Home >> Wisata >> Kuliner >> Nasi Lengko Khas Cirebon
Nasi Lengko Khas Cirebon

Nasi Lengko Khas Cirebon

Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kota ini termasuk ke dalam provinsi Jawa Barat. Selain terkenal dengan ciri khasnya yang disebut dengan kota udang, Cirebon sebenarnya memiliki makanan khas lain yang bukan berbahan utama udang saja. Kota Cirebon memiliki banyak makanan khas yang bisa anda coba ketika berada di kota ini seperti empal gentong, nasi jamblang, tahu gejrot atau bahkan nasi lengko.

Untuk berwisata ke kota ini pun juga sangatlah mudah. Selain bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor, anda juga bisa naik kereta dan turun langsung di kota Cirebon. Apalagi bagi anda yang berasal dari kota Jakarta atau sekitarnya. Anda bisa naik kenndaraan bermotor menuju kota Cirebon dengan waktu tempuh 4 sampai 5 jam. Atau naik kereta dengan waktu tempuh hanya 3 jam. Hampir sama jika anda pergi ke Bandung bukan?

Jika pada artikel sebelumnya kami membahas tentang jajanan murah tahu gejrot, kali ini kami akan membahas tentang nasi lengko khas Cirebon. Makanan yang satu ini bisa dikategorikan termasuk makanan yang sehat karena berisi bahan bahan nabati, tidak ada protein hewani kecuali memang anda memesan nasi lengko bersama sate kambing. Biasanya nasi lengko hanya terdiri dari nasi, tempe dan tahu goreng tanpa bumbu. Kemudian diberi pelengkap sayur mayur seperti toge rebus dan sambal sangrai yang ditambahkan kecap asli Cirebon. Makanan ini cocok sekali bagi anda vegetarian. Nasi Lengko agak mirip seperti nasi pecel. Kenikmatan makan nasi lengko bergantung juga dari tingkat kepedasannya. Jika anda tidak suka pedas maka tambahkan saja kecap diatas nasi lengko.

Penjual nasi lengko bisa dengan mudah anda temui di berbagai tempat di Cirebon. Biasanya dijual oleh pedagang yang berkeliling, pedagang kaki lima, sampai yang membuka kios khusus untuk menjual nasi lengko. Namun biasanya para perantau atau wisatawan yang datang ke Cirebon akan mendatangi kedai penjual nasi lengko yang memang sudah terkenal akan kelezatan nasi lengko yang dijualnya.

Tempat makan Nasi Lengko yang paling populer dan lebih ramai dari tempat makan yang lain adalah tempat makan nasi lengko Haji Barno. Tempat makan ini berada di jalan Pagongan. Lokasi ini ramai dikunjungi karena nasi lengko sudah mulai populer hingga luar Cirebon. Jika anda tidak mau mengantri, nasi lengko Haji Barno juga memiliki cabang lain yaitu yang berada di jalan Bahagia.

Nasi lengko khas Cirebon berisi nasi, tempe goreng, tahu goreng, toge, mentimun, kucai, bawang goreng, bumbu kacang dan kecap. Namun di tempat makan nasi lengko Haji Barno dilengkapi dengan sate kambing yang dibumbui kacang. Di Cirebon, nasi lengko bisa dinikmati pagi, siang, sore maupun malam. Kaasan jalan Pagongan adalah yang paling populer sebagai pusat nasi lengko khas Cirebon karena terdapat beberapa nasi lengko khas Cirebon.

Tempat makan nasi lengko Haji Barno adalah yang terbesar dan terpopuler. Sudah berdiri sejak tahun 1968. Walaupun cabang di jalan Bahagia tidak seramai yang di Jalan Pagongan, namun tetap bertahan sampai sekarang. Buka dari pagi, pukul tujuh dan tutup pada malam hari. Nasi lengko Haji Barno tetap menjadi tujuan banyak masyarakat Cirebon yang ingin menikmati nasi lengko yang lezat.

Sama seperti di Pagongan, nasi lengko Haji Barno yang terletak di jalan Bahagia juga menyediakan sat kambing sebagai pendamping nasi lengko dagangannya. Namun bagi yang tidak menyukai daging kambing, makan nasi lengkonya pun sudah sangat nikmat.

Selain di kota Cirebon, nasi lengko pun juga bisa ditemui di kota Tegal, Indramayu, dan juga Brebes. Walaupun nasi lengko setiap kota masih berisikan bahan – bahan yang sama, namun setiap kota memiliki kekhasan masing – masing sehingga berbeda satu dengan yang lainnya.

Jadi bagi anda yang ingin makan nasi lengko, maka mampirlah nasi lengko Haji Barno, jika tidak ingin mengantri lama maka anda bisa mengunjungi cabangnya yang berada di jalan Bahagia. Satu porsi nasi lengko sangat murah harganya. selamat mencoba!

Leave a Reply