Home >> Wisata >> Warisan Budaya dan Sejarah, Candi Borobudur
Candi Borobudur

Warisan Budaya dan Sejarah, Candi Borobudur

Obyek wisata berbentuk kumpulan stupa warisan budaya milik Indonesia Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang tercatat sebagai wisata budaya paling populer dari tanah air. Siapa sangaka, stupa yang diberikan penghargaan budaya oleh UNESCO sebagai stupa yang termegah dan terbesar di seluruh dunia ini bisa berdiri dengan gagah di tanah jawa. Banyak sekali turis lokal hingga mancanegara dari berbagai kalangan setiap hari ramai mengunjungi obyek wisata satu ini. terlebih ketika waktu liburan tiba, obyek wisata dan budaya ini akan penuh sesak dengan pengunjung.

Tempat wisata sebagai bentuk warisan budaya umat Budha ini juga banyak menaruh perhatian di sejumlah kepercayaan lain untuk sekedar melihat keindahan pahatan batu dan mengabadikannya ke dalam foto. Tempat rekreasi yang terletak di provinsi DIY tepatnya di kota magelang, berjarak 100 km dari semarang, 86 km dari surakarta, dan 40 km dari barat laut kota Yogyakarta. Tempat wisata yang hingga kini telah banyak mengundang peziarah dari thiland, india, tibet, kamboja dan masih banyak negara tetangga lainnya. hal ini dikarenakan selain bernilai budaya dan sejarah, Candi Borobudur juga dianggap sebagai tempat suci yang sakral milik umat Budha.

Tempat yang diklaim sebagai candi yang memiliki stupa Budha terlengkap ini memiliki tinggi total sekitar 42 meter dengan bentuk dasar bujur sangkar. Keberadaan Candi Borobudur ini dinilai sebagai bentuk biara di perbukitan tinggi sesuai dengan namanya “borobudur”. Dalam bahasa sansekerta, “borobudur” terdiri atas dua kata yakni “bara” yang berarti candi atau biara dan “beduhur” yang artinya perbukitan atau tempat yang tinggi. Tempat wisata yang perlu keuletan dan kesabaran demi mencapai puncaknya ini akan segera terbayar dengan pemandangan elok ketika sunrise menjelang atau sunset tiba. Anda akan dikejutkan pula dengan hampir 2670 pahatan relief yang layaknya bercerita tentang kisah jaman dahulu secara penuh terdapat di dinding candi raksasa ini.

Bangunan megah yang kokoh ini sempat beberapa kali rusak akibat peperangan dan bencana alam yang terjadi di Indonesia. Oeh karena itulah mengalami banyak pemugaran. Namun keeksotisan Candi Borobudur tetap menawan dan sedap dipandang mata. Anda pasti akan merasa ketagihan menikmati suasana sejuk di hari yang terik sekalipun karena tersusun atas batu kali yang adem tanpa perekat atau semen untuk membuatnya tetap kokoh. Candi yang disusun dengan cara ditumpuk begitu saja dengan membentuk serupa tingkatan ini dipercaya sebagai tangga menuju nirwana olh umat hindhu. Obyek wisata yang memiliki kekhasan budaya jawa ini akan ramai dikunjungi ketika perayaan waisak karena terdapat upacara suci tersendiri oleh umat budha.

Leave a Reply