Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> 12 Makanan Membantu untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi
Makanan Penurun Kolesterol

12 Makanan Membantu untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

Semakin bertambahnya dan berkembangnya zaman semakin banyak pula penyakit yang diderita oleh manusia. Makanan saat ini banyak mengandung zat – zat kimia yang menyebabkan penyakit – penyakit salah satunya kolestrol. Sebenarnya penyakit kolestrol tinggi dapat diatasi jika kita mempunyai keinginan.

Semua penyakit pasti ada obat untuk menyembuhkannya, begitu pula dengan penyakit kolestrol tinggi. Kita dapat menurunnkan kolestrol tinggi dengan memakan makanan yang mempunyai khasiat untuk penurun kolestrol. Nah di bawah ini saya akan membantu anda untuk menurunkan kolestrol dengan mudah, selain untuk menurunan kolestrol tinggi makanan di bawah ini juga adapat membunuh lemak jahat pada tubuh kita.

Makanan Membantu untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi :

  • Anggur Merah

Sebuah studi ada yang menyatakan bahwa anggur merah mampu menurunkan kolestrol LDL sebanyak 9 % hingga 12 %.

  • Oatmeal Kaya akan Serat Larut

Serat laut menyebabkan pembuluh darah tidak banyak menumpuk kolestrol karena serat larut ini mempunyai kemampuan untuk mengurangi penyerapan kolestrol saat aliran darah mengalir. Selain serat larut terdapat dalam oatmeal, srat larut dapat juga kita jumpai dalam makanan seperti buah pir, buah pisang, buah apel, buah prune dan juga kacang merah.

  • Kacang –Kacangan

Kandungan asam lemak mampu menurunkan kolestrol tinggi, apa lagi di dalam kacang – kacangan seperti kacang almond dan kenari mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh ganda. Sehingga mempunyai fungsi yang tinggi dan juga baik untuk pembuluh darah. Untuk memakan kacang – kacangan sebaiknya anda jangan memakan kacang – kacangan yang sudah tercampur dengan gula maupun garam.

  • Ikan Mengandung Omega – 3

Omega – 3 sangat banyak fungsi untuk kesehatan yaitu sebagai penurun kolestrol, membantu mengurangi resiko pembekuan darah,baik untuk kesehatan jantung serta

mengurangi resiko kematian. Biasanya ikan yang mengandung omega – 3 yang tinggi ialah ikan tuna, ikan sarden, ikan salmon dan juga ikan kembung.

  • Teh Hitam

Menutut hasil penelitian yang dilakukan oleh USDA, teh hitam mampu menurunkan kadar kolestrol sebesar 10 % selama 3 minggu. Selain teh hitam sebagai penurun kadar kolestrol tinggi ternyata teh hitam juga mampu mencegah penyakit kanker.

  • Kacang Panjang

Sepertinya sayuran kacang panjang tidak asing lagi, bahkan sangat familyar dikalangan ibu – ibu. Kacang panjang memang mempunyai serat yang banyak sehingga dapat memperlambat laju dan jumlah kolestrol yang diserap. Dari hasil penelitian setengah cangkir sayur kacang panjang mampu menurunkan kadar kolestrol sebesar 8 % baik kolestrol total maupun kolestrol LDL.

  • Buah Zaitun

Tidak heran lagi jika buah zaitun mempunyai fungsi sebagai penurun kolestrol karena buah zaitun banyak sekali manfaatnya begitu pula dengan minyak zaitun yang mengandung vitmin E dan juga asam lemak tak jenuh tunggal.

  • Buah Alpukat

Kandungan yang dimilki oleh buah alpukat ialah asam lemak tak jenuh tunggal yang mampu menambah kadar kolestrol HDL dan beta – sitosterol yang mampu mengurangi penyerapan kolestrol dari makanan. Memang alpukat mempunyai manfaat yang baik namun jangan sering – sering anda memakan buah alpukat karena alpukat banyak mengandung lemak dan kalori.

  • Sayuran dan Buah Kaya Oksidan

Beberapa sayuran dan buah – buahan yang baik dikonsumsi untukk menurunkan kadar kolestrol antara lain strawberry, blackberry, jambu biji, blueberry, acaiberry, cranberry, kubis, mangga, paprika, brokoli, labu, cabai, ubi jalar, aprikot, bayam dan juga wortel. Nah beberapa buah dan sayur di atas sebaiknya disajikan dalam setiap menu makanan.

  • Yogurt tanpa Lemak

Sebaiknya konsumsi yogurt yang banyak mengandung protein, mikroorganisme serta kalsium yang mempunyai kemampuan dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi.

  • Bawang Putih

Selain sebagai penyedap makanan, bawang putih mampu membantu menurunkan kadar kolestrol tinggi dan pengaruh untuk kesehatan jantung. Konsumsilah bawang putih secara mentah bisa juga anda campurkan kedalam salad.

  • Kedelai

Tidak harus kedelai murni yang daapat membantu menurunkan kadar kolestrol, namun kedelai berupa fermentasi seperti tahu, tempe dan juga susu kedelai. Hasil penelitian mengkonsumsi 25 gram kedelai per hari mampu menurunkan kadar kolestrol LDL sebesar 5 % hingga 6 %.

Nah, itulah beberapa makanan penurun kolestrol tinggi yang dapat anda kosumsi setiap hari. Semoga setelah anda membaca tulisan ini, anda terbantu untuk menurunkan kolestrol yang mmempunyai kolestrol.

Leave a Reply