk kapal melintang diatasnya. Bangunan yang menyerupai kapal tersebut memiliki panjang sekitar 150 meter dengan tinggi 200 meter. Dari atas bangunan tersebut anda bisa melihat Singapura, Indonesia dan Malaysia sekaligus. Jika anda ingin naik ke atas ini, anda harus membayar sekitar 250.000 rupiah. Marina Bay Sands memiliki ratusan atau bahkan ribuan kamar hotel yang bisa anda sewa. Disini juga ada kasino, teater, ruang kesenian, restoran, klub malam, taman, sampai mall mewah dan masih banyak tempat hiburan lainnya. Semua itu berada dalam satu lingkup lokasi. Lebih baik datang kesini pada saat malam hari karena seluruh lampu gedung akan menyala dan membuat tampilan menjadi sangat indah. Jika anda ingin datang ke tempat ini maka anda bisa naik MRT dan turung di stasiun Marina Bay atau Promenade.

  • Helix Bridge

Jembatan yang satu ini memiliki arsitektur yang tak kalah menarik dari Henderson Waves Bridge. Panjang dari jembatan ini sekitar 280 meter dan merupakan jembatan untuk pejalan kaki yang terpanjang di Singapura. Jembatan ini berada di Marina Bay. Memiliki arsitektur seperti DNA. Jika malam hari lampu disini akan menyala sehingga tampak lebih indah.

  • Art Science Museum

Tempat ini adalah sebuah museum yang masih berada di Marina Bay Sands. Tepatnya ada di tepi danau Marina Bay. Museum ini memiliki bentuk gedung yang menyerupai bunga teratai. Selain sebagai arsitektur yang unik, fungsi bentuk gedung tersebut juga bisa menjadi wadah untuk mengumpulkan air hujan. Museum ini adalah tempat pameran seni yang memiliki kelas dunia. Sangat baik untuk dikunjungi apalagi jika anda membawa anak anak.

  • Singapore Botanical Garden

Singapore Botanical Garden mirip seperti Kebun Raya Bogor yang ada di Indonesia. Kebun yang satu ini merupakan paru paru dari negara Singapura. Kebun Raya Singapura ini memiliki macam – macam tanaman dari barbagai negara di dunia sama seperti Kebun Raya Bogor. Luas kebun sekitar 74 hektar. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka berjalan jalan santai dan piknik. Anda bisa datang ke tempat ini dari pagi karena kebun ini dibuka mulai dari jam 5 pagi. Dan yang paling penting untuk diketahui adalah biaya masuk ke tempat ini gratis. Biasanya di pagi hari kebun ini dijadikan sebagai sarana tempat berolahraga. Selain taman dan kebun, disini juga ada danau angsa dan danau yang memiliki panggung pertunjukan di tengahnya. Di dalam sini juga terdapat National Orchid Garden. Namun jika anda ingin masuk ke National Orchid Garden anda harus membeli tiket seharga Rp 50.000. Untuk datang ke Botanical Garden anda bisa naik MRT dan turun di stasiun Botanical Garden.

  • Singapore River

Sungai ini mengalir dari tengah pulau Singapura menuju lautan. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan disekitaran sungai ini. salah satunya adalah Singapore River Cruise atau berwisata menyusuri sungai dengan perahu listrik yang sudah canggih. Tak perlu khawatir, karena di atas perahu akan ada pemandu yang akan memandu anda dan memberikan penjelasan mengenai keadaan sekitar. Untuk menaiki perahu ini anda harus membayar tiket sebesar 25.000 Rupiah.

  • Singapore Zoo

Kebun binatang Singapura memiliki banyak kkoleksi langka yang jumlahnya sudah ribuan. Sama seperti taman Safari Indonesia, kebun binatang Singapura juga memiliki program safari malam atau berkeliling kebun binatang di malam hari. Kebun binatang ini juga dilengkapi dengan area bermain untuk anak anak. Harga tiket masuk di kebun binatang Singapura ini sekitar Rp 250.000.

  • Jurong Bird Park

Tempat ini adalah sebuah taman burung yang terbesar di dunia. Jurong Bird Park memiliki koleksi binatang burung lebih dari 8000 ekor dengan 600 spesies burung yang berbeda beda. Burung yang ada disana tidak hanya berasal dari Singapura saja. Selain melihat burung, wisatawan juga bisa berfoto bersama burung, memberi makan dan juga menyaksikan atraksi dari burung yang selalu dilaksanakan setiap harinya. Harga tiket masuk Jurong Bird Park adalah sekitar Rp 200.000. Anda juga bisa mengelilingi taman burung ini dengan menggunakan monorail dengan harga tiket tambahan sebesar Rp 50.000. Jika anda ingin datang kesini maka anda bisa naik MRT dan turun di stasiun Boon Lay.

  • St Andrew’s Cathedral

Gereja ini merupakan gereja pertama dan terbesar yang ada di Singapura. Gedung gereja yang bergaya arsitektur kuno ini telah ditetapkan sebagai salah satu bangunan paling indah dan merupakan monumen nasional Singapura sejak tahun 1973. Untuk masuk ke katedral ini anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk. Stasiun MRT paling dekat untuk menuju kesini adalah stasiun City Hall.

  • Masjid Sultan

Masjid berseharah ini berlokasi di Kampung Glam. Masjid ini merupakan masjid pertama yang ada di Singapura. Pada zaman dahulu, masjid ini awalnya adalah tempat tinggal bagi warga Indonesia yang berdagang di Singapura. Masjid ini memiliki kuubah yang unik karena berwarna emas sama sepertiMasjid Kubah Emas yang berada di Depok.

  • Singapore Flight Experience

Tempat ini berada di Raffles Avenue. Disini wisatawan bisa mencoba belajar atau praktek menjadi seorang pilot yang sedang menerbangkan pesawat dalam sebuah simulator. Namun untuk mencoba menjadi seorang pilot, wisatawan garus membayar sekitar RP 2.000.000

Leave a Reply