Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak yang Berlebih
cara mengatasi kulit berminyak

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Berminyak yang Berlebih

Banyak wanita yang mengeluh dengan masalah wajah yang dialaminya, kebanyakan wanita Indonesia mengalami masalah wajah yaitu minyak yang berlebih. Sebenarnya masalah ninyak pada wajah bisa diatasi jika kita benar – benar punya niatan. Sangat bermasalah bagi wanita jika mempunyai kulit wajah yang berminyak, menjadikan tidak percaya diri menghadapi orang banyak.

Wajah yang berminyak juga mengakibatkan udara yang kotor hinggap pada wajah kita, dan akhirnya menjadikan jerawat. Jika sudah menjadi jerawat malah menjadikan kita sangat kurang percaya diri tampil di depan umum.

Ada akibat pasti ada sebab, jika kita tidak melakukan penyebab minyak yang berlebih pada wajah maka akibatnya pun tidak mungkin hinggap di wajah kita.

Ada beberapa penyebab minyak yang berlebih hinggap di wajah kita, antara lain :

  • Makanan berminyak

Tidak heran jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak mengakibatkan wajah menjadi berminyak. Karena minyak yang kita makan lewat makanan berminyak akan tertimbun.

  • Tidak seimbangnya hormon

Terjadinya minyak yang berlebih pada wajah ini berarti masa pubertas sudah dimulai. Apa lagi disaat para wanita sedang haid tidak dapat di elak jika minyak terlalu banyak. Jadi jika wanita sedang haid maka pola kerja dan pola makan harus diatur karena sangat mempengaruhi produksi minyak.

  • Keturunan

Wajah yang berminyak juga bisa disebabkan oleh keturunan dari orang tua, tidak hanya raut muka yang diturunkan oleh orang tua namun sifat genetiknya pun juga bisa diturunkan tetapi tetap bisa diatasi.

  • Salah komestik

Zaman sekarang para remaja sudah mulai berani memakai dan sering ganti kosmetik. Nah dengan seringnya remaja mengganti kosmetik ini juga bisa mengakibatkan kulit wajah menjadi bermiyak. Kalau bisa sebaiknya memakai kosmetik yang alamia, karena kosmetik yang mengandung banyak bahan kimia mengakibatkan produksi minyak lebih besar, sensitive dan juga iritasi.

Penyebab – penyebab kulit wajah berminyak sudah kalian ketahui, dan sekarang anda wajib mengetahu cara mengatasi kulit berminyak akibat beberapa penyebab di atas.

Cara mengatasi kulit wajah yang berminyak :

  • Air putih

Selain untuk menyegarkan tenggorokan kering air putih juga dapat digunakan untuk mengurangi minyak yang berlebih di wajah. Yaitu dengan cara mengkonsumsi banyak air putih kurang lebih 2 liter per hari.

  • Air hangat

Dengan air hangat juga bisa menghilangkan minyak yang berlebih yaitu dengan cara mencelupkan handuk kecil ke dalam air hangat pencampuran sedikit garam lalu ditempelkan di wajah yang banyak minyaknya.

  • Cuci muka

Kebersihan muka juga sangat berperan dalam produksi minyak. Usahakan setelah bepergian cuci muka sebelum melakukan aktifitas lainnya dan juga sebelum tidur kalian juga harus menyempatkan untuk mencuci muka agar tidurnya fresh dan nyenyak. Kalau bisa cuci muka cukup 2 kali dalam sehari agar produksi minyak tidak terlalu tunggi.

  • Daun seledri

Selain sebagai penyedap masakan daun seledri juga mampu mengurangi minyak pada wajag yaitu caranya rebus potongan seledri dengan 2 gelas air, rebus 15 hingga 20 menit lalu usapkan pada wajah yang berminyak

  • Putih telur

Cara mengurangi minyak pada wajah dengan menggunakan putih telur ialah dengan cara pecahkan telur, pisahkan putihnya dengan kuningnya lalu oleskan putih telur ke wajah sebagai masker.

  • Buah ketimun

Iris buah mentimun lalu oleskan pada wajah sebelum tidur kemudian keesokan harinya bilas dengan air hangat menggunakan handuk kecil lalu yang terakhir bilas dengan air dingin.

  • Buah tomat

Cara yang harus dilakukan sama seperti menggunakan buah mentimun yaitu iris buah tomat, oleskan secara merata cara membilasnya menggunakn air hangat dan handuk kecil lalu air dingin sebagai pembilas terakhir.

  • Kentang

Begitu juga cara menghilangkan minyak wajah dengan kentang, langkah – langkah yang harus ditempuh sama persis dengan menggunakan buah mentimun dan juga buah tomat.

  • Jeruk nipis

Menggunakan jeruk nipis sebagai penghilang minyak pada wajah ialah cara yang baik. Oleskan jeruk nipis pada wajah tunggu hingga 15 menit setelah itu cuci wajah dengan air. Langkah ini bisa anda lakukan setiap hari agar hasilnya kelihatan.

  • Pisang, madu dan susu

Memang langkah yang satu ini cukup efektif untuk mengatasi kulit yang berminyak, caranya buah pisang dilumatkan terlebih dahulu kemudian madu dan susu di campurkan. Gunakan sebagai masker lamanya kurang lebih setengah jam kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan campuran masker pisang, madu dan susu selama seminggu cukup dua kali pemakaian.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu kalian dalam mengatasi masalah wajah anda yang berminyak.

Leave a Reply