Home >> Wisata >> Kuliner >> Nikmatnya Tahu Gejrot Asal Cirebon
Tahu Gejrot Asal Cirebon

Nikmatnya Tahu Gejrot Asal Cirebon

Ingin berwisata kuliner? Atu merasakan jajanan murah dari tempat aslinya Cobalah untuk datang ke kota Cirebon. Kota ini cukup strategis untuk dijangkau oleh kota – kota yang berada Jawa Barat maupun Jawa Tengah karena letaknya berada di perbatasan dua provinsi. Kota udang ini bisa menjadi salah satu referensi berwisata kuliner atau sekedar memanjakan lidah anda di akhir pekan. Kota ini sangat mudah dicapai dari kota manapun di pulau Jawa. Selain menggunakan kendaraan bermotor, anda juga bisa mendatangi Cirebon menggunakan kereta.

Di kota ini anda bisa menikmati berbagai macam makanan khas yang asli dari Cirebon seperti empal gentong, nasi jamblang, atau empal asam. Namun tak banyak orang yang tahu bahwa jajanan jalanan seperti tahu gejrot berasal dari kota ini.

Di Cirebon terdapat komplek pembuatan Tahu Gejrot terdapat di Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon. Berjarak 70an km ke arah timur dari kota Cirebon dan 5 km ke arah barat laut dari alun alun kecamatan Ciledug. Disana ada komplek pabrik tahu yang telah berdiri sejak tahun 1968, dikelola secara turun temurun. Pemasarannya telah tersebar sampai ke Bandung, Jakarta, Semarang dan beberapa kota besar lainnya di pulau Jawa.

Tahu gejrot ini sudah sangat identik sebagai salah satu kuliner khas Cirebon. Tahu gejrot ini awalnya makanan khas dari Cirebon Timur.

Pembeda tahu yang digunakan untuk bahan tahu gejrot adalah kekhasan dari tahuyang rasanya tawar, berwarna pucat dengan tekstur kulit yang tebal dan isi yang agak kosong. Disinilah yang menjadi pembeda tahu gejrot dengan tahu sumedang, tahu petis, tahu pong atau tahu tahu yang lainnya.

Tahu gejrot dibuat dari tahu yang diulek bersama bawang merah yang banyak dan kuah dari rebusan gula merah yang dicampur dengan sedikit garam. Kemudian dicampur dengan hasil ulekan cabe rawit dan bawang merah mentah. Sensasi ketika memakan tahu gejrot berasal dari tahu yang kosong dan telah diiris kecil sehingga bisa menyerap kuah dan sangat enak ketika digigit.

Cara penyajiann dari tahu gejrot memanglah sederhana dan mungkin bisa anda coba sendiri di rumah. Cukup iris tahu menjadi beberapa bagian kecil. Lalu siapkan kuah yang terbuat dari gula merah. Kemudian campur tahu bersama bawang merah dan cabe rawit yang telah diulek sebelumnya. Setelah semua dicampur, siram kuahnya tadi ke atas tahu. Dan tahu gejrot pun siap untuk disantap.

Namun jika anda ingin merasakan tahu gejrot dengan rasa asli buatan Cirebon, anda bisa pergi mengunjungi kota ini. Ada beberapa penjual tahu gejrot yang terkenal di Cirebon. Mungkin jika anda sedang berada di Cirebon, anda bisa mengunjungi salah satu penjual tahu gejrot yang enak itu. Salah satu penjual tahu gejrot terkenal di Cirebon adalah tahu gejrot Adi yang berada di depan Sinta oleh – oleh. Berada di jalan Lemah Wungkuk dekat pasar kanoman. Tahu gejrot Adi bukanlah sebuah kedai atau pedagang yang memakai gerobak, melainkan menggunakan sebuah pikulan untuk menjajakan jajanannya. Di tempat ini harga tahu gejrot sangatlah murah, hanya Rp 3.000 per porsinya. Setelah makan tahu gejrot Adi, anda juga bisa membeli oleh – oleh di toko manisan Sinta yang berada dekat dari tahu gejrot Adi.

Selain tahu gejrot Adi, anda juga dapat menemukan penjual tahu gejrot di tempat lain seperti yang ada di Alun – Alun Kejaksan. Di depan alun – alun tersebut biasanya ada penjual tahu gejrot. Hammpir semua penjual tahu gejrot baik itu yang berada di Cirebon maupun luar Cirebon menjual makanannya menggunakan pikulan dan bukan gerobak. Selain itu biasanya pedagang tahu gejrot menyajikan tahu diatas piring kecil yang terbuat dari tanah liat. Hal itulah yang menjadi ciri khas dari tahu gejrot.

Namun akhir – akhir ini muncul juga beberapa franchise bernama “D’gejrotz” yang menjual tahu gejrot dan tersebar di beberapa mall di Indonesia sehingga anda juga tidak perlu jauh – jauh datang ke Cirebon untuk merasakan makan tahu gejrot.

Leave a Reply