Home >> Properti >> Rumah Minimalis
Gambar desain rumah minimalis idaman

Rumah Minimalis

Sebelum seseorang memutuskan untuk mendirikan sebuah rumah dengan konsep minimalis, akan lebih bijak jika dia tau apa dan bagaimana definisi dan konsep dari rumah minimalis tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah rumah yang akan dibangun kelak benar-benar merupakan rumah yang bergaya minimalis. Dengan banyaknya sebuah desain rumah yang serba  minimalis dan unik saat ini menjadi sebuah gaya bangunan terbaru serta memberikan suatu keindahan pada bagian rumah yang kita tempati

Terdapat dua sudut pandang yang menjelaskan mengenai definisi dari konsep rumah idaman  minimalis. Sudut pandang tersebut terbagi atas sudut pandang interior dan eksterior. Ditinjau dari sudut pandang interior, rumah bergaya minimalis mempunyai konsep sebuah rumah yang tidak rumit namun menekankan pada kenyamanan bagi penghuni rumah serta memberikan kesan yang menyenangkan jika terlihat dari sisi luar, bahkan menjadi model trend contoh rumah tipe minimalis terbaru.

Rumah Minimalis Idaman Masyarakat Modern

Rumah minimalis dilihat dari sisi interior mempunyai dua keunggulan. Pertama, ornamen yang terdapat di dalam rumah tergolong ornamen yang tidak rumit. Hal ini ditunjukkan oleh tidak adanya ornamen berupa ukiran di dalam rumah dengan gaya minimalis. Kedua, ruangan di dalam rumah bergaya minimalis bersifat terbuka. Di dalamnya tidak terdapat banyak sekat di antara ruang-ruangannya. Apabila ada sekat, sekat tersebut juga berupa furnitur yang bisa dipindahkan sewaktu-waktu. Sehingga anda merasakan lebih mudah dalam memndahkan sebuah alat, selain itu juga memberikan keleluasaan di dalam ruangan anda. Berbagai jenis dan desain rumah saat ini semakin banyak serta mampu memberikan persaingan desain yang bagus di setiap konsep rumah-rumah tersebut.

Jika ditinjau dari sudut pandang eksterior, rumah denagn memiliki konsep minimalis mempunyai karakteristik yang berbeda dari rumah-rumah pada umumnya. Rumah dengan gaya minimalis memiliki bentuk dan garis geometri yang sangat tegas jika dilihat dengan seksama. Dalam model rumah ini garis merupakan elemen yang sangat dominan dalam pendiriannya. Sisi eksterior rumah didominasi oleh garis vertikal dan horizontal. Jenis garis ini pun sering diulang dalam desain rumah bernuansa minimalis. Adapun segala jeniss rumah atau hunian yang kita tempati rasanya memiliki sebuah desain yang rata-rata memiliki kesmaan dengan konsepdesain minimalis, ini membuktikan bahwa desain rumah yang bersifat minimalis sealalu banyak yang menyukai dan di idam-idamkan bagi setiap orang.

Sebab kesan dari desain rumah miimalis ini memberikan rasa yang nyaman dengan sebatas rumah yang kecil dan sedikit di penuhi perabotan rumah yang memadai. Beberapa hal yang sering di lirik dari sebuah desain yang sifatanya minimalis, yaitu simpel dan enak di pandang, ramping dan menyenangkan, cantik dan membanggakan, lucu dan unik serta beda dengan konsep desain yang lainnya. Hal ini jauh lebih di senangi oleh kalangan masyarakat menengah ke atas, sebab dia ingin memiliki hunian yang bersifat sederhana, dan menyenangkan serta indah untuk di pandang.

Kesan eksterior dari desain rumah kecil minimalis selalu terlihat lebar dan mewah namun kesan tersebut hanya terasa dalam angan-angan. Walau pada dasarnya rumah dengan memiliki nuansa yang nyaman akan terasa keindahan rumah kecil minimalis yang dibangun di atas sepetak tanah atau lahan yang sedikit cukup sempit, kesannya tanah tersebut serasa lebih lebar sehingga kita dapat memperlihatkan dari sisi eksterior yang kita gunakan. Hal ini terjadi di sbebabkan adanya beberapa desain yang snagat mendukung untuk konsep sederhana tapi minimalis. Sebagai contoh, penggunaan desain jendela yang lebar akan memberikan kesan sebuah rumah menjadi lebar dan luas.

Selain itu, penghuni rumah kebanyakan menyukai dengan berbagai karya yang memiliki desain minimalis akan tetapi dengan perasaan rumah huniannya sangat longgar hampir di setiap sudut di dalam rumahnya memiliki konsep desain sederhan sehingga selalu di rubah menjadi yang ekstra minimalis. Hal ini dikarenakan adanya sinar matahari yang masuk sampai ke dalam ruangan di dalam rumah. Rumah bernuansa minimalis biasanya juga mengaplikasikan atap rumah dengan gaya datar atau hampir datar. Hal ini dimaksudkan karena rumah dengan gaya minimalis lebih menekankan pada aspek kesederhanaan.

Rumah Minimalis dengan Berbagai Desain yang Menarik

Desain rumah minimalis terbagi atas beberapa tipe. Tipe-tipe tersebut seperti rumah tipr 36, 70, 72, dan 45. Tipe tersebut juga dibagi dalam skala rumah lantai satu dan rumah lantai dua. Berbagai tipe rumah bernuansa minimalis ini nantinya dapat kita gunakan sebagai inspirasi ide yang bisa kita aplikasikan pada sebidang tanah atau lahan yang akan kita gunakan untuk membangun rumah. Inspirasi selama ini dalam membangun rumah selalu membayangkan bentuk dan desain rumah yang kita inginkan padahal tidak hanya itu saja yang perlu dilakukan. Namun selain itu juga banyak yang perlu di pikirkan, baik itu sebuah desain, konsep rumah, dan tata ruang yang lebih sederhana dan minimalis.

Rumah idaman itu sudah menjadi patokan untuk setiap orang, tentunya setiap orang selalu berangan angan ingin memiliki sebuah rumah yang bagus serta berkualitas, hal ini banyak menjadikan faktor utama, sebab rasa ke ingin memiliki sebuah rumah itu sudah tertanam dan memberikan proses untuk melangkah. Dalam proses inilah kita harus siap dengan kreatifitas yang sesuai kita harapakan dalam sebuah desain rumah kita inginkan. Kemudian setelah hal yang membawa rasa ingin memiliki sebuah desain rumah yang minimalis ini adalah sudah banyaknya interior rumah yang memiliki desain modern serba minimalis, baik itu di dalam kota maupun di luar kota.

Dalam pengaplikasian dari beberapa tipe rumah minimalis ini harus kita sesuaikan dengan lahan kita. sebuah perencanaan yang matang akan menghasilkan sebuah bangunan rumah yang menjadi impian ada menjadi nyata. Sebuah lahan yang sempit pun dapat kita maksimalkan untuk membangun rumah dengan nuansa minimalis dua lantai. Bahkan kita dapat memberikan suasana yang berbeda dari pada yang lain, dengan sebuah desain rumah yang memiki tingkat eksterior yang bagus pasti akan menjadi sebuah percontohan bagi rumah tetangga yang lainnya. Dengan desain sederhana namun minimalis pasti akan lebih bagus di pandangan masyarkat sekitar.

Berbagai jenis desain rumah minimalis selalu mengedepankan gaya yang simpel namun modern dan juga sederhana. Selain itu, dari segi anggaran dana pun juga terbilang tidak terlalu mahal seperti membuat rumah dengan gaya konvensional. Ciri lain dari konsep rumah bergaya minimalis adalah rgmempunyai teras rumah yang simpel dengan gaya atap yang sangat menonjulkan sifat keelegannan. Dengan pandangan sisi lain rumah dengan konsep tataan minimalis ini mampu memberikan keindahan dalam suasana apapun, serta selalu merasakan keramaian dengan bersama keluarga.

Untuk itulah bagi anda yang ingin memiliki sebuah hunian yang bersifat untuk keluarga kecil alangkah lebih baiknya, gunakan desain rumah kecil yang berkolaborasi modern yaitu minimalis sederhana serta memiliki kenyamanan yang menyenangkan. Bahkan anda juga dapat membangun sebuah hunian atau rumah dengan konsep rumah minimalis lantai 2 ini akan jauh lebih menarik di bandingkan dengan rumah minimalis lantai satu, maka dari sekarang anda mencoba berfikir berapa anggaran atau desain rumah yang nanti saya akan jadikan tempat tinggal. Rumah minimalis adalah hunian yang tepat dan cocok untuk keluarga kecil anda.

Leave a Reply