Home >> Wisata >> Wisata Hutan Mangrove Surabaya Alternatif Wisata Bahari
Wisata Hutan Mangrove Surabaya

Wisata Hutan Mangrove Surabaya Alternatif Wisata Bahari

Mangrove atau yang lebih akrab disapa hutan bakau adalah sebuah kawasan hutan yang dominan terletak di daerah rawa, sungai dan pantai. Mangrove atau hutan bakau ini tumbuh baik di lingkungan tersebut karena lingkungan tersebut mengandung pelumpuran dan zat organik yang tepat untuk tumbuh kembangnya hutan bakau tersebut. Disamping itu, kota Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta dan juga kota metropolitan terbesar kedua setelah Jabodetabek ini menyimpan area mangrove yang cukup besar dan banyak. Makanya wisata hutan mangrove Surabaya ini sering dijadikan para pelancong untuk mengisi waktu liburnya dengan menikmati wisata bahari yang indah ini. Dari sini lah penulis bermaksud menjelaskan kepada pembaca mengenai hal tersebut secara detail agar penulis paham.

Bagi para peneliti dan ahli dibidang lingkungan maupun geologi maka pasti sudah mengetahui akan berbagai kegunaan diadakannya penanaman hutan mangrove tersebut. Mengingat hutan mangrove di Indonesia ada banyak namun kurang terawat. Hutan mangrove ini memiliki fungsi utama sebagai pelindung dari terjangan ombak yang sangat kuat yang dapat mengikis lapisan permukaan yang diterjangnya. Ditambah lagi pendirian wisata hutan mangrove Surabaya ini juga memiliki manfaat lain seperti sumber nutrisi bagi berbagai spesies yang hidup dibawah hutan bakau ini, serta yang paling hebat lagi bahwa hutan mangrove ini menyimpan unsur C ( karbon ) yang sangat banyak. Kandungan karbon ini lah yang nantinya akan menjadi ladang gambut kemudian berkembang menjadi kawasan batubara.

Tepat pada tanggal 1 Januari 2010 berdiri lah wisata hutan mangrove Surabaya ini yang diresmikan oleh walikota Surabaya. Keadaan hutan mangrove Surabaya ini tidak terawat sebab terdapat beberapa sampah yang menggenang di sepanjang sungai. Meskipun demikian air disini tenang dan juga terlihat banyak burung yang terbang diatas sungai untuk mencari ikan. Wisata ini juga menyediakan dua buah gazebo yang didirikan oleh kepolisian dan BUMN, berfungsi sebagai tempat istirahat bagi para pengunjung. Pastinya anda harus berangkat lebih awal / pagi untuk bisa beristirahat di gazebo ini karena pengunjung wisata ini juga terbilang ramai.

Wisata hutan mangrove Surabaya ini sangat cocok bagi anda yang ingin liburan santai bersama keluarga. Biaya juga terbilang murah dengan berbagai fasilitas yang anda dapatkan. Biaya masuk wisata ini yaitu 25 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 15 ribu rupiah untuk anak – anak. Sedangkan jika anda sekeluarga memilih melakukan perjalanan menggunakan speedboat, cukup dengan kocek sebesar Rp 300.000 saja anda sudah bisa menaiki sambil menikmati panorama wisata mangrove tersebut. Estimasi waktu pulang pergi yaitu antara 1 – 2 jam. Berbicara mengenai fasilitas yang ada disana, sebenarnya ada 3 yaitu mushola, toilet dan restoran namun seiring berjalannya waktu tinggal mushola dan toilet saja yang masih beroperasi sampai saat ini. Walaupun begitu fasilitas tersebut sudah lebih dari cukup, untuk makanan anda bisa membawanya sendiri dari rumah.

Pada akhirnya wisata hutan mangrove Surabaya ini sangat cocok dan direkomendasikan oleh penulis kepada pembaca sekalian yang berada di Surabaya dan bisa juga anda membawa keluarga untuk mengisi waktu liburan. Harga yang pantas untuk berbagai keindahan dan pesona alam wisata mangrove ini. Serta fasilitas yang terbilang layak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan anda disana. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat dan sangat membantu bagi anda semua yang membutuhkan informasi terkait lokasi wisata di daerah Surabaya.

Leave a Reply