Home >> Gaya Hidup >> Kesehatan >> Akibat Bahaya Memakan Mie Instan Terlalu Banyak
Bahaya Mie Instan

Akibat Bahaya Memakan Mie Instan Terlalu Banyak

Tidak heran lagi jika mie instan saat ini sangat menjadi favorit oleh banyak orang, khususnya orang Indonesia. Rasa dan instannya itulah yang membuat banyak orang tergiur dan ingin mengkonsumsinya.

Sebenarnya makanan mie ini berasal dari Negara Jepang yang dikenal dengan Ramen. Mie instan memang enak dan sangat membantu jika kita lapar dan tidak mempunyai makanan yang lain. Apa lagi anak – anak sekarang sangat menjadikan mie instan sebagai makanan favorit, karena saat ini mie instan banyak sekali fariannya. Yang dulu hanya berapa macam saat ini menjadi banyak sekali macamnya seperti mie goreng berasa – rasa dan juga mie kuah yang banyak pendukungnya.

Nah, walaupun begitu kita jangan sampai menjadikan mie instan sebagai makanan favorit apa lagi hingga setiap hari harus makan mie. Ini sangat tidak baik, memakan mie instan boleh – boleh saja tetapi kita juga harus tahu kapan kita harus makan mie. Karena mie instan banyak mengandung zat – zat yang tidak baik untuk tubuh sehingga kita harus berhati – hati.

Akibat Bahaya Memakan Mie Instan Terlalu Banyak :

  • Gangguan Syaraf Otak

Semua makanan jika terlalu banyak dikonsumsi (mengkonsumsi dengan tidak wajar) maka akan menimbulkan efek. Salah satunya mie instan dapat mengganggu kerja syaraf otak kita, terlalu banyak mie instan yang masuk ke dalam tubuh kita semakin turun pula fungsi – fungsi otak kita. Untuk itu jangan terlalu sering memakan mie instan agar otak kita tetap dalam keadaan baik dan kinerjanya pun optimal.

  • Kanker

Jangan dikira kalau mie instan sangat baik untuk tubuh, memang sangat baik untuk perut yang lapar namun untuk kelanjutannya mie instan kurang baik jika dikonsumsi terlalu banyak. Kita tidak tahu pastinya kanker apa yang akan diderita bisa jadi kanker usus, kanker hati dan yang lainnya. Mie insatan boleh dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

  • Usus Bocor

Memakan mie instan terlalu banyak menjadikan usus kita bocor, Mungkin tidak langsung menderita usus bocor, tetapi gejala – gejala akan dirasakan seperti perut sangat sakit, ini karena dinding usus sudah mulai tipis akibat banyak mie instan. Jika sudah menderita usus bocor maka penncernaan akan kesulitan saat mencerna makanan yang masuk.

  • Chinese restaurant syndrome

Akibat yang satu ini memang sedikit berbeda dengan yang lainnya. Penyakit Chinese restaurant syndrome ialah penyakit seperti keracunan di sebabkan karena mie instan banyak mengandung MSG. MSG yang terkandung dibumbu mie instan jika dikonsumsi oleh orang yang benar – benar tidak bisa terkena MSG maka orang itu akan merasakan pusing yang super dan nafasnya pun terganggu. Memang penyakit ini tidak berjalan lama kurang lebih 2 hingga 3 jam saja, walaupun begitu kita tetap harus menjaga tubuh kita agar tetap sehat yaitu dengan tidak banyak mengkonsumsi mie instan.

Beberapa penyakit akibat memakan mie instan terlalu banyak telah saya tuliskan di atas, semoga setelah membaca tulisan ini anda bisa lebih berhati – hati dalam mengkonsumsi mie instan. Di bawah ini saya juga akan memberi cara yang benar memasak mie instan.

Cara yang benar memasak mie instan :

  • Ambil panic dan diisi dengan air bersih secukupnya lalu didihkan hingga benar – benar mendidih.
  • Masukkan mie instan tunggu hingga mienya matang.
  • Tiriskan mienya.
  • Didihkan air bersih lagi untuk kuah dan untuk menyiram mienya.
  • Setelah air kedua mendidih, siramkan sebagian air untuk menyiram mienya.
  • Jika mie kuah tambahkan air didihan sebagai kuah.
  • Selesai tinggal disantap.

Itulah cara yang benar memasak mie instan, yang belum pernah jangan lupa dicoba dan diterapkan.

Leave a Reply