Home >> Wisata >> Pantai Kuta Bali, Surganya Tempat Wisata Pantai Pulau Bali

Pantai Kuta Bali, Surganya Tempat Wisata Pantai Pulau Bali

Pantai Kuta Bali merupakan sebuah tempat pariwisata yang terdapat di sebelah selatan Denpasar. Kawasan ini tepatnya berada di Kabupaten Badung. Pantai ini sudah menjadi tempat tujuan wisata turis domestik, bahkan turis mancanegara. Selain itu, juga telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 70-an. Hal ini membuatnya dikenal sebagai surganya wisata pantai di pulau Bali. Pantai kuta sering disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach), yang merupakan kebalikan dari pantai sanur.

Tidak terdapat biaya khusus untuk masuk ke pantai kuta Bali. Namun, jika kita datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, kita harus membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah. Dibutuhkan waktu kurang lebih 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai ke pantai kuta. Transportasi yang dapat digunakan yakni kendaraan pribadi, kendaraan umum, taksi,dan bus. Jika menggunakan kendaraan bus akan berhenti di Central Parkir Kuta. Lantas kita melanjutkan perjalanan menuju pantai dengan transportasi umum, yang terkenal dengan sebutan komotra. Jika menggunakan komotra akan dikenakan tarif sebesar sepuluh ribu rupiah.

 

Pantai Kuta Bali dan Keindahannya

Tidak dapat dipungkiri, Bali merupakan salah satu tujuan pariwisata yang sangat populer di Indonesia. Nama pulau ini telah dikenal di seluruh penjuru dunia dengan keindahan alam, keindahan pantai, kearifan lokal, serta kekayaan seni dan kebudayaan. Keindahan alam di pantai kuta Bali menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Salah satu contoh, turis Australia dan Jepang. Kebanyakan para turis mancanegara tidak hanya sekali dua kali mengunjungi pantai kuta Bali yang eksotik. Bahkan ada yang menetap, membuka usaha, sampai menikah dengan wanita asli Bali.

Sesaat sebelum sunset, jangan lewatkan datang ke pantai kuta Bali untuk menikmati indahnya matahari terbenam yang melegenda. Ketika awan mulai gelap, kehidupan malam kuta Bali telah dimulai. Selain itu, juga terdapat atraksi yang biasa dilakukan di pantai kuta, yaitu  Bungee Jumping  dan Bali Slingshot.

Di sepanjang pantai kuta Bali terdapat banyak kawasan pertokoan, penginapan, restoran, dan tempat berjemur. Selain keindahan pantai ketika sunset, pantai kuta juga menawarkan berbagai jenis olahraga air. Pantai ini termasuk salah satu jenis pantai yang memiliki ombak cukup bagus untuk berselancar (surfing). Jenis olahraga air yang bisa dinikmati di pantai ini adalah parasailing dan banana boat.

Pantai Kuta Bali Beserta Sejarahnya

Sebelum menjadi sebuah objek pariwisata, pantai kuta Bali merupakan sebuah pelabuhan dagang, yang memperdagangkan produk lokal kepada pembeli dari luar Pulau Bali. Pada abad ke-19, seorang pedagang Denmark, Mads Lange, sampai di Pulau Bali dan mendirikan basis perdagangan. Keahliannya dalam bernegosiasi, membuatnya terkenal sebagai pedagang di antara raja-raja Bali dan Belanda.

Selain Mads Lange, tokoh lain, Hugh Mahbett juga menerbitkan sebuah buku dengan judul “Praise to Kuta”. Buku ini berisi suatu ajakan kepada masyarakat setempat guna menyiapkan fasilitas akomodasi wisata di daerah pantai kuta Bali indah. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Lantas, buku ini telah menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata. Misalnya, penginapan, restoran, dan tempat hiburan lainnya di sekitar pantai kuta Bali.

Leave a Reply