Home >> Wisata >> Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengunjungi Manila Filipina
Pantai Boracay Filiphina

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengunjungi Manila Filipina

Jika anda memililh menghabiskan liburan tahun baru anda di Filipina atau memiliki kesempatan untuk berlibur ke Filipina di bulan Desember ini maka ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai kota Manila atau Negara ini secara umum. Apalagi bagi anda yang baru pertama kali kesana atau tidak memiliki persiapan yang matang yang istilahnya persiapan kilat, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan khusus bagi turis dari Indonesia ada beberapa perbedaan mencolok yang perlu anda pahami benar agar tidak mendapat kendala saat berada di negeri asal Imelda Marcos ini. Karena itu beberapa tips ke Manila Filipina dibawah sebaiknya menjadi bahan pertimbangan anda sebelum berangkat.

Hal Penting Untuk Diketahui Saat Berada di Manila Filipina

Dibawah ini ada beberapa tips ke Manila Filipina yang semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda yang berniat untuk mengunjungi atau berlibur di negeri asal penyanyi Christian Bautista ini, diantaranya adalah :

  • Berhati-hatilah saat berada di jalan raya kota Filipina

Anda tidak perlu khawatir dengan laju mobil di kota Manila Filipina karena sebenarnya bukan karena hal itu yang membuat anda harus berhati-hati akan tetapi karena arah kedatangan kendaraan atau mobil di Filipina adalah kebalikan dengan Indonesia. begitupun dengan posisi supir mobil berada di sebelah kiri. Karena itu pada saat menyebrang tengoklah sebelah kanan dulu baru sebelah kiri. Jangan sampai terbalinya ya.

  • Sebaiknya jangan menggunakan ponsel yang terlalu canggih

Jika di Indonesia smartphone merupakan alat komunikasi yang sedang menjadi primadona maka tidak di Filipina saat ini mencari toko khusus seluler di Mall yang terkenal yang menjual micro SIM sangat sulit. Umumnya mereka meminta pre-order sebelumnya. Padahal boleh dikata smartphone yang beredar sekarang menggunakan mirco SIM. Karena itu jika akan memakai nomor lokal di Filipina sebainya gunakan ponsel yang jadul saja atau yang tidak menggunakan Micro SIM.

  • Tidak perlu belajar berbahasa Tagalog

Pada umumnya saat akan berkunjung ke suatu negara tertentu, anda mungkin akan berupaya untuk mempelajari beberapa kata atau bahasa yang umum digunakan oleh warga lokal untuk mempermudah proses komunikasi di negara tujuan. Tapi hal ini tidak perlu anda lakukan saat berniat berkunjung di Filipina karena hampir semua warga di kota Manila bisa berbahasa Inggris dengan baik. Dan hampir semua kalangan masyarakat bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Mulai dari penjual toko pinggiran jalan, penjual outlet ponsel, sopir angkot, tukang ojek, sampai polisi lalu lintas bisa berbahasa Inggris walaun sebagian mungkin agak terbata-bata namun bisa dimengerti dan dapat mengerti dengan apa yang anda ucapkan. Hal ini karena ternyata karena Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi kedua di Filipina setelah bahasa Tagalog.

  • Bertanyalah jika akan menyantap setiap makanan baik di restoran maupun dipinggir jalan (khusus Muslim).

Bagi anda yang muslim sebaiknya rajin bertanya untuk membeli makanan baik dipinggir jalan maupun direstoran. Karena hampir semua restoran dan makanan pinggir jalan menggunakan babi sebagai bahan dasarnya. Kalau mau aman mungkin sebaiknya memilih restoran atau rumah makan Thailand atau Jepang karena umumnya menggunakan daging ayam dan seafood sebagai bahan dasarnya. Atau anda bisa juga mengunjungi daerah Mindanao karena mayoritas penduduk didaerah ini beragama Islam.

  • Bulan Desember adalah bulan tiada hari tanpa hujan

Jika di Indonesia bulan Desember juga sudah memasuki musim hujan, namun terkadang intensitasnya tidak begitu tinggi maka tidak di Filipina. Di setiap akhir tahun ada badai tropis yang melintas di Filipina. Seperti badai Hayan yang baru saja menghantam salah satu daerah Filipina yaitu kota pelabuhan Cebu. Badai inilah yang mengakibatkan intensitas hujan menjadi sangat tinggi pada bulan November sampai Januari. Karena itu sebaiknya jika ingin berkunjung ke Filipina sebaiknya di bulan Maret sampai Mei. Karena dibulan Desember kendala utama yang akan anda hadapi saat diperjalanan di hampir seluruh wilayah Filipina adalah curah hujan yang sangat tinggi.

Suasana Yang Paling Menarik di Filipina Saat Bulan Desember

Diluar beberapa tips ke Manila Filipina diatas ada juga suasana yang menarik dan mungkin bagi anda yang beragama Nasrani akan merasakan suasana Natal yang sangat terasa. Karena mayoritas penduduk Filipina beragama Katolik, maka sangat banyak hiasan dan ornamen Natal di seluruh tempat. Mulai dari rumah-rumah penduduk dipelosk sampak di tengah kota dan pusat keramaian. Apalagi ditambah dengan suasana dingin akibat curah hujan yang tinggi menambah suasana natal yang kental.

Setelah mengetahui sedikit informasi diatas semoga bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memutuskan berangkat ke Filipina.

Leave a Reply