Home >> Wisata >> Info dan Tips >> Tips dan Trik Memilih Tempat Penginapan
Perjalanan Ke Thailand Mendapat Penginapan Yang Mantab

Tips dan Trik Memilih Tempat Penginapan

Hostel adalah tempat penginapan paling tepat bagi anda yang mencari tempat menginap namun hanya memiliki anggaran sedikit. Hostel memiliki tarif yang relatif sangat murah dibandingkan hotel. Selain hostel dan hotel, anda bisa menginap dengan menyewa apartemen mingguan atau bahkan rumah penduduk lokal. Namun jika anda hanya akan tinggal selama beberapa hari saja sekitar 2 atau 3 hari, maka hostel adalah pilihan tepat karena praktis dan tidak perli memikirkan biaya lain untuk memilihnya. Saat ini hostel juga masih menjadi pilihan populer bagi pelancong muda yang sedang backpackeran ke negara lain, terutama negara dengan biaya hidup yang cukup tinggi dibanding negara asalnya.

Prosedur pemesanan kamar yang cepat dan mudah dilakukan lewat internet menjadi salah satu kelebihan hostel dibandingkan dengan tempat penginapan yang lain. Harga untuk menyewa hostel pun lebih murah dibanding hotel, bisa mencapai sepersepuluh harga hotel. Untuk memilih hostel mana yang akan ditempati, para wisatawan pun harus jeli karena bisa jadi mendapatkan hostel yang tidak nyaman untuk ditempati. Bisa jadi lokasi hostel yang sudah dipesan tidak strategis, kotor, tidak aman, fasilitas yang kurang memadai, harga yang mahal atau beberapa hal lain yang tidak membuat pengunjung nyaman.

Agar mendapatkan hostel yang sesuai dengan keinginan, ada beberapa hal yang harus anda pikirkan sebelum memilih hostel. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum memutuskan untuk menyewa hostel.

Pertama – tama, pilihlah hostel dengan lokasi yang paling strategis dan dekat dengan tujuan perjalanan anda. Lebih baik carilah lokasi yang dekat dengan sarana transportasi seperti stasiun kereta api, terminal bis, stasiun subway atau bandara. Hal tersebut dilakukan untuk menghemat waktu dan tenaga dalam perjalanan anda.

Selain itu carilah hostel dengan fasilitas yang lengkap. Beberapa hostel kadang tidak menyediakan mesin cuci, internet atau bahkan seprei. Usahakanlah mencari hostel yang berfasilitas lengkap dan fasilitas tambahan seperti yang disebutkan sebelumnya masuk ke dalam harga sewa atau bahkan bisa disewa dengan harga yang lebih murah. Sebisa mungkin carilah hostel yang membebaskan para penyewanya untuk menggunakan mesin cuci secara gratis sehingga anda bisa menghemat baju yang dibawa. Pastikan juga apakah hostel itu menyediakan loker dalam kamar, free wifi, colokan listrik dekat tempat tidur dan pantry atau tidak. Dan yang tidak kalah penting adalah pastikan lokasi penginapan dekat dengan supermarket atau tempat untuk menukar mata uang asing.

Carilah hostel yang menyediakan sarapan. Hal ini sangat membantu anda dalam menghemat pengeluaran biaya untuk makan. Biasanya hostel menyiapkan sarapan roti dan susu, teh atau kopi. Namun akan lebih menguntungkan lagi jika sarapan yang disiapkan bersistem prasmanan atau bebas ambil sendiri. Jika tidak disediakan makanan, paling tidak hostel menyediakan pantry untuk memasak.

Pastikan pembayaran dapat dilakukan dengan deposit online dan dilunasi di saat bertemu di hostel atau carilah yang langsung dibayar dimuka. Lebih baik jika membayar deposit terlebih dahulu karena jika kita membatalkan pemesanan dan hangus tidak akan rugi banyak.

Sebelum memesan hostel, ada baiknya browsing internet dan carilah tentang ulasan ulasan dari hostel yang ingin dipesan untuk memastikan tentang kebersihan dan kenyamanan hostel. Selain mengecek websitenya, anda juga bisa membaca ulasan dari blog perjalanan lain atau mintalah rekomendasi dari teman.

Perhatikan juga harga hostel yang akan dipesan dan jika bisa perhatikan juga harga hostel yang ada disekitarnya. Jangan hanya satu hostel saja. Dengan begitu anda dapat membandingkan fasilitas dan juga harga hostel satu sama lain. Cek juga apakah ada diskon untuk pengunjung dibawah 26 tahun atau tidak karena biasanya ada beberapa hostel yang memberikan diskon kepada pelanggan yang berumur dibawah 26 tahun. Hal itu bisa menguntungkan anda dan menghemat anggaran meningap.

Sebagai tips tambahan, untuk berjaga – jaga, anda bisa membawa seprei dan sarung bantal sendiri karena ada beberapa hostel yang tidak menyediakan seprei dan sarung bantal. Sehingga mau tidak mau anda harus menyewanya dari hostel. Selamat berburu hostel !

Leave a Reply