Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Si Kecil Susah Makan? Cobalah Tips untuk Ibunda Agar Dapat Mengatasinya.
Si Kecil Susah Makan

Si Kecil Susah Makan? Cobalah Tips untuk Ibunda Agar Dapat Mengatasinya.

Makanan memang sebuah faktor sebagai tumbuh kembang si kecil, namun ada kalanya si kecil tiba-tiba sulit makan, hal yang seperti demikian pastilah membuat seorang bunda akan menjadi sedih, panik, dan khawatir bercampur menjadi satu, nah jika sudah seperti itu terkadang bagi seorang bunda yang baru memiliki anak akan bingung.

Oleh sebab itulah saya disini akan berbagi tips bagi bunda untuk menghadapi si kecil yang sulit untuk makan, supaya apa? Supaya si kecil tetap sehat namun juga seimbang dalam memberi asupan gizinya. Bayangkan apabila si kecil tidak mau makan tiada kemungkinan juga akan terjadi sakit bahkan si kecil juga akan mudah terkena penyakit karena kekurangan kekebalan tubuh akibat kurangnya gizi yang di beri.

Agar si kecil tidak susah makan dan juga bunda pun dapat memberi asupan gizi yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh si kecil, maka disini ada beberapa tips yang harus dilakukan bunda untuk mengatasi si kecil yang susah makan, berikut tipsnya.

  • Sang bunda harus bersabar dan terus mencoba merujuk si kecil

Sebagai bunda yang penuh cinta kasih dan menginginkan kesehatan si kecl terpenuhi, maka ketika si kecil sedang tidak mood makan alias susah makan, saatnya seorang bundalah yang harus lebih bersabar dan upayakan terus mencoba si kecil agar mau makan yaitu dengan cara memberikan sebuah dorongan kreatif seperti saat menyuapi sambil bermain ataupun dengan gaya menyuapi si kecil, hal demikian bertujuan agar si kecil senang dan mau makan, ataupun dengan cara menjanjikan sesuatu yang membuat anak tertarik dan akhirnya mau makan seperti halnya akan membelikan ice cream.

  • Berikan makanan yang sesuai dan bervariatif

Saat anda memebri makan kepada si kecil, upayakan untuk memberinya asupan yang mengandung gizi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak, namun tidak berarti makanan yang diberikan adalah menu yang sama, hindarilah perilaku dan kebiasaan seperti itu, cobalah bunda untuk memberikan asupan yang bervariatif agar si kecil pun tidak bosan dengan rasanya yang berbeda namun tetap enak dimakan, berilah asupan makanan yang bergizi untuk anak, serta memiliki kekreatifan dan variasi terhadap makanan agar si anak terhindar dengan rasa dan menu yang membosankan yang dapat membuat si kecil susah makan.

  • Jangan memarahi ketika anak susah makan

Bagi bunda cobalah menghindar dari sifat pemarah ketika si kecil sedanag susah makan, memang terkadang jika si anak tidak mau makan akan sedikit membuat bunda jengkel dan memaksa, namun hal seperti itu supaya dihindari, mengapa? Karena apabila si kecil dimarahi ketika susah makan, maka si kecil pun akan lebih sulit lagi untuk makan bahkan membenci saat-saat akan makan.

Untuk menghindari perilaku seperti itu, upayakan anda selalu memberi senyuman manis anda kepada si kecil serta merayunya agarmau makan, nah sedikit saran saya, bunda pun juga harus mampu memberikan suasana yang membahagiakan si kecil serta dapat menyenangkan si kecil agar nafsu makan sianak dapat bangkit kembali.

Nah sebenarnya mudah bukan? Namun hal seperti ini juga harus didukung dengan bunda yang harus memiliki kesabaran yang tinggi serta ketelatenan terhadap mendidik si kecil, dan membicarakan soal asupan makan si kecil agar tidak susah maknnya maka bunda pun juga bisa memberikan variasi bentuk kepada menu makanan si kecil, kegiatan seperti itu dapat membuat anak senang dengan menu serta dapat membangkitkan nafsu makannya, dan tentunya anda sebagai bunda juga bisa memberinya cara makan dengan mengajaknya keluar jalan-jalan ke taman ataupun ketempat bermain si anak.

Leave a Reply