Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Khasiat dan Manfaat yang Terkandung dalam Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Daun Sirih

Khasiat dan Manfaat yang Terkandung dalam Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan

Banyak pengobatan secara tradisional yang terdapat di negara Indonesia salah satunya daun sirih. Memang di telinga kita tidak asing lagi dengan daun sirih, yang mana daun sirih ini banyak sekali khasiat yang dikandungnya.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak mengetahui khasiat yang terkandung dalam daun sirih, dan kali ini saya akan membuat semua orang mengetahui khasiat – khasiat daun sirih setelah membaca tulisan saya. Untuk kalian yang belum atau pun yang sudah mengetahui wajib untuk membaca tulisan ini.

Daun sirih ada dua jenis yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah, namun untuk kali ini saya hanya memberi pengetahuan tentang khasiat pada daun sirih hijau. Untuk khasiat yang terkandung dalam daun sirih merah insa allah akan saya tuliskan dilain waktu jika ada kesempatan lagi.

Khasiat – Khasiat dan Manfaat yang Terkandung dalam Daun Sirih Hijau untuk Kesehatan :

  • Mengobati diare atau sakit perut

Daun sirih dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan sakit diare, yaitu caranya ambil 5 atau 6 daun sirih, 1 sendok makan minyak kelapa dan 6 biji lada. Setelah semuanya disiapkan baru tumbuk dengan bersamaan. Kemudian hasil tumbukannya dioleskan dibagian perut yang sakit.

  • Mengobati keputihan

Sebelum merebus dengan 2,5 liter air bersih, siapkan 7 hingga 10 lembar daun sirih. Setelah mendidih matikan apinya tunggu hingga air rebusan daun sirih hangat – hangat kuku. Kemudian air rebusan daun sirih digunakan untuk membasuh daerah kemaluan, cara ini lakukanlah secara berkali – kali.

  • Mengobati gatal biduran atau gatal alergi

Siapkan daun sirih sebanyak 6 lembar, minyak kayu putih sebanyak satu sendok makan serta sepotong jahe. Kumpulkan semua bahan jadi satu lalu tumbuk sampai bahan – bahan hancur setelah itu oleskan hasil tumbukan kebadan yang terkena alergi ataupun gatal karena biduran.

  • Mengobati mimisan

Untuk mengobati mimisan cara yang harus dilakukan cukup mudah yaitu siapkan 2 lembar daun sirih jika yang mimisan 2 lubang. Kemudian layukan daun sirih dengan sedikit diremas – remas lalu gulung daun sirih dan masukan ke lubang hidung yang mimisan.

  • Mengobati gusi berdarah

Jika anda mengalami pendarahan pada gusi, anda tidak perlu khawatir lagi karena kita bisa memanfaatkan daun sirih sebagai obatnya. Caranya cukup mudah kita hanya perlu merebus 4 lembar daun sirih dengan 2 gelas air bersih. Setelah air rebusan siap, gunakanlah untuk berkumur – kumur.

  • Mengobati gigi berlubang

Untuk mengobati gigi berlubang, cara yang harus dilakukan sama seperti kita melakukan cara untuk mengobati gusi berlubang.

  • Mengobati batuk

Siapkan 4 lembar daun sirih yang sudah diiris – iris kecil, daun bidara upas sebanyak 3 lembar dan siapkan juga madu secukunya. Setelah daun bidara upas dan daun sirih direbus dan dibiarkan dingin, kemudian campurkan madu. Campuran daun sirih telah siap dan gunakan untuk berkumur hingga kerongkongan terasa. Lakukan langkah ini berulang – ulang hingga sakit batuk sembuh.

  • Mengurangi produksi ASI

Banyak ASI yang terproduksi menyebabkan ASI terbuang sia – sia, untuk itu kita harus melakukan cara agar ASI tidak terlalu banyak terproduksi. Lakukan pengambilan daun siri sebanyak 4 lembar dan olesi dengan minyak kelapa lalu panggang daun sirih yang telah diolesi minyak, dengan keadaan masih hangat tempelkan hasil panggangan daun sirih di payudara.

  • Mengobati penyakit jantung

Untuk mengobati penyakit jantung, kita perlu menyiapkan 3 lembar daun sirih, 7 biji kemukus, 3 butir bawang merah dan juga jintan hitam sebanyak satu sendok makan. Setelah semuanya ditumbuk campurkan juga lima sendok air panas dan biarkan beberapa menit. Minumlah ramuan campuran daun sirih 2 kali dalam satu hari, minumlah secara teratur.

  • Mengobati penyakit bronkhitis

Sediakan cincangan 7 lembar daun sirih. Rebus dengan sepotong gula batu dan tambahkan dua gelas air. Rebus hingga air menjadi satu gelas dan saring. Ramuan siap untuk dihidangkan, minumlah 3 kali sehari.

  • Mengobati penyakit sfilis

Untuk mengobati penyakit sfilis, persediaan daun sirih cukup banyak sekitar 25 hingga 30 lembar daun sirih, garam dapur secukupnya dan sediakan juga ¼ gula aren. Setelah bahan telah siap rebus dengan 2 liter air, tunggu hingga mendidih sebelum diminum saringlah terlebih dahulu. Kosumsi ramuan ini 3 kali dalam sehari.

Semoga dengan tulisan ini, anda bisa terbantu dalam penyembuhan gangguan – gangguan yang ada alami, sekian.

Leave a Reply