Home >> Peristiwa >> Kebun Binatang Surabaya Terlengkap Se Asia Tenggara

Kebun Binatang Surabaya Terlengkap Se Asia Tenggara

Kebun binatang adalah tempat yang sudah tak asing lagi bagi beberapa orang sebab telah banyak didirikannya kebun binatang ini di seluruh penjuru Indonesia. Hampir di tiap provinsi di Indonesia pasti memiliki kebun binatang baik yang sudah lama maupun yang masih muda. Berbagai spesies juga dimunculkan disana meskipun tidak lengkap. Kebun binatang menjadi lokasi eksitu dalam sistem pelestarian hewan yaitu di luar habitat asalnya yaitu dengan sistem kandang. Didalam kebun binatang ini hewan didalamnya akan dirawat, dilestarikan agar populasinya tidak mengalami kepunahan. Oleh sebab itu penulis ingin menyampaikan informasi kepada pembaca secara lengkap tentang kebun binatang Surabaya yang menjadi daya tarik wisata pada musim liburan di Surabaya.

Bagi para peneliti dan ahli dibidang biologi, zoologi, dan berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan hewan pasti telah mengetahui kegunaan – kegunaan yang tersimpan dari didirikannya kebun binatang tersebut. Melihat banyaknya kebun binatang yang telah berdiri dengan gagahnya salah satunya kebun binatang Surabaya, namun kondisinya belum terlalu canggih dan baik. Kebun binatang ini memiliki fungsi utama dalam bidang pelestarian dan konservasi satwa punah. Mengapa satwa punah? Karena satwa ini populasinya sangat minim dan sulit untuk dikembangbiakkan. Satwa – satwa tersebut seperti badak Sumatera, harimau, ikan paus dan masih banyak lagi. Disamping itu, kebun binatang juga dipakai dalam bidang pendidikan dan riset bagi kaum pelajar dan ahli untuk menambah wawasan dan melakukan berbagai macam eksperimen.

Tepat pada tanggal 31 Agustus 1916 kebun binatang surabaya ini berdiri namun SK nya berasal dari gubernur jenderal Belanda. Sebab pada masa tersebut Belanda yang menguasai Indonesia dan pendiri – pendirinya juga oleh orang – orang Belanda sendiri. Umur yang terbilang sudah tua yaitu 97 tahun membawa kebun binatang ini telah menjadi kebun binatang terlengkap se Asia Tenggara sebab memiliki 351 jenis satwa yang berbeda dan total keseluruhan binatangnya adalah 2.806 binatang. Berisikan beraneka satwa dari Indonesia dan dunia yang telah langka khususnya. Satwa dengan berbagai tipe meliputi tipe mamalia, aves, pisces dan reptilia ada di kebun binatang tersebut.

Kondisi kebun binatang Surabaya yang asri dan rimbun ini sangat membuat anda nyaman ketika berada disana. Apalagi kebun binatang ini juga menjadi sumber oksigen di kota Surabaya. Melihat dari tiket masuk, sangat murah sekali untuk masuk kebun binatang yang menyabet gelar terlengkap di Asia Tenggara, otomatis sudah terkenal dan populer di mata Asia Tenggara, apalagi di Indonesia itu sendiri. Cukup merogoh kocek 10 ribu rupiah saja per orang anda sudah bisa menikmati wisata alam ini dengan senang dan puas. Anda juga bisa melihat berbagai binatang dari belahan nusantara sekaligus dunia yang notabene sudah akan punah.

Pada kesimpulannya, penulis menyarankan bagi anda semua yang hendak berliburan bersama keluarga dan teman – teman dengan harga yang relatif murah serta bersahabat dengan kantong maka pilih lah kebun binatang Surabaya ini. Jadi bagi anda yang tak punya uang lebih untuk berlibur, kebun binatang ini bisa jadi destinasi wisata anda agar waktu liburan anda lebih berwarna dan tak monoton. Apalagi wisata ini akan memberikan wawasan kepada anda yang mengunjunginya mengenai berbagai hewan – hewan yang hampir punah tersebut. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membaca dan mencari informasi terkait.

Leave a Reply