Home >> Wisata >> Kuliner >> Tahu Gejrot Cirebon
Tahu Gejrot

Tahu Gejrot Cirebon

Tahu salah satu makanan yang saya sukai, makanan yang banyak kandungan protein tapi harga murah meriah. Ibu sering masak tahu bahkan biasanya di tambah dengan tempe. Kalau baca baca artikel tentang tahu ternyata tahu sudah di kenal lama dan banyak di nikmati serta di konsumsi oleh warga tiongkok puluhan ribu tahun yang lalu. Ini menunjukan bahwa tahu memang makanan yang berkualitas dengan harga terjangkau. Di indonesia, tahu juga telah menyebar dan memberikan variasi makanan khas indonesia. Banyak bentuk , jenis dan berbagai macam cara menyajikan tahu di setiap daerah. Dan semua tergantung pada daerah tersebut. Saya sendiri suka makan tahu sumedang dan tahu isi, kadang ibu masak tahu dengan di beri tepung sehingga serasa renyah.

Saat perjalanan ke jawa barat, selain di kenalkan dengan tahu sumedang, saya di sajikan hidangan tahu yang menurut saya sendiri agak sedikit berbeda. Teman saya bilang ini namanya ” Tahu Gejrot Khas Cirebon”. Tahu gejrot dalam menyajikannya begitu berbeda termasuk bentuk dan rasanya. Kalau anda sering makan tahu sumedang , tahu petis atau tahu solet biasa saja dalam penyajiannya dan rasanya pula.

Awalnya saya di beri tahu gejrot, merasa aneh dengan namanya , kalau di jawa timur Gejrot itu artinya Di Siram. Akhirnya saya menyimpulkan kalau tahu ini di siram. Tahu Gejrot : tahu yang di siram. Ternyata hampir benar, tahu gejrot di siram dengan sambal membuat jadi nikmat dan bisa meminta sambal yang pedas. Saat tahu di makan akan muncrat saat di gigit karena tahu tersebut terdapat ruang yang kosong termasuki oleh kuah.

Tahu Gejrot ukurannya sedang ada juga yang kecil, bahkan kalau saat di rumah makan kita bisa memilih ukuran tahu yang di inginkan, di makan dengan kuah plus ada bumbu cabe ( biasanya cabenya pedas banget) bawang putih dan merah serta gula. Jarang sekali di sajikan dengan piring, biasanya pakai piring dalam penyajian. Meskipun tahu gejrot ini khas cirebon, makanan tersebut sudah tersebar di seluruh indonesia. Waktu itu saya berada di jawa barat sehingga merasakan sensasi tahu gejrot di area barat. Banyak pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar jalan. Kalau ingin merasakan kenikmatan tahu gejrot, di bandung atau kota besar lainnya banyak kok.

Silahkan mencoba dan menikmati sensasi tahu gejrot khas cirebon.

Leave a Reply