Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Taukah Anda Tentang Imsomnia? Kenali dan Atasi Sejak Dini
Imsomnia (Sulit Tidur)

Taukah Anda Tentang Imsomnia? Kenali dan Atasi Sejak Dini

Sebagian orang mungkin pernah yang namanya terkena imsomnia, taukah anda tentang Imsomnia itu? Apakah itu jenis penyakit ataukah hanya sebuah sebutan saja ? nah untuk lebih jelasnya coba perhatikan ulasan berikut ini.

Imsomnia merupakan sebuah kebiasaan susah tidur yang dialami oleh sebagian orang, namun disini bukan disebutkan suatu penyakit yang menyerang seseorang, melainkan suatu kebiasaan seorang manusia dalam mengatur waktu tidurnya itu kurang teratur, sehingga menyebabkan seseorang tersebut menjadi susah tidur karena kabiasaanya yang tidak mengatur waktu tidurnya.

Istilah sulit tidur memang paling sering didengar dengan kalimat Imsomnia, kebiasaan seperti ini sangatlah buruk untuk kesehatan tubuh manusia, mengapa? Karena jika seseorang sudah terkena imsomnia sampai imsomnia akut dan kronis akan mengalami terganggunya kesehatan ada diri manusia.

Tidak hanya sekedar wanita saja yang bisa terkena Imsomnia namun lakilaki pun juga bisa mengalami hal demikian. Oleh karena itulah untuk lebih taunya anda tentang Imsomnia sehingga anda pun dapat menjaga kesehatan serta dapat mengatur waktu tidur anda, maka anda juga harus mengenali gejala Imsomnia serta dapat mengatasinya.

Nah disini akan saya jelaskan bagaimanakah jenis Imsomnia dengan gejala-gejalanya.

  • Tentang Imsomnia Temporer

Imsomnia ini masih terbilang tingkatan yang rendah, istilahnya masih bisa diatasi dan tentunya lebih singkat terjadi ketimbang Imsomnia Akut ataupun sampai Imsomnia Kronis. Dan biasanya hanya sekitar satu mingguan kurang, Imsomnia jenis ini terjadi karena terkadang didukung oleh seseorang yang mengalami stress.

  • Tentang Imsomnia Akut

Bertingkat lebih dalam dari pada Imsomnia Temporer adalah jenis Imsomnia Akut, Imsomnia Akut adalah kebiasaan dari si penderita yang lebih parah, waktu untuk sulit tidurpun yang dialami si penderita Imsomnia akut akan lebih panjang ketimbang imsomnia temporer, disamping itu juga penderita akan mengalami gangguan kesehatan pada dirinya, jika memang dia bisa tidur dalam keadaan yang nyaman, dia akan sangat sulit mempertahankannya.

  • Tentang Imsomnia Kronis

Jenis penderita ini lebih parah dari kedua jenis penderita diatas yang sudah dsebutkan, bukan hanya berlangsung 1 minggu atau 1 bulan saja, namun bisa sampai berbulan-bulan lamanya, bahkan jika sampai parah dan hampir tidak dapat teratasi sampai menjadikan ketergangguan dalam psikis dan biologisnya. Imsomnia kronis pun dapat menjadikan penderita menjadi berimajinasi parah dan berlebihan hingga sampai berpengaruh pada sisi penglihatannya yang menjadi lebih dari 1 alias ganda, maksudnya ketika melihat barang apapun serasa melihat barang tersebut menjadi 2.

Oleh karena itulah saya akan membantu untuk tips mengurangi Imsomnia, agar tidak berkelanjutan sampai pada waktu yang lebih lama.

Berikut cara menanggulangi Imsomnia

  • Berusahalah mengatur waktu tidur dengan sebaik mungkin, paling tidak 8 jam sehari, sehingga selain anda dapat maximal tidur juga dapat mempertahankan stamina anda sewaktu bangun tidur, dan jika waktu tidur anda sudah baik maka jangan lagi mengubahnya, karena akan berpengaruh timbulnya Imsomnia.
  • Jika anda mengalami imsomnia dan sulit tidur pada malam hari maka anda bisa membuat jadwal tidur siang untuk dihilangkan, sehingga pada malam harinya anda dapat tidur dengan maximal.
  • Hindari minum kopi berkafein ataupun suka meminum minuman soda saat malam hari, mengapa? Karena menurut penelitian, minuman yang mengandung kafein dapat menjadikan seseorang dapat kesulitan dalam tidur.
  • Disarankan jika susah tidur agar mendengarkan sesuatu yang slowly misalnya sepert lagu atau musik yang santai dan ringan, sehingga dapat membantu anda rilex serta dapat dengan mudah tidur.

Maka dari itu untuk anda yang belum terkena Imsomnia entah itu Imsomnia Temporer ataupun sampai yang lebih parah, agar tetap mengatur waktu tidur dengan baik dan teratur, dengan demikian kesehatan anda bisa tetap terjaga dan berlangsung lama.

Leave a Reply